Mengatasi AC Mobil Panas dan AC Mobil Bau Asem - Dokter Mobil
 
Posted by Roy Ivan Uncategorized

AC Mobil Panas dan Bau Asem

AC Mobil Bau Asem

AC MOBIL PANAS dan AC mobil BAU ASEM – Masalah yang paling sering terjadi dan paling berbahaya yang dapat terjadi pada sistem ac mobil adalah masalah AC panas yang disertai bau asem maupun bau lainnya.

AC mobil panas dan AC mobil bau asem tentu akan mengganggu kenyamanan berkendara. Masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti :

  • Freon AC terkontaminasi panas dari terik matahari, maupun panas mesin mobil
  • Overheating pada mesin mobil sehingga hawa dingin freon kalah oleh panas mesin
  • Rusaknya beberapa komponen AC, terutama komponen seperti kipas fan AC, dan kebocoran saluran knalpot
  • Kotornya AC mobil

Jika AC mobil kotor, maka masalah yang muncul antara lain AC mobil tidak dingin, AC mobil panas dan AC mobil bau asem serta masalah AC lainnya. Panas akibat AC mobil kotor ini disebabkan oleh hawa dingin freon terhambat atau tersumbat dan tersaring oleh kotoran pada evaporator. Akibatnya blower AC hanya akan memberikan masalah seperti AC mobil hanya keluar angin dan AC mobil panas dan bau asem.

Jika dibiarkan, hal ini akan menyebabkan bahaya dan masalah baik pada keselamatan anda saat berkendara, maupun kesehatan anda.

Bahaya AC Mobil Panas dan Bau Asem

AC mobil bau asem selalu memiliki SUMBER bau. Sumber BAU bisa berasal dari banyak sekali sumber dan faktor. Baik yang anda sangka maupun tidak terduga.

Sumber Bau Penyebab AC Mobil Panas dan Bau Asem 

  • BAKTERI

    Baik itu yang berkembang biak di evaporator mobil, ataupun dari Jamur atau lumut yang terbentuk di evaporator mobil. Partikel –  partikel bakteri maupun jamur ini yang kemudian tertiup dan akhirnya kita hirup masuk ke paru – paru kita.

  • LENDIR

    Cairan lendir ini dapat berasal dari remah-remah makanan, minuman yang tumpah, maupun pengharum ruangan yang masuk ke saluran AC mobil dan mengalami pengendapan / sublimasi menjadi lendir. Lendir ini kemudian menjadi sarang berkembang biak bagi bakteri, virus, jamur, dan kuman. Selain itu, lendir ini bersifat asam sehingga dapat menyebabkan korosi baik pada kompresor maupun kondensor AC mobil. Lendir inilah penyebab masalah AC mobil bau asem karena lendir ini sendiri bersifat asem dan jorok.

  • ASAP

    Ada beberapa jenis asap penyebab AC mobil bau asem, seperti asap knalpot yang bocor ke saluran AC, maupun asap rokok. Untuk bau asem sendiri umumnya disebabkan oleh asap rokok. Bahaya dari bau asam akibat asap rokok ini adalah kandungan nikotin yang bercampur dengan freon dan membawa bakteri sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan penumpang mobil.

  • PARFUM

    Sumber bau yang terakhir dan yang paling tidak di sangka berasal dari parfum mobil. Parfum mobil ini biasanya terbuat dari bahan dasar petroleum atau minyak bumi, yang dibuat menjadi bentuk parafin sehingga dapat menyublim alias berubah bentuk dari padat menjadi uap. Karena bahan dasarnya minyak, uap yang dihasilkan juga berupa minyak, sehingga ketika mobil dijemur dibawah terik mata hari akan mempercepat proses penyumbliman, sehingga uap minyak yang mengadung parfum akan menguap lebih banyak, ketika evaporator dihidupkan uap ini akan didorong ke evaporator dan akan membeku dan menempel seketika di dinding evaporatornya.Setiap kali parfum mobil habis, biasanya kita membeli parfum baru dengan bau yang berbeda. Nah jika ini dilakukan berulang –ulang biasanya bau yang dihasilkan akan menjadi aneh. Karena kombinasi dari beberapa jenis parfum yang menempel di dinding evaporator.

    Bau dengan model seperti ini jauh lebih susah untuk dihilangkan. Untuk mengatasinya harus menggunakan beberapa kombinasi solvent atau pengencer dan detergen untuk memberikan hasil yang maximal.

Baik itu bakteri, lendir, maupun asap akan berbahaya bagi kesehatan anda dan orang-orang di dalam mobil. Beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan oleh masalah bau ini antara lain :

  1. Bahaya Kesehatan
    Beberapa masalah kesehatan yang muncul antara lain mual, pusing, iritasi kulit, flu, sesak nafas (asma), bronkitis dan paru-paru, serta kanker. Untuk orang dewasa, bau-bau asem ini bisa memicu reaksi alergi pada sistem pernapasan seperti asma dan batuk pilek, serta bersin – bersin. Untuk anak – anak biasanya dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan reaksi asma dan gangguan pernapasan lainnya.
  2. Bahaya Keselamatan Berkendara
    Bau yang keluar dari AC mobil panas dan bau asem akan membuat pengendara merasa pusing dan cepat lelah. Selain itu juga dapat menyebabkan kantuk dan hilangnya konsentrasi. Ini semua akan berbahaya dan meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan di jalan raya. 

Mencegah dan Mengatasi Masalah AC Mobil Bau Asem

Untuk anda yang sudah menjadi orang tua dan sudah memiliki anak, pastinya anda pernah disarankan untuk mencuci ac kamar anak setidaknya sebulan sekali.

Mengapa ? Karena hal ini penting untuk mencegah timbulnya bakteri dan jamur pada sistem AC, dimana AC yang kotor akan membahayakan kesehatan.

AC mobil juga memiliki teori yang sama, dan bahkan AC mobil lebih cepat kotor dari ac rumah karena evaporator pada AC mobil yang lebih kecil sehingga lebih mudah kotor. Selain itu, karena mobil selalu berpindah–pindah kaca jendela dan pintu mobil yang sering di buka, dan kebiasaan jorok di dalam mobil maka debu dan jamur akan lebih cepat masuk kedalam sistem ac mobil.

Setiap kali kita membuka jendela atau pintu mobil otomatis kita membiarkan udara luar masuk ke dalam mobil. Sayangnya kondisi kota besar di indonesia yang sangat padat dan ramai menyebabkan banyak debu, asap, dan kotoran masuk ke dalam ruang mobil anda. Padahal debu, asap, dan kotoran yang masuk ini banyak mengandung kuman, bakteri, virus, dan jamur.

Bagi mobil yang memiliki Filter kabin atau filer AC mobil, sebagian besar debu dan jamur akan tersaring di filter AC, sehingga menjaga evaporator untuk tidak cepat kotor. Namun sayangnya masih banyak pemilik mobil yang tidak menyadari hal ini sehingga filter AC nya tidak pernah dicheck dan diganti. Padahal filter AC mobilnya sudah benar-benar kotor dan tersumbat.

Ketika filter AC sudah kotor dan tersumbat, maka udara akan mencari jalan lain untuk masuk ke evaporator melalui sela-sela filter, sehingga filter tidak berfungsi lagi karena debu akan masuk ke sistem ac.

Namun celakanya, banyak dari mobil-mobil keluaran terbaru tidak dilengkapi dengan filter ac mobil, mungkin karena pertimbangan ekonomis yang dilakukan oleh produsen mobil sehingga tidak langsung memasangkan filter AC. Untuk itu sangat penting bagi anda untuk mengecheck :

  • apakah filter AC sudah terpasang pada mobil anda
  • apakah filter AC mobil masih dalam keadaan layak pakai

Mobil kita sering kali membawa benda – benda berbau tajam, seperti makanan, binatang peliharaan, rokok, dan bau badan setelah berolahraga. Bau – bau ini dapat juga mempengaruhi bau di ac mobil anda, maka dari itu kami menyarankan untuk tidak merokok di dalam mobil dan menyediakan konteiner yang kedap udara untuk menyimpan makanan bawaan anda sehingga tidak mengorbankan kebersihan ac mobil anda.

Beberapa kasus yang kami tangani dialami oleh tetangga kami sendiri dimana mereka pemilik bisnis restaurant , sehingga kesehariannya sering mendistribusikan bahan makanan jadi dari dapur ke restoran mereka, dimana dalam kurun waktu tertentu kabin, plafon, jok dan sistem ac akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Menghilangkan Bau Asem yang Menempel di Plafon dan Sistem AC Mobil

Bau di Plafon mobil biasanya paling banyak disebabkan oleh asap rokok maupun uap makanan. Masalah utamanya adalah fakta bahwa bau ini akan menempel dan sangat sulit dibersihkan. Beberapa langkah penanganannya antara lain :

  • Mencuci dan membersihkan AC dan evaporator AC menggunakan desinfektan dan detergent
  • Lakukan flushing untuk memastikan tidak ada bau yang mengkontaminasi oli kompresor dan freon.
  • Memberikan treatment Fogging / pengasapan untuk menyamarkan bau asem yang sudah menempel

Pengerjaan prosedur di atas sebaiknya dilakukan oleh profesional di bidang AC mobil untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen lain mobil anda. Selain itu, proses pengerjaan oleh profesional akan lebih cepat, teliti, dan memberikan hasil jauh lebih memuaskan. 

Bagaimana jika bau menempel di Jok Mobil ? Apakah dapat dibersihkan dengan metode di atas ? Pada dasarnya bau jenis ini dapat dibesihkan dengan mencuci jok mobil. Namun bau ini biasanya timbul di kulit jok yang berbahan kain. Oleh sebab itu untuk mengatasi masalah ini perlu penanganan extra. Jadi jika anda tidak tau cara membersihkannya lebih baik panggil ahlinya, karena jok mobil baru memiliki sistem electrik yang dapat rusak jika kena air dan warna jok akan belang –belang jika salah menggunakan produk.

Bau pada jok mobil sendiri bisa disebabkan oleh tumpahan cairan yang mengandung bau, seperti kuah makanan, keringat tubuh dan cairan tubuh lainnya dari anak anda. Hal ini sering sekali kami dapati pada mobil customer yang baru saja membeli mobil bekas.

Bau di saluran ac mobil atau pipa ducting ac mobil. Harus diingat bahwa debu akan selalu menempel dijalur – jalur ac mobil. Hal ini juga berlaku pada ducting ac mobil, debu yang menempel mengandung bakteri maupun jamur sehingga dapat menimbulkan bau yang tidak enak, pipa ducting harus di copot dan dibersihkan secara manual jika ingin hilang secara tuntas. Ini terjadi pada mobil tetangga kami yang setiap hari dipakai untuk membawa bahan makan.

Bau yang terakhir adalah bau apek, biasanya ini disebabkan oleh jamur yang berkembang biak karena kelembaban udara mobil saat di parkir. Indonesia memiliki iklim tropis dengan kelembaban udara yang tinggi. Hal ini menyebabkan di musim hujan ketika membuka kaca mobil maupun pintu mobil tidak sedikit uap air yang masuk kedalam mobil, yang kemudian mengendap di dalam mobil dan menimbulkan bau apek.

Bau tipe ini tidak dapat dihilangkan hanya dengan mencuci evaporatornya saja, maka dari itu kami mengkombinasikan dengan Fogging. Fogging berfungsi sebagai uap disinfektan dengan bahan aktif hydrogen peroxide , yang berfungsi untuk membunuh semua kuman , bakteri dan jamur yang dilewatinya.

Kesimpulan

Masalah AC Mobil Panas dan AC mobil bau Asem sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Juga berbahaya bagi keselamatan anda dan penumpang selama perjalanan.

Oleh sebab itu sangat penting bagi anda untuk :

  • Selalu menjaga kebersihan mobil untuk mencegah terjadinya masalah AC mobil panas dan bau asem
  • Segera melakukan perawatan dan service AC ketika masalah ini muncul pada mobil anda

Jadi mencuci evaporator mobil secara berkala merupakan sebuah keharusan demi menjaga kesehatan anda sekeluarga dan menjamin kenyamanan dan keselamatan selama berkendara.

Apa masih mau menunda perawatan AC dan menunggu sampai AC mobil anda panas dan bau asem?

Jika anda memiliki pertanyaan lainnya mengenai masalah AC mobil panas dan AC mobil bau asem silahkan hubungi DOKTER MOBIL

 

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *