4 Cara Sederhana Merawat Mobil Tidak Mudah Rusak | Dokter Mobil
 
Posted by admin Uncategorized

4 Cara Sederhana Merawat Mobil Tidak Mudah Rusak

4-cara-mudah-merawat-mobil

4-cara-mudah-merawat-mobil

4 cara sederhana merawat mobil tidak mudah rusak ini akan membantu mobil Anda agar tetap awet. Sangat penting Anda merawat mesin kendaraan sebaik mungkin. Sebagai pengemudi mobil yang baik tentu perlu sadar akan pemeliharaan khusus agar performa mesin tetap terjaga. Aktivitas keseharian tidak akan terganggu baik saat Anda berangkat dan pulang kerja atau saat menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga jika mesin mobil bekerja sempurna.

Kondisi mobil sendiri sangat ditentukan oleh kondisi mesin, apabila kondisi mesin normal maka performa mesin juga maksimal, begitu sebaliknya.

  • Panaskan mesin

Ada baiknya baik untuk motor atau mobil sebelum digunakan, mesinnya dipanaskan terlebih dahulu sekitar 5-10 menit. Hal ini untuk menghindari mesin yang masih belum panas tetapi sudah harus dipaksa untuk bekerja ekstra. Hal ini juga berlaku walaupun Anda tidak sedang menggunakan kendaraan. Jangan sampai mesin tersebut menjadi dingin dan susah dihidupkan saat hendak dikendarai. Cara sederhana ini membantu merawat mobil agar tidak mudah rusak.

  • Ganti oli

Mengganti oli secara berkala merupakan cara yang sangat baik untuk tetap menjaga performa mesin. Oli mesin yang terlambat diganti akan membuat pelumasan mesin tidak maksimal yang akhirnya cepat membuat keausan pada komponen-komponen mesin. Maka dari itu, pilihlah oli mesin yang  berkualitas dan perhatikan juga viskositas atau kekentalan yang tepat. Sebaiknya pilih oli yang memiliki kekentalan sesuai dengan karakteristik mobil Anda.

  • Kualitas bahan bakar

Pemilihan bahan bakar sangat mempengaruhi performa mesin. Bahan bakar yang berkualitas baik akan menghasilkan performa yang lebih maksimal pula. Kualitas bahan bakar dapat Anda lihat dari nilai oktan yang terkandung di dalamnya, semakin tinggi nilai oktan maka bahan bakar tersebut semakin baik.

  • Tune up mobil rutin

Tune up mobil merupakan salah satu cara untuk semakin meningkatkan performa mesin. Pada saat tune up, mesin mobil Anda akan diperiksa menyeluruh dan dirawat khusus pada bagian mesin saja. Dalam proses tune up rutin biasanya komponen mesin yang diperiksa antara lain filter udara, busi, kabel busi, fuel filter, dan lain sebagainya. Apabila komponen tersebut sudah tidak layak digunakan, maka akan diganti atau dilakukan penyetelan. Kondisi komponen penting tersebut akan mempengaruhi performa mesin mobil Anda supaya lebih baik.

Miliki kontak bengkel atau mekanik yang Anda percaya untuk membantu melakukan servis serta pemeliharaan mesin mobil. Segera beritahukan jika memang ada gangguan pada mobil sehingga tidak nyaman dikendarai. Adanya ketelitian dalam pengecekan tentunya menghindari mobil dari segala bentuk kerusakan yang tidak diinginkan.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *