Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Solusi Mengatasinya
 
Posted by Mekanik Juan AC, Service AC Mobil

Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Solusi Mengatasinya

Mengatasi Penyebab AC Mobil Tidak Dingin yang Menyebabkan Kenyamanan Berkendara Anda Terganggu

Munculnya masalah AC mobil tidak dingin harus ditangani dengan tepat. Inilah faktor penyebab serta solusinya. Wajib anda ketahui. Dengan mengetahui faktor penyebab maka solusi untuk masalah ini dapat segera ditentukan.

Beberapa orang menunda perbaikan masalah ini. Padahal dengan menunda, kerusakan dapat semakin parah dan merembet pada komponen lain mobil anda.

Untuk memperbaiki masalah ini, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mencari penyebab munculnya masalah ini. Dengan demikian, anda bisa tahu solusi apa yang tepat dan baik untuk dilakukan.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Adapun beberapa penyebab masalah AC mobil tidak dingin antara lain adalah:

  • Kerusakan pada magnetic clutch
  • Putus atau copotnya fan belt kompresor AC
  • Suhu mesin ataupun kompresor yang terlalu panas (overheat)
  • Kebocoran freon AC mobil
  • Kotornya evaporator AC
  • dan tersumbatnya saluran AC mobil
Kerusakan pada Magnetic Clutch

Magnetic clutch berfungsi sebagai pengatur putaran mesin agar membuat kompresor ikut berputar. Namun magnetic clutch membutuhkan daya magnetism untuk bekerja maksimal. Hilangnya daya magnetism dapat menyebabkan kompresor AC mobil tidak berputar dengan semestinya.

Ada beberapa penyebab kerusakan pada magnetic clutch, di antaranya kelistrikan mobil yang tidak stabil, overheat pada mesin, dan kualitas magnetic clutch yang kurang baik.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan penggantian magnetic clucth. Pastikan anda mengganti dengan magnetic clutch yang:

  • Memiliki kualitas baik
  • Kompatibel dengan AC mobil anda
  • Mudah untuk dipasang

Untuk harganya sendiri, pada umumnya berkisar di angka 2 jutaan (sudah termasuk jasa pemasangan). Namun silahkan check harga untuk perubahan lebih lanjut.

Putus atau Copotnya Fan Belt AC Mobil

Fan belt adalah sabuk yang menghubungkan antara putaran mesin dengan kompresor AC mobil. Jika fan belt putus atau copot, maka kompresor tidak berputar. Jika kompresor tidak berputar, kondensor tidak bekerja dan freon tidak mendinginkan udara. Dan bisa ditebak, muncullah masalah seperti AC mobil tidak dingin atau hanya mengeluarkan angin.

Ada beberapa penyebab masalah pada fan belt ini, di antaranya adalah:

  • Faktor usia fan belt sehingga menjadi rapuh dan mudah putus
  • Kualitas fan belt yang memang kurang baik
  • Panas dari putaran mesin yang membuat fan belt terbakar
  • Dan berbagai sebab lainnya.

Untuk solusinya, tidak ada cara lain selain melakukan penggantian spare part. Pastikan untuk membeli fan belt yang berkualitas (tahan lama dan tahan panas).

Bicara soal harga, harga dari spare part yang satu ini cukup bervariasi. Dari yang seharga 100 ribu, sampai jutaanpun ada.

Suhu Mesin dan Kompresor yang Mengalami Overheat

Suhu mesin (baik itu mesin mobil, maupun mesin kompresor) yang terlalu panas dapat merembet hingga akhirnya menjadikan cairan freon ikut panas. Akibatnya, kualitas freon menjadi berkurang. Pada titik tertentu, kualitas freonpun hilang.

Freon yang kepanasan tidak mampu lagi untuk mendinginkan udara yang terkondensasi di kondensor AC. Hasilnya tidak hanya menjadikan AC mobil cuma keluar angin, namun pada kasus tertentu menyebabkan AC mobil mengeluarkan hawa panas.

Untuk mengatasi masalah ini tentu saja dengan melakukan penggantian freon AC mobil. Pastikanlah untuk mengganti dengan freon yang lebih tahan terhadap paparan panas. Dengan demikian, freon akan lebih maksimal dalam mendinginkan ruangan mobil anda.

Biaya untuk isi ulang freon biasanya tidaklah begitu besar. Biasanya hanya sekitar Rp50.000,- untuk tiap kilogram cairan freon.

Namun masalah suhu mesin yang terlalu panas pun tetap harus diatasi. Solusi untuk masalah ini antara lain:

  • Mengganti oli mesin
  • Melakukan tune up pada mesin
  • Melakukan penggantian spare part yang menjadi penyebab overheating

Biaya untuk mengatasi overheating pada mesin berkisar di angka 500 ribu rupiah hingga belasan juta. Tergantung tingkat kerusakan dan komponen apa yang perlu diganti. Disarankan untuk terlebih dahulu melakukan pengecheckan kerusakan dan mintalah estimasi biaya perbaikan.

Kebocoran Freon AC Mobil

Berkurang atau habisnya freon adalah hal yang tidak mungkin, kecuali terjadi kebocoran pada saluran AC. Oleh sebab itu, jika freon AC mobil anda berkurang, segeralah cari titik kebocorannya.

Pada dasarnya tidak mudah untuk mencari titik kebocoran. Namun anda dapat melakukannya dengan bantuan alat yang cukup canggih. Namun jika tidak memiliki alat tersebut, anda dapat menggunakan air sabun.

Jika sudah menemukan titik kebocoran, anda bisa menambalnya ataupun mengencangkan sambungannya.

Adapun beberapa titik yang kerap jadi sumber kebocoran freon antara lain:

  • Sambungan selang (seal)
  • Kondensor yang terkorosi
  • Kompresor AC yang retak
  • Selang yang sudah tua dan lapuk

Biaya untuk mengatasi kebocoran ini cukup bervariasi. Antara 50 ribu hingga beberapa juta rupiah. Tergantung tingkat masalah. Pada kasus kompresor AC yang retak, biayanya tentu akan lebih besar.

Evaporator AC Mobil yang Kotor

Evaporator yang kotor dapat menyebabkan udara dingin tidak bisa melewati evaporator. Akibatnya, AC mobil tidak hanya mengeluarkan hawa panas, namun juga bau dan kuman penyakit.

Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat melakukan cuci evaporator. Bahkan di Dokter Mobil anda bisa melakukan cuci evaporator secara GRATIS tanpa biaya sepeserpun.

Tersumbatnya Saluran Freon

Dingin tidaknya udara yang dihembuskan oleh AC sangat dipengaruhi oleh freon. Jika freon tidak mengalir untuk dikondensasi, udara yang dihembuskan tidak akan menjadi dingin.

Ada beberapa penyebab tersumbatnya saluran freon, yaitu:

  • Frosting

    Merupakan sebuah kejadian di mana saluran freon tertutup oleh freon yang membeku. Hal ini biasa terjadi karena kualitas titik beku freon cukup tinggi. Sehingga membeku akibat suhu di sekitarnya.Solusi untuk masalah frosting ini adalah dengan mengganti freon AC anda dengan freon yang berkualitas lebih baik.

  • Saluran Freon Tergencet

    Karena satu atau lain hal maka saluran freon tergencet sehingga aliran freon menjadi tidak lancar. Untuk itu, solusinya adalah dengan menormalkan kondisi saluran freon. Atau bisa juga dengan mengganti selang dengan selang baru.Untuk memastikan freon tidak menerima panas mesin, ada baiknya juga mengganti selang dengan selang yang dilapisi dengan bahan isolator panas.

  • Ada Benda Asing di Dalam Saluran Freon

    Seringkali ada benda asing yang masuk ke dalam saluran freon mobil anda. Biasanya terjadi pada mobil yang penumpangnya sering merokok di dalam mobil, ataupun makan dan minum di dalam mobil.Untuk mengatasi masalah ini, dapat dilakukan dengan flushing AC mobil. Untuk harganya berkisar di harga beberapa ratus ribu saja.

Nah itulah beberapa penyebab mengapa AC mobil anda menjadi tidak dingin. Jika anda kesulitan menemukan penyebab munculnya masalah ini, silahkan datang ke bengkel AC mobil untuk dilakukan pengecheckan.

Silahkan kunjungi Dokter Mobil untuk mendapatkan pengecheckan kondisi AC mobil secara gratis. Selain itu, andapun bisa mendapatkan cuci AC secara cuma-cuma dengan melakukan reservasi dengan WA di nomor 0877-8713-3366.

Demikian artikel ini kami buat. Semoga bermanfaat untuk anda.

Jika memiliki pertanyaan seputar masalah AC mobil tidak dingin, silahkan menghubungi Dokter Mobil melalui nomor WA di atas. Bisa juga dengan mengirimkan pertanyaan pada kotak komentar di bawah ini.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *