fbpx 5 Penyebab AC Mobil Bau Gosong serta Cara Mengatasinya
 
Posted by Mekanik Juan Service AC Mobil

5 Penyebab AC Mobil Bau Gosong serta Cara Mengatasinya

Munculnya Masalah AC Mobil Bau Gosong Merupakan Gejala Kerusakan yang Serius

Anda tentu tidak ingin mencium aroma AC mobil bau gosong dari blower AC. Namun masalah ini kerap muncul dan tentu saja berbahaya. Masalah kesehatan dan resiko kebakaran mungkin saja menimpa anda.

Oleh sebab itu, mengatasi masalah ini dengan segera adalah wajib untuk dilakukan. Untuk dapat mengatasi masalah ini, terlebih dahulu anda harus mengetahui penyebab munculnya masalah ini.

Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Bau Gosong

Adanya bau gosong keluar dari blower AC mobil biasa disebabkan oleh beberapa hal. Dan semua hal tersebut menimbulkan resiko kerusakan mobil yang cukup serius.

Adapun beberapa penyebab AC mobil bau gosong antara lain adalah:

Freon AC Mobil Tercampur Asap Rokok

Kebiasaan merokok di dalam mobil dapat menyebabkan ada asap rokok yang masuk ke saluran AC mobil. Dan pada beberapa kasus, asap ini akhirnya bercampur dengan freon AC mobil. Bau gosong pun akan dihasilkan ketika freon mendinginkan udara di kondensor AC.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan isi ulang freon AC mobil. Dan untuk mencegah masalah ini muncul kembali, biasakan untuk tidak merokok di dalam mobil.

Kabel yang Terbakar

Adanya kabel yang terbakar dapat menimbulkan bau hangus atau gosong. Dan bau ini kemudian terblow oleh AC mobil sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Masalah ini merupakan yang paling harus segera di atasi. Mengapa?

Karena kabel terbakar artinya ada masalah di kelistrikan mobil. Jika dibiarkan, akan menyebabkan kebakaran dan ledakan pada komponen AC mobil. Biasanya terjadi pada mobil tua dan mobil bekas.

Untuk mencegah masalah ini terjadi pada mobil bekas, sebelum membelinya, cobalah membaca artikel berikut ini:
Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Untuk menyelesaikan masalah ini, anda dapat mencoba mencari titik masalah. Di mana kabel yang terbakar, dan mencari penyebab korsletnya kabel tersebut.

Untuk mencegah masalah ini kembali muncul, anda bisa mencoba menggunakan volt stabilizer. Dengan demikian, bau gosong ini tidak akan muncul kembali.

Dokter Mobil – Spesialis AC Mobil Bau Gosong

Jika anda menginginkan pengerjaan dan penyelesaian masalah ini secara profesional, anda dapat menghubungi Dokter Mobil. Adapun pengerjaan yang dilakukan meliputi:

  • Pengecheckan untuk mencari penyebab masalah (FREE)
  • Memberikan estimasi biaya
  • Pengerjaan
  • Pengetesan apakah masalah sudah diatasi

Keunggulan pengerjaan yang dilakukan adalah garansi uang kembali jika masalah tidak selesai. Oleh sebab itu, tidak akan membuang waktu dan tenaga anda secara percuma

Itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi masalah bau seperti hangus dan terbakar ketika AC mobil menyala. Untuk memastikan AC mobil bau gosong ini tidak muncul kembali, disarankan untuk melakukan perawatan AC mobil secara berkala. Dan melakukan tune UP mobil secara rutin.

Tags: , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *