AC Mobil Berisik dan Tidak Dingin ? Ini Solusinya dari - Dokter Mobil -
 
Posted by Mekanik Juan AC, bengkel mobil, Service AC Mobil

AC Mobil Berisik dan Tidak Dingin ? Ini Solusinya

Proses Service AC mobil berisik dan tidak dingin

Pemilik mobil yang mengalami masalah ac mobil berisik dan tidak dingin umumnya akan was-was. Wajar saja sebab biaya servicenya akan mahal. Apa solusinya ?

Penyebab Masalah AC Mobil Berisik dan Tidak Dingin

AC mobil tidak dingin dan disertai suara berisik terjadi karena beberapa sebab, diantaranya adalah :

Ada Kebocoran Freon

Pada beberapa kasus, sering kali freon AC mengalami kebocoran akibat korosi pada kompresor AC. Gram-gram logam hasil korosi mengendap di dalam kompresor AC  sehingga freon AC habis, sementara gram di dalam kompresor menyebabkan suara berisik.

Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memflushing kompresor AC agar gram-gram yang ada dapat terangkat. Selain itu, kebocoran juga harus dicari dan ditambal.

Ada Kerusakan pada Bearing dan Magnetic Clutch

Bearing dan magnetic cluth adalah bagian penting dalam kerja kompresor AC. Bearing dan magnetic cluth yang rusak (patah/pecah) dapat menyebabkan suara berisik yang disertai AC mobil yang tidak dingin. Selain itu, bearing dan magnetic clutch yang longgar juga dapat menyebabkan masalah yang sama.

Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksa kualitas bearing dan magnetic cluth. Jika pemasangannya longgar atau tidak pas, tentu harus dikencangkan. Jika bearing dan magnetic clutch nya sudah tidak berfungsi normal, tentu sebaiknya diganti dengan yang baru.

Jangan Biarkan Masalah pada AC Mobil Anda Berlarut-Larut

Seringkali, kebiasaan buruk pengemudi dapat menyebabkan masalah yang jauh lebih banyak, lebih besar, dan lebih serius daripada masalah awal. Beberapa contoh komplikasi ini adalah :

  1. Membiarkan oli kompresor AC mobil kurang/habis terlalu lama

    Akibatnya AC mobil kehilangan tekanan nya sehingga AC mobil menjadi tidak dingin. Selain itu, kurangnya jumlah oli akan meningkatkan gesekan pada mesin kompresor yang menyebabkan suara kendaraan anda.

  2. Membiarkan kerusakan AC mobil berlarut-larut
    Satu kerusakan yang paling sering dibiarkan pemilik mobil berlarut-larut adalah masalah AC mobil bau. Berbekal penggharum ruangan, banyak yang mengira hal ini sudah menyelesaikan masalah. Padahal penyakit utama mobil belumlah terselesaikan. Masalah seperti adanya lendir di dalam kompresor ataupun kondensor AC yang menjadi sebab munculnya bau jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan masalah seperti :

    kebocoran pada sistem AC mobil
    rusaknya spare part AC mobil
    habisnya oli kompresor dan freon A

    Semua masalah ini menyebabkan muncul suara berisik pada AC mobil anda, sekaligus memunculkan masalah AC mobil tidak dingin secara bersamaan.

Itulah beberapa penyebab dan solusi untuk masalah ac mobil berisik dan tidak dingin

Bagi anda yang ingin mendapatkan service AC  untuk masalah AC mobil berisik dan tidak dingin secara professional, anda dapat mengunjungi/menghubungi DOKTER MOBIL di alamat :

KELAPA GADING CIBUBUR SERPONG BEKASI
Jalan Boulevard Raya Kawasan Niaga Citra Gran RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya,
Blok QJ1 No.17 Blok R6 No 6 blok Orange no.5 Depan Pintu Tol Ramp Off
Kelapa Gading Jl. Alternatif Km 4 Gading Serpong Tol Becakkayu – Pondok Kelapa
☏ (021) 2245 4429 ☏ 085817653292 ☏ 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887
WA : 087787133366 WA : 085817653292 WA : 0813-1991-2289 WA : 087887589899

Selain itu, anda juga dapat menggunakan penstabil voltage mobil seperti JS One. Hal ini akan membantu performa AC mobil anda menjadi jauh lebih baik.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *