Mengatasi Masalah AC Mobil Avanza Tidak Dingin dengan Cepat
 
Posted by Roy Ivan AC, Tips merawat ac mobil

Mengatasi Masalah AC Mobil Avanza Tidak Dingin dengan Cepat

treatment AC mengatasi masalah AC mobil Avanza tidak dingin dengan mudah

Untuk memperbaiki AC mobil Avanza tidak dingin cukup simpel. Namun banyak yang belum mengetahui caranya. Berikut ini cara mudah mengatasi masalah tersebut. dengan cara yang cukup simple dan tidak memakan terlalu banyak waktu.

Semoga bermanfaat.

Penyebab AC mobil avanza tidak dingin cukup beragam, di antaranya adalah :

1. Freon berkurang atau bahkan habis
Pada dasarnya volume freon tidak akan berkurang, kecuali terjadi kebocoran. Beberapa penyebab kebocoran antara lain adalah :

  • Retak pada komponen AC berbahan logam (kompresor, kondensor, dan pipa expansi)
  • Korosi pada komponen AC berbahan logam (sering dialami kompresor dan kondensor)
  • Pecah pada komponen AC akibat tabrakan, tekanan berlebih, ataupun karena faktor usia pemakaian AC
  • Penyambungan seal-seal dan sambungan AC yang kurang pass, rapat, dan kurang teliti

Oleh sebab itu sangat disarankan ketika mengalami masalah AC mobil Avanza tidak dingin untuk tidak hanya mengisi ulang freon AC saja, namun juga harus :

  • Mengecheck sumber kebocoran dan menambal atau mengganti part AC yang menjadi sumber kebocoran.
  • Melakukan pengetesan performa AC untuk mencegah adanya sumber lain masalah AC mobil Avanza tidak dingin
  • Meminta garansi service jika anda melakukan perbaikan di bengkel AC mobil.

2. Kompresor AC mobil tidak bekerja maksimal
Selain masalah freon, penyebab lain keluhan pada AC mobil Avanza yang kurang atau tidak dingin adalah masalah pada kompresor AC yang tidak dapat bekerja maksimal. Penyebab tidak maksimalnya kinerja AC mobil antara lain :

  • Magnetic Clutch yang kehilangan magnetism nya sehingga tidak mampu memberikan kerja maksimal sehingga kompresor AC hanya bekerja seadanya.
    Penyebab masalah pada magnetic clutch ini antara lain seringnya menerima panas, terlalu sering terbentur karena pemasangan yang longgar, dan juga karena faktor usia magnet.
  • Drive Belt / Fan Belt yang putus sehingga putaran pada mesin tidak dapat terhubung ke kompresor AC mobil. Akibatnya kompresor AC tidak berputar dan tidak mampu memberikan tenaga untuk mendorong freon. Akibatnya AC mobil Avanza menjadi kurang dingin, tidak dingin, ataupun mati total.
  • dan bagian-bagian lain pada kompresor AC mobil anda

Solusi untuk mengatasi kompresor AC mobil yang tidak bekerja maksimal ini antara lain dengan memperbaiki spare part yang bermasalah, penggantian spare part bermasalah, ataupun mengganti kompresor AC secara keseluruhan (jika kerusakan kompresor AC cukup besar).

AC mobil avanza tidak dingin akibat kompresor AC bocor
Kompresor AC yang Bocor Menjadi Penyebab Masalah AC Mobil Avanza Tidak Dingin

Beberapa penyebab kerusakan kompresor AC yang sangat besar antara lain adalah korosi pada kompresor AC. Korosi ini disebabkan oleh menumpuknya cairan lendir yang bersifat asam dan korosif.

Lendiri ini sendiri merupakan gel asam yang berasal dari kotoran seperti debu, remah makanan, cairan minuman, dan cairan aerosol pengharum ruangan yang masuk ke dalam saluran AC mobil. Untuk mengatasi masalah ini maka cara-cara yang dapat dilakukan adalah cara pencegahan, dan cara perbaikan.

Untuk cara pencegahan agar anda tidak mengalami masalah AC mobil avanza tidak dingin adalah dengan cara :

– mengupayakan untuk tidak makan dan minum di dalam mobil
– pastikan untuk tidak menyimpan makanan dan minuman di dalam mobil
– hindari penggunaan pengharum ruangan yang terlalu dekat dengan blower AC
– jangan terlalu sering membuka kaca mobil
– selalu melakukan perawatan AC mobil secara berkala (terutaa cuci AC dan flushing AC)

Untuk mengatasi masalah AC mobil Avanza tidak dingin dengan cepat, maka beberapa cara yang dapat anda lakukan adalah :

  • Cuci AC Mobil
    Seringkali masalah ac mobil tidak dingin disebabkan oleh adanya kotoran yang menyumbat saluran blower AC sehingga menyerap hawa dingin dari blower.
    Selain itu, kotoran yang menumpuk di dalam AC juga dapat menyebabkan beberapa masalah mulai dari masalah korosi, hingga masalah menyebabkan terganjalnya kipas fan AC sehingga tidak dapat berputar dengan normal.
  • Cuci Evaporator
    Cuci evaporator sangat penting untuk mengatasi masalah AC mobil avanza tidak dingin karena ternyata evaporato Avanza sangat mudah kotor dan menghambat hawa dingin yang keluar. Selain itu, kotornya evaporator sangat berbahaya karena menyebarkan bau yang dapat mengganggu konsentrasi perjalanan, dan mengancam kesehatan pernapasan penumpang mobil.
  • Flushing AC
    Flushing adalah sebuah proses penyedotan oli kompresor AC dan kotoran-kotoran pada kompresor AC dan pada saluran AC, serta menyedot freon AC hingga habis. Akibatnya kompresor AC akan sangat bersih seperti halnya kompresor AC baru. 
    Kompresor AC yang sudah disedot isinya akan diisi ulang dengan oli kompresor dan freon yang lebih bersih, berkualitas dan dengan takaran volume yang sesuai standart. Flushing AC sendiri merupakan standart wajib mengatasi masalah AC mobil avanza tidak dingin namun perlu diingat bahwa flushing saja terkadang tidak cukup, terutama jika masalahnya berasal dari kerusakan pada salah satu komponen kompresor AC mobil.

Jika anda masih memiliki pertanyaan mengenai masalah AC mobil avanza tidak dingin silahkan bertanya kepada DOKTER MOBIL ( doktermobil.com )

Tags: ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *