AC Mobil Tidak Dingin Padahal Baru Isi Freon di Bengkel AC
 
Posted by Roy Ivan AC, bengkel mobil, Service AC Mobil

AC Mobil Tidak Dingin Padahal Baru Isi Freon di Bengkel AC

AC Mobil Tidak Dingin Padahal Baru Isi Freon

Banyak bengkel AC mobil yang nakal dengan memberikan solusi service hanya berupa isi freon. Akibatnya, AC mobil tidak dingin padahal baru isi freon. Hal ini tentu sangat menyebalkan karena :

  • menjadikan waktu tunggu pengisian freon jadi sia-sia
  • membuang-buang uang yang sudah anda bayarkan
  • beresiko menyebabkan kerusakan AC mobil lebih besar

Celakanya, banyak sekali bengkel AC mobil yang ternyata hanya mampu untuk melakukan isi ulang freon AC sehingga masaah AC mobil tidak dingin padahal baru isi freon tidak dapat diatasi dengan baik.

Pada dasarnya, bengkel AC mobil tahu cara mengatasi masalah ini, namun dengan berbagai pertimbangan, mereka memutuskan malas untuk menyelesaikan penyebab AC mobil tidak dingin. Adapun pertimbangan tersebut adalah :

  1. Mengisi freon saja relatif lebih cepat ketimbang harus menservice masalah pada AC mobil
  2. Jika anda sering mengisi freon, keuntungan bengkel akan lebih besar
  3. Bengkel akan mencoba menawarkan penggantian kondensor atau kompresor AC dengan harga selangit
  4. Bengkel malas mencari penyebab AC mobil tidak dingin
  5. Bengkel tidak memiliki keahlian atau peralatan service AC yang memadai

Berdasarkan hal itu, maka sangat penting untuk mulai mencoba mencari bengkel AC mobil yang memang berkompetensi dalam menyelesaikan masalah AC mobil. Kompetensi ini meliputi :

  • SOP atau prosedur service bengkel AC yang jelas dan berstandart tinggi
  • memiliki mekanik-mekanik berpengalaman dengan pengalaman minimal 3 tahun
  • peralatan bengkel yang memadai

Penyebab Masalah AC Mobil Tidak Dingin Padahal Baru Isi Freon

Masalah ini umumnya terjadi karena 5 hal yaitu :

  1. Adanya titik kebocoran pada saluran AC freon

    Kebocoran ini menyebabkan sebanyak apapun freon yang anda isikan, freon AC mobil akan bocor dan berkurang atau habis. Akibatnya, dalam beberapa jam saja AC mobil kembali tidak dingin.

  2. Rusaknya fan belt secara tiba-tiba

    Masalah AC mobil tidak dingin padahal baru isi freon dapat juga terjadi karena fan belt tiba-tiba rusak. Akibatnya AC mobil menjadi tiba-tiba tidak dingin. Masalah fan belt ini sendiri terbagi menjadi 2 yaitu :

    a. Fan Belt Putus

    Akibat dari putusnya fan belt adalah putaran mesin mobil tidak terhubung dengan kompresor AC. Akibatnya, kompresor AC tidak berputar dan menyebabkan AC mobil tidak berfungsi dan tidak menghasilkan hawa dingin.

    b. Fan Belt Macet

    Selain putusnya fan belt, macetnya fan belt juga menjadi penyebab putaran mesin mobil tidak terhubung dengan kompresor AC. Akibatnya AC mobil tidak dapat menghasilkan hawa dingin. Ciri-ciri adanya fan belt yang macet adalah masalah AC mobil yang kadang dingin, namun tidak lama menjadi tidak dingin, dan setelah beberapa lama, kembali menjadi dingin.

    Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti fan belt yang macet, dan mengecheck roda-roda putaran pada mesin dan kompresor AC.

  3. Tersumbatnya Freon AC Mobil
    Freon AC yang mengalir di saluran AC dapat tersumbat yang disebabkan oleh masuknya kotoran, dan oleh membekunya freon AC mobil.

    Jadi ketika anda baru saja isi freon dan tiba-tiba freon AC mobil anda menjadi tidak dingin, maka kemungkinannya adalah Freon AC mobil anda membeku. Hal ini terjadi karena kualitas cairan freon tidak terlalu baik sehingga membeku pada suhu yang tidak terlalu rendah.

    Untuk mengatasi masalah ini, anda perlu untuk mengganti cairan freon dengan cairan freon yang memiliki kualitas lebih baik.

Untuk mencegah munculnya masalah AC mobil tidak dingin padahal baru isi freon ini, beberapa hal yang perlu dilakukan antara lain adalah :

a. Selalu memastikan kebersihan di dalam mobil
Disarankan untuk tidak makan dan minum di dalam mobil karena remah dan cairan yang tumpah bisa saja masuk ke dalam saluran AC mobil. Remah dan cairan ini dapat menjadi asam yang menyebabkan korosi pada kompresor dan kondensor AC. 

Korosi yang menyebabkan kebocoran inilah yang menjadi sumber utama berkurang atau habisnya freon AC mobil. Jika sudah terjadi korosi, langkah terbaik yang harus dilakukan adalah mengganti spare part AC mobil yang terkorosi.

Selain makan dan minum, merokok juga sebaiknya tidak anda lakukan selama di dalam mobil. Beberapa masalah yang disebabkan asap rokok yang masuk ke dalam saluran AC mobil adalah AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap, AC mobil mengalami korosi, dan AC mobil menjadi tidak dingin.

Berbeda dengan remah-remah makanan, asap rokok lebih sulit dihilangkan dan umumnya hanya bisa disamarkan baunya dengan melakukan fogging. Oleh sebab itu, merokok di dalam mobil harus benar-benar menjadi kegiatan terlarang di dalam mobil anda.

b. Rawat kualitas freon AC mobil
Sebagus dan semahal apapun freon AC mobil anda, kualitas cairan freon dapat berkurang karena disebabkan masalah-masalah seperti terkenan panas mesin, panas knalpot, dan terik matahari. Oleh sebab itu beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga kualitas freon AC mobil adalah dengan :

  • Memerkirkan mobil anda di tempat yang teduh
  • Memasang plastik pelindung pipa AC untuk mengurangi konveksi panas dari knalpot ataupun mesin mobil

Bagi anda yang membutuhkan solusi yang lebih praktis dalam memperbaiki masalah AC Mobil Tidak Dingin Padahal Baru Isi Freon, Dokter Mobil merupakan pilihan terbaik untuk anda.

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil dengan spesialisasi tanpa bongkar dengan pengerjaan kurang dari 1 jam namun hasil bergaransi di mana jika AC mobil tidak dingin, jaminan uang kembali 100%.

Bagi anda yang berminat mencoba jasa service AC mobil tidak dingin, anda dapat mengunjungi atau menghubungi Dokter Mobil di alamat :

Dokter Mobil  ( http://www.doktermobil.com )
Jalan Boulevard Raya, Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading Jakarta Utara

Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi Dokter Mobil di kontak berikut :

Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Dokter Mobil

 

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *