Cara Mengecheck dan Memperbaiki Penyebab AC Mobil Mati Total
 
Posted by Mekanik Juan AC, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Cara Mengecheck dan Memperbaiki Penyebab AC Mobil Mati Total

cara memperbaiki AC mobil mati total secara tiba-tiba

Jangan panik ketika AC mobil mati total. Masalah ini hanya disebabkan oleh 3 hal. Relay rusak, atau Sekring dan V Belt putus. Ini cara cepat memperbaikinya.

Mempunyai mobil pribadi tentunya tidak seindah yang dibayangkan, karena sebagai pemiliknya anda harus merawat mobil supaya performanya tetap terjaga. Mesin mobil juga harus diperhatikan dengan baik supaya tetap bertenaga ketika dibawa bepergian jauh. Ternyata, kerusakan pada mesin mobil tidak dapat dihindari, termasuk pada bagian AC. AC mobil mati adalah salah satu ciri kerusakan mesin.

Penyebab AC Mobil Mati dan Cara Menanganinya

Matinya AC mobil merupakan salah satu kerusakan mesin yang sering dijumpai. Hal ini akan menyebabkan udara pada kabin tidak segar sehingga suhunya bisa menjadi panas, apalagi ketika cuaca sedang terik. Permasalahan ini tentunya memiliki ciri dan penangannya sendiri, banyak pengguna mobil yang belum memahami masalah tersebut.

Berikut ini adalah solusi menangani AC mobil yang mati:

  1. Putusnya Sekring AC

    Sekring AC yang putus merupakan salah satu penyebabnya. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan mesin sehingga AC tidak mendapatkan power untuk memutarkan kipasnya. Sekring AC yang putus bisa terjadi karena adanya korslet pada bagian tertentu. Jika dibiarkan maka akan mengakibatkan kerusakan yang fatal terhadap sistem mesin ac.Cara menanganinya adalah dengan mengganti bagian sekringnya saja. Harganya akan lebih terjangkau jika dibandingkan dengan membeli AC yang baru. Ac bisa kembali berfungsi setelah sekringnya diganti dengan yang baru. Jangan lupa untuk tetap merawat mesin AC demi mengurangi kerusakan pada sistemnya.

  2. Relay yang Tidak Berfungsi

    Relay merupakan bagian terpenting layaknya jantung dalam AC yang memiliki fungsi untuk memompa arus listrik ke magnetic clutch. Jika relay putus, maka tidak ada yang memberi energy listrik ke bagian lainnya. Relay yang tidak berfungsi juga bisa menyebabkan AC mati secara menyeluruh.Cara menanganinya dengan memperbaiki AC pada bagian relaynya saja. Pastikan relay terpasang dengan tepat pada bagiannya. Jika tidak tepat relay belum bisa berfungsi dengan baik, dan AC masih belum bisa beroperasi kembali.

  1. V Belt yang Putus

    Penyebab AC mobil mati selanjutnya adalah V belt yang putus. V belt pada AC mobil memiliki fungsi untuk menghubungkan antara kompresor dengan bagian pemutar mesin. Jika V belt putus maka AC mobil juga tidak bisa bekerja dengan normal. Hal ini mengakibatkan suhu udara pada kabin menjadi panas dan mengurangi kenyamanan anda saat berkendara.Cara menangani masalah tersebut dengan memeriksa V belt pada AC. Jika benar-benar putus maka anda harus menanggung risikonya dengan melakukan perbaikan pada sistem AC. Pastikan untuk tetap merawat sistem AC supaya V belt tidak mudah putus dan.

Selain ketiga hal di atas, masih ada beberapa penyebab AC mobil tidak berfungsi. Antara lain adalah:

Motor Cooling Fan yang Tidak Berfungsi

Cooling fan merupakan salah satu bagian AC yang memiliki fungsi untuk membuang udara panas dari hasil kerja kondensor. Jika cooling fan tidak berfungsi maka suhu AC akan menjadi kurang dingin ataupun panas secara tiba-tiba. Kerusakan lainnya akan terjadi jika cooling fan tidak segera diperbaiki yaitu AC bisa mengalami overheating.

Perbaiki cooling fan pada bengkel AC yang tepat, jika tidak maka cooling fan tidak akan berfungsi kembali. Disamping itu, cooling fan rusak yang dibiarkan bisa membuat AC mati total, sehingga anda harus mengeluarkan uang lebih untuk memperbaiki AC karena kerusakannya bertambah berat.

Kehabisan Freon

Freon merupakan bagian dari sistem AC yang berfungsi menghasilkan udara dingin. Freon bisa berkurang kandungannya karena memiliki takaran tertentu untuk menghidupkan AC.

AC mobil mati bisa dikarenakan Freon mengalami kebocoran. Lakukan flushing untuk menghindari kebocoran pada Freon. Selain itu, flushing juga mencegah munculnya beberapa masalah lain seperti AC mobil tidak dingin ataupun AC mobil bau.

Dokter Mobil

Jika anda membutuhkan bengkel AC mobil untuk melakukan service AC secara profesional, silahkan menghubungi Dokter Mobil. Dengan pengalaman di dunia otomotif lebih dari 8 tahun, perbaikan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

Silahkan mengunjungi salah satu cabang Dokter Mobil terdekat berikut ini:

KELAPA GADING CIBUBUR SERPONG BEKASI
Jalan Boulevard Raya Kawasan Niaga Citra Gran RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya,
Blok QJ1 No.17 Blok R6 No 6 blok Orange no.5 Depan Pintu Tol Ramp Off
Kelapa Gading Jl. Alternatif Km 4 Gading Serpong Tol Becakkayu – Pondok Kelapa
☏ (021) 2245 4429 ☏ 085817653292 ☏ 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887
WA : 087787133366 WA : 085817653292 WA : 0813-1991-2289 WA : 087887589899

Terimakasih. Apapun mobilnya, Dokter Mobil bengkelnya.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *