AC mobil anda bermasalah ? pahami beberapa komponen ini | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

AC mobil anda bermasalah ? pahami beberapa komponen ini

Komponen AC mobil Anda mulai bermasalah? Daripada nanti jadinya lebih parah dan Anda sampai harus mengganti semua komponen yang ada, sebaiknya Anda segera membawa mobil Anda ke tempat servis untuk diperbaiki.

dokter mobil bengkel ac mobil terbaik

Ada banyak masalah yang bisa terjadi pada sistem pendingin AC Anda. Salah satu yang paling umum adalah AC yang tidak lagi terasa dingin meskipun sudah dihidupkan lama. Bisa jadi juga ternyata blower untuk AC tidak hidup meskipun AC sudah nyala. Atau bisa juga kipas kondensor Anda ternyata tak berputar.

Semua masalah ini sebenarnya bisa Anda selesaikan ketika Anda membawa mobil Anda yang bermasalah ke bengkel. Di bengkel, beberapa hal ini akan dilakukan oleh mekanik untuk servis mobil Anda:

  1. Memeriksa kompresor

Biasanya masalah ada pada bagian kompresor. Entah itu karena oli yang bocor, kebocoran freon, kompresor yang sambungan pipanya tidak benar, dan lain-lain. Kompresor akan dibersihkan dan juga diperbaiki.

  1. Memeriksa kondensor

Pemeriksaan terutama dilihat di sirip-sirip kondensor, adakah kerusakan, kotor, maupun kebocoran. Biasanya kotoran akan menumpuk di bagian ini, sehingga mempengaruhi proses untuk pendinginan.

  1. Pemeriksaan di pipa dan selang

Banyak terjadi kemungkinan kerusakan maupun kebocoran pipa, retak, terjepit, dan berbagai masalah lainnya. Mekanik akan memeriksa dan menyambung pipa dan selang dengan benar.

  1. Pemeriksaan di ekspansi valve

Katup ekspansi akan diperiksa untuk melihat ada kebocoran atau tidak (untuk katup ekspansi valve di bagian luar), dan berikutnya dengan alat pengukur tekanan (katup ekspansi di dalam).

  1. Pemeriksaan evaporator

Dilakukan dengan menghembuskan angin atau udara bergerak lewat grill AC. Ketika hasil hembusan kurang kencang, itu tandanya ada masalah dan evaporator perlu dibersihkan.

  1. Pemeriksaan blower

Cukup dengan mendengar apakah putaran blower suaranya kasar atau tidak. Jika blower sudah aus, biasanya suaranya akan sangat kasar.

  1. Mengecek jumlah freon

Lewat sight glass, jumlah freon akan dilihat. Ketika jumlah freon ini sudah berkurang, maka dia harus ditambah.Anda akan mendapatkan semua servis untuk komponen AC ini di Dokter Mobil, yang terletak di Boulevard Raya, Blok QJ3 No.2, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *