Faktor yang Jadi Penyebab AC Mobil Panas Saat Siang dan Solusi
 
Posted by Mekanik Juan AC

Faktor yang Jadi Penyebab AC Mobil Panas Saat Siang dan Solusi

Masalah AC mobil panas saat siang tak cuma dialami oleh anda. Namun jangan sampai anda saja yang tak tahu penyebab dan solusi masalah ini.

Silahkan membaca artikel ini, dan semoga bermanfaat untuk kita semua. Selamat membaca dan mempelajari artikel ini.

Penyebab AC Mobil Panas Saat Siang

Faktor penyebab masalah ini cukuplah banyak. Dan oleh karenanya, solusi untuk masalah ini sangat tergantung dengan faktor penyebab masalah ini. Beda penyebab, tentu akan beda solusinya.

Adapun beberapa penyebab AC mobil panas saat siang namun normal (dingin) saat malam antara lain adalah:

  • Freon AC Mobil Terpapar Panas

    Suhu freon harus berada dalam kondisi idealnya. Jika tidak, kemampuan mendinginkannya akan hilang. Namun freon bisa terpapar panas sehingga kehilangan kemampuan pendinginannya.

    Paparan panas ini bisa berasal dari sinar matahari, mesin mobil, maupun mesin kompresor. Juga bisa terjadi karena knalpot mobil bocor.

  • Kerusakan pada Thermistor
    Kerusakan thermistor akan menyebabkan AC mobil tidak mengetahui kondisi suhu saat ini. Suhu panas siang hari justru terbaca “dalam kondisi dingin sehingga AC mobil tak perlu bekerja”. 

    Banyak penyebab kerusakan pada thermistor ini. Namun pada umumnya terjadi karena ada settingan yang salah pada ECU mobil, pada thermistor, ataupun karena adanya korsleting.

Lihat Juga: AC Mobil Kok Panas

Lantas bagaimanakah cara untuk mengatasi masalah ini? Ada beberapa solusi yang bisa anda pilih. Namun pastikan untuk melakukan pengerjaan di bengkel mobil yang tepat. Hal ini untuk memastikan pengerjaan berlangsung dengan sempurna dan tidak merusak komponen lain di mobil anda.

Solusi Mengatasi AC Mobil yang Mengeluarkan Hawa Panas saat Siang

Ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan. Pada intinya, solusi untuk masalah ini adalah memastikan freon tidak terpapar terlalu banyak saat kondisi cuaca panas.

Adapun beberapa cara yang bisa menjadi solusi antara lain:

  • Ganti Freon dengan Yang Lebih Tahan Panas

    Freon yang terlalu mudah panas artinya kualitasnya jelek. Oleh sebab itu, disarankan untuk menggunakan freon yang memiliki daya tahan lebih tinggi.

  • Selubungi Selang Saluran Freon AC Mobil

    Anda dapat membungkus selang saluran freon dengan selubung untuk saluran AC yang biasa dijual di toko AC. Dengan menggunakan bungkus tersebut, AC mobil akan lebih tahan panas.

  • Perbaiki Mesin Mobil ataupun Kompresor Mobil yang Mengalami Overheat

    Overheat pada mesin maupun kompresor akan menyebabkan freon terpapar panas. Sebaik apapun kualitas freon, jika paparan panas terlalu tinggi dan intens, freon akan kehilangan daya pendinginannya.

Itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi masalah AC mobil panas saat siang hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda mengatasi masalah anda. Terimakasih sudah membaca.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *