AC Mobil Panas Saat Udara Panas Nah Ini Solusinya | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

AC Mobil Panas Saat Udara Panas Nah Ini Solusinya

ac-mobil-panas-saat-udara-panas-nah-ini-solusinya

ac-mobil-panas-saat-udara-panas-nah-ini-solusinya

solusi terbaik dari Dokter Mobil untuk AC mobil panas saat udara panas. Dokter Mobil  adalah spesialis perbaikan AC mobil tanpa bongkar. Pernahkah Anda mengalami saat macet atau jalan perlahan mengendarai mobil, kabin justru menjadi panas karena hembusan angin AC mobil panas? AC justru baru bekerja normal mendinginkan kabin pada saat mobil dalam kondisi bergerak atau berjalan. Penyebabnya bisa banyak hal, tetapi jarang diperhatikan pemilik mobil. Kondisi AC seperti ini bisa terjadi jika perbandingan kompresi di dalam kompresor sudah lemah, atau bisa juga karena extra fan yang ada di depan kondensor juga ikut melemah.

Extra fan lemah bisa menjadi penyebab AC tidak dingin. Saat pengecekan di bengkel, hal itu dianggap bukan masalah karena mungkin fokus ada pada pencarian kebocoran freon. Kompresor yang masih bekerja serta kipas listrik yang masih berfungsi, sering dianggap aman.

Padahal mungkin kinerjanya sudah tidak maksimal. Ambil contoh, bila mobil dalam kondisi berhenti saat mengantri lampu merah (kondisi stasioner/idle 1.000 rpm), kompresor bekerja seperti biasa namun tidak optimal lagi.Bila kompresor yang masih sehat bisa memacu freon hingga ke evaporator dan menghasilkan hawa dingin, tidak halnya kalau memang kompresi sudah drop.

Kompresor tersebut baru bisa normal memicu freon bila mobil sudah bergerak, alias berada di putaran mesin lebih tinggi (di atas 2.000 rpm) yaitu saat mesin digas. Terlebih lagi dengan extra fan yang sudah lemah, hembusan angin yang seharusnya bisa mendinginkan kondensor tidak memberikan pengaruh apa-apa. Kompresor dengan perbandingan kompresi rendah biasanya ditandai dengan gejala bunyi seperti dengkuran saat bekerja. Selain itu juga dirasakan hilangnya tendangan kompresor yang hampir tidak terasa saat AC diaktifkan.

Jika sudah begini, ada baiknya segera bawa ke bengkel AC mobil untuk pembongkaran kompresor. Biaya untuk model lama yang masih memakai sistem piston harus diservis untuk diganti ring kompresinya, ini belum termasuk isi ulang freon. Pada beberapa AC harus diganti karena tidak bisa diperbaiki,” khususnya untuk kompresor model baru yang memakai sistem rotary (non-piston), bila sudah jebol sebaiknya diganti baik dengan yang baru maupun versi copotan. Kompresor rotary eks limbah biasanya dipatok harga mulai 1 juta sudah termasuk pembuatan braket baru.

Jadi pastikan pada mekanik bengkel AC mobil yang lebih profesional jika udara AC tetap tidak mau dingin saat mesin dalam kondisi stasioner, padahal freon tidak bocor dan kelistrikan normal.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *