Solusi AC Mobil Tidak Dingin / Kurang Dingin - Dokter Mobil
 

AC Mobil Tidak Dingin

AC Mobil Tidak Dingin atau Kurang Dingin

Apa saja sih penyebab ac mobil tidak dingin? Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut ? Bagi pengguna mobil yang sudah berpengalaman dengan beberapa jenis mobil pasti sesekali pernah merasakan tiba – tiba ac mobilnya tidak dingin sama sekali. Ketika tidak dingin lagi banyak orang langsung mencari bengkel ac mobil terdekat dan mendapati tagihan yang spektakuler tanpa mengetahui apa betul itu adalah solusi terbaik bagi customer?

Disini Dokter mobil akan mengulas apa saja penyebab ac mobil tidak dingin atau kurang dingin.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek apakah ada angin yang keluar dari blower AC, ini dapat dilakukan dengan meletakkan tangan di depan ventilasi ac mobil dan merasakan apakah besar atau volume angin yang keluar normal. Bisa jadi angin yang keluar hanya sedikit sehingga ac mobil terasa tidak dingin.

AC Mobil Tidak Dingin dan Angin yang Keluar Hanya Sedikit

Jika angin yang keluar hanya sedikit ada beberapa kemungkinan yaitu,

  1. kemungkinan pertama motor blower sudah lemah sehingga AC mobil tidak dingin

    AC Mobil Tidak Dingin akibat blower ac lemah
    Blower AC yang rusak akan menyebabkan AC Mobil Tidak Dingin

Dalam perjalanan dokter mobil kami menemukan beberapa kasus dimana motor blower ac di mobil customer sudah melemah contohnya march, strada, pajero, motornya tetap berputar tetapi tidak sekencang normal.

Solusinya adalah dengan mengganti blower AC mobil anda dengan yang baru. Jika blower sudah diganti namun anda masih mengalami masalah AC mobil tidak dingin maka kemungkinannya ada beberapa masalah lain pada sistem AC mobil anda.

  1. Kemungkinan kedua adalah jalur angin ke evaporator tersumbat

    ac mobil tidak dingin akibat evaporator tersumbat
    Proses menghilangkan penyumbatan pada Evaporator AC

Ini bisa dilakukan pengecekan di Filter kabin mobil, filter kabin yang kotor dapat menyumbat jalur udara masuk, sehingga udara tidak dapat tembus ke ventilasi ac mobil. Bahkan mungkin beberapa jenis mobil yang memang langganan memiliki kendala evaporatornya berlendir seperti Livina, Mobilio, Fiesta, Mazda 2, Ertiga, innova, fortuner, camry,  nah berlendir adalah bahasa awan yang mengambarkan pertumbuhan lumut atau funggus yang terjadi karena pollen atau bahan organik yang menempel di evaporator mobil dalam jangka waktu tertentu sehingga berkembang biak karena kondisi basah dan lembab, sampai pada tahap menutupi seluruh jalur masuk angin.

Jalur masuk angin yang tersumbat inilah yang menyebabkan terjadinya masalah AC mobil bau, AC mobil tidak dingin , AC mobil kurang dingin, dan masalah lainnya.

Solusinya adalah dengan :

  • membersihkan evaporator (cuci evaporator)

    evaporator yang kotor adalah sumber munculnya berbagai kotoran seperti fungus/jamur, pollen, dan cairan lendir penyebab penyumbatan. Selain itu. juga menyebabkan masalah seperti korosi pada kompresor dan kondensor AC.

  • Melakukan flushing dan cuci AC

    Disarankan juga untuk melakukan flushing dan cuci AC secara keseluruhan untuk menghilangkan lumut, fungus, pollen, dan kotoran lain pada sistem AC mobil anda.

  1. Kemungkinan ke 3 adalah kebocoran jalur angin dari evaporator ke ventilasi,

    Kebocoran Evaporator ke Ventilasi Penyebab AC Mobil Kurang Dingin
    Kebocoran ini menyebabkan AC Mobil Tidak / Kurang Dingin

Walaupun sedikit kemungkinan untuk terjadi tapi kami kerap kali menemukan kasis ini. Walaupun merupakan masalah sepele namun hal ini menyebabkan AC mobil kurang dingin. Pada kasus kebocoran yang lebih besar, hal ini juga menyebabkan masalah AC mobil tidak dingin.

Mari kita ambil contoh Juke dan alphard, kedua mobil ini menggunakan servo motor untuk mengatur katup pembagian angin dingin setelah evaporator yang mengarah ke kaca, muka dan kaki. Di beberapa kasus kami menemukan di mobil Alphard Vellfire dan Juke sering kali servo motor ini tidak bekerja secara normal sehingga pembagian angin menjadi tidak normal atau bocor bahkan tertutup sama sekali,  menyebabkan angin tidak bisa lewat.

Berikutnya kasus yang kami sering temukan di Livina dan Evoque, dimana pipa jalur angin yang terdapat di bawah konsole tengah terlepas di sambungannya sehingga anginnya bocor sebelum sampai ke ventilasi.

Solusinya tentu dengan mencari sebab kebocoran dan mengganti evaporator serta saluran pipa ke ventilasi. 

  1. Kemungkinan ke empat adalah FROSTING
    ac mobil kurang dingin karena freon membeku - frosting
    Mengukur Tekanan Freon untuk Melihat Ada Tidaknya  Frosting

Frosting adalah istilah teknis di ac mobil untuk menggambarkan posisi evaporator yang membeku total seperti balok es. Sehingga angin tidak dapat melewati evaporator. Dokter mobil sering mendapati kasus frosting di mobil xtrail , fiesta, ecosport. Dimana evaporatornya menjadi terlalu dingin sehingga membekukan air kondensasi yang terjadi dimana airnya belum sempat menetes dan terbuang ke saluran pembuangan.

Frosting adalah penyebab utama AC mobil kurang dingin. Pada kasus beku yang sudah cukup serius, AC mobil bahkan dapat mengalami masalah AC mobil kurang dingin.

Jika tidak ada angin dingin yang keluar sama sekali , maka semua sistem kelistrikan , motor dan resistor blower harus di periksa secara menyeluruh, ambil contoh mazda biante, nissan serena, kia carnival yang pernah dokter mobil tangani dimana motor blower konslet sehingga mati total dan resistor blower yang putus sehingga tidak dapat mengontrol angin yang keluar.

Untuk mengatasi masalah ini, dapat diselesaikan dengan mencairkan kembali freon. Namun juga sebaiknya dilakukan flushing dan mengganti freon lama dengan freon baru yang lebih baik dan tidak mudah membeku.

AC Mobil Tidak Dingin walaupun Angin Keluar Normal

Jika tadi kita sudah menjabarkan kasus-kasus dimana ac mobil hanya keluar angin sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali, selanjutnya kita akan bahas kasus dimana angin keluar normal tetapi tidak dingin sama sekali.

  1. Kemungkinan yang pertama adalah jalur heater ikut terbuka

Untuk mobil Eropa dan Amerika terutama ford , mercedes benz , BMW , audi , masserrati , chevrolet , general motors mobil – mobil ini dilengkapi sistem pemanas kabin untuk mengantisipasi dinginnya cuaca di negara asalnya. Sistem ini bekerja dengan mengalirkan air radiator ke dalam radiator heater dan meniupnya dengan blower ac, biasanya terdapat servo valve yang mengontrol air radiator ini masuk ke dalam kabin, dan secara otomatis akan ditiup oleh blower ac mobil. Ketika heater ini menyala, otomatis akan membuat angin dingin yang sudah didinginkan oleh evaporator menjadi panas kembali, bahkan panas sekali.

Berikut adalah contoh mengapa AC mobil Audi mengalami masalah AC mobil tidak dingin / kurang dingin:

  1. Kemungkinan kedua adalah masalah pada COOLING SYSTEM MESIN,

Masalah pada cooling system mesin sering sekali kami dapati di mobil yang sudah berumur lebih dari 5 tahun seperti cx7 , isuzu , civic , accord  biasanya karena air coolant yang sudah berkerak jadi menyumbat jalur radiator menjadikan mesin panas. Bisa jadi karena motor fan radiator tidak bekerja secara normal sehingga panas mesin tidak dapat di buang secara normal. Mungkin anda bertanya hubungan antara sistem pembuang panas mesin mobil dan ac mobi dimana? Taukah anda letak dan fungsi kondensor? Kondensor berasal dari kata kondensator alias alat untuk mengkondensasikan atau merubah dari gas menjadi cair. Freon GAS panas dialirkan dari kompressor ke kondensor untuk didinginkan sehingga mencair. Jadi kondensor butuh angin dingin untuk bekerja dengan baik. Nah posisi kondensor di setiap mobil pasti berada di depan RADIATOR mobil, sehingga jika radiator mobil panasnya tidak normal maka panas itu akan terpancar secara radiasi ke arah kondensor, dan menyebabkan kondensor tidak dingin, dan ac mobil panas.

  1. Kemungkinan ke tiga adalah kebocoran freon pada sistem ac,

Freon digunakan untuk mendinginkan sistem ac mobil dengan memanfaatkan perbedaan titik didih dan titik bekunya, sehingga sangatlah penting bagi sistem ac mobil untuk memiliki kadar freon dan oli yang pas untuk kerja yang optimal. Kebocoran terjadi biasanya karena umur pakai part yang terbuat dari alumunium, dimana kondensor dan evaporator serta pipa-pipa ac terbuat dari alumunium, biasanya kebocoran di indikasi dari tekanan freon yang berkurang secara signifikan sehingga sistem ac tidak dapat bekerja dengan benar. Kemungkinan bocor dapat terjadi setelah benturan keras atau tabrakan, bahkan beberapa kasus di mobil nissan dan avanza kebocoran terjadi di selang karet yang sudah kering. Kasus di mobil camry dimana evaporatornya keropos karena umur juga sering kami jumpai. Keropos bisa karena bahan evaporator yang sudah teroksidasi atau karena evaporator kotor yang tidak pernah dibersihkan, sehingga lumut dan funggus menempel dalam waktu yang lama sehingga mengikis alumunium nya secara perlahan.

  1. Kemungkinan ke empat adalah magnetic clutch yang sudah habis terpakai,

Magnet clutch dari namanya ini adalah kopling magnet yang mengatur kerja kompressor, setiap magnet clutch memiliki umur pakai, kami pernah menemukan honda jazz yang magnet clutch nya sudah tidak bekerja di km 20.000, namun kebanyakan magnet clutch berhenti bekerja setelah 70.000 km – 120.000 km data ini kami ambil berdasarkan statistik customer yang datang. Magnet clutch dapat rusak secara prematur jika voltase supply dibawah 13,5 volt sehingga magnet tidak dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan slip atau gesekan pada pulley dan centerpiece. Gesekan ini menghasilkan panas yang dapat membakar seketika elektromagnetnya. Pada mobil harrier, lexus , camry, bmw dan mercedes, tipe kompressor yang dipakai tidak menggunakan magnet melainkan sensor valve, jika sensor valve nya sudah tidak bekerja yang harus diganti adalah kompressor set, karena sementara belum ada produk original yang hanya menjual sensor saja dipasaran.

  1. Kemungkinan ke 5 dan terburuk adalah kompressor yang berhenti bekerja,

Kompressor berhenti bekerja total bisa karena interior kompressor yang lecet sehingga tidak menghasilkan tekanan yang cukup untuk menjalankan sistem AC mobil, hal ini dapat terjadi jika oli kompressor yang ada didalamnya tidak pernah di ganti, ibarat mesin berjalan tidak pernah ganti oli pasti akan rusak.

Bisa juga ada part di dalam kompressor itu yang patah atau bengkok sehingga menghasilkan gesekan yang luar biasa, al hasil gram –  gram besi akan terjadi dan terpompa masuk ke kondensor dan drier dan menyebabkan sistem freon yang tersumbat.

Kompressor mengorok ata mengeluarkan bunyi, Jika kompressor mengeluarkan bunyi bisa dikategorikan menjadi tiga jenis bunyi, yang pertama adalah kompressor mengorok atau mengeluarkan bunyi nada rendah. Ini biasanya indikasi dari part dalaman kompressor yang saling bergesekan, jika ini terjadi kami biasanya melakukan pengecekan tekanan atau kompressi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kompressor tersebut masih bisa diselamatkan hanya dengan penggantian oli kompressor (flushing) atau tidak. Karena biasanya masih ada 30% kemungkinan untuk menyelamatkan kompressor ac hanya dengan flushing saja.

Berikut adalah proses service masalah AC mobil tidak dingin dan kurang dingin yang diakibatkan masalah pada kompresor AC :

Kategori ke dua adalah bunyi mendecit atau bunyi dengan nada tinggi, biasanya dihasilkan dari gesekan antara besi dengan besi, biasanya bearing centerpiece yang sudah rusak sehingga menghasilkan gesekan, semua benda yang bergesek akan menimbulkan panas, panas ini yang akan memuaikan part2 yang lain sehingga akan JAMMED atau tersangkut.

Kategori ke tiga adalah bunyi suara ketukan antara besi dan besi seperti tek .. tek .. tek .. hal ini sering kita temui di suzuki sx4 , swift , baleno ,  hyundai avega, dan subaru. Bunyi ketukan ini bisa mengindikasi part yang patah atau tidak pada posisinya, biasanya ketika diteruskan maka kompressor akan nyangkut dan berhenti total , merusak magnet clutch dan pada beberapa kasus yang kita temui di mazda 3 dan evalia terkadang sampai membakar dan memutuskan fanbelt yang menggerakkan sehingga semua sistem mobil seperti water pump, power steering, alternator , dll berhenti total, namun hal ini sangat jarang sekali terjadi. Jika tipe mesin anda memiliki fan belt yang tergabung dengan kompressor ac maka mobil akan sulit dikendarai seketika, tetapi jika sistem ac memiliki fan belt yang berbeda seperti mazda 3 dan cx7 maka yang biasanya patah hanyalah fanbelt ac saja.

  1. Kemungkinan terakhir : kerusakan sistem komputer mobil (ECU electronic control unit)

Kebanyakan mobil menggunakan ECU untuk mengontrol sistem ac yang ada di mobil. Pada kasus kasus tertentu yang menimpa klien kami xtrail dan crv, ecu nya tidak mau mengirimkan sinyal untuk menyalakan kompressor, dimana jika ini terjadi customer haru mengganti ecu nya dengan yang baru. Biasanya ecu rusak karena benturan keras, guncangan yang kencangnya abnormal, dan kena air atau lembab.

Itulah beberapa sebab dan solusi untuk mengatasi masalah AC Mobil tidak dingin ataupun kurang dingin.

Untuk pertanyaan dan solusi, silahkan hubungi kami di Dokter Mobil