5 Tips Isi Freon di Bengkel AC Mobil Terpercaya | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

5 Tips Isi Freon di Bengkel AC Mobil Terpercaya

5-tips-isi-freon-di-bengkel-ac-mobil-terpercaya

5-tips-isi-freon-di-bengkel-ac-mobil-terpercaya

Ini dia tips cara isi freon dari Dokter Mobil (021) 4584 5268 bengkel AC mobil yang terpercaya. Memiliki kendaraan sendiri tentunya menjadi kebanggaan bagi Anda, apalagi jika dibeli dari hasil jernih payah. Bagi Anda yang menyayangi mobil Anda tentu perlu pahami cara merawat dan menjaga seluruh kinerjanya, termasuk AC mobil. Selain berguna bagi kenyamanan, AC juga diperlukan untuk sirkulasi udara dalam kabin terutama jika jendela mobil di tutup.

Mungkin Anda sering mendengar istilah freon AC mobil yang habis. Namun jangan langsung percaya dengan istilah itu, karena bengkel AC mobil yang terpercaya pasti akan menjelaskan alasan yang mudah dimengerti. Berikut ini terdapat tips langsung dari bengkel AC mobil terpercaya.

Tips 1

Istilah tambah freon yang seringkali dianjurkan itu tidak ada, kecuali terjadi gangguan kebocoran yang disengaja atau tidak. Kebocoran disengaja bisa jadi praktek tidak jujur yang dilakukan oleh mekanik yang tidak bertanggung jawab. Sementara kebocoran tidak sengaja biasanya lebih disebabkan oleh faktor usia AC atau kecelakaan. Jika hanya terjadi kerusakan pada sistem kelistrikan yang membuat AC tidak bekerja, tidak perlu dilakukan penambahan freon.

Tips 2

Pada pengisian freon atau refrigrant, tingkat penuh tidaknya bisa dilihat dari kaca yang biasa disebut sight glass terletak pada filter dryer atau yang terpasang pada pipa. Pada sight glass akan terlihat gelembung udara jika mesin dihidupkan pada putaran rendah, dan gelembung udara yang mengalir akan hilang pada putaran menengah dan tinggi.

Tips 3

Pengisian freon atau refrigrant sebaiknya dilakukan pada waktu siang hari untuk menghindari terjadinya overload refrigrant. Apabila ini terjadi, maka kerusakan yang akan timbul adalah kebocoran pada beberapa bagian sambungan dan bagian depan kompresor (mechanical seal).

Tips 4

Bila AC mobil Anda masih baru dan tidak terjadi kecelakaan atau pembongkaran, namun tiba-tiba mati dan tidak bekerja dengan baik, sudah bisa dipastikan bukan sistem AC yang rusak. Umumnya kondisi ini hanyalah gangguan akibat medan jalan yang buruk, yang mengakibatkan kelonggaran pada komponen-komponen kelistrikan sistem AC.

Tips 5

Isi atau kapasitas freon pada AC mobil ialah tidak lebih dari 1 kg. Bisa jadi mekanik yang tidak jujur yang mengungkapkan freon AC mobil Anda telah diisi sekian kilo. Hal ini hanya terkecuali untuk AC Bus, refrigrantnya bisa mencapai 8-12 kg tergantung penempatan unit AC-nya.

 Apabila memang perlu diperbaiki dan perlu perawatan, carilah tempat-tempat perbaikan AC yang bisa dipercaya. Paling tidak kerusakan bukan karangan mekaniknya, melainkan alasan dan penjelasan yang bisa masuk akal untuk diterima pemiliknya.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

About Author