Penyebab AC Mobil Xenia Kurang Dingin dan Solusinya
 
Posted by Mekanik Juan AC, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Penyebab AC Mobil Xenia Kurang Dingin dan Solusinya

Penyebab dan Solusi Mengatasi AC Mobil Xenia Kurang Dingin serta Cara Mencegah Masalah Ini Muncul Kembali

Mengemudi dengan kondisi AC mobil Xenia kurang dingin tentu tidak menyenangkan. Nah, solusinya ternyata sangat sederhana.

Namun untuk mendapatkan solusi tersebut, sangat penting untuk terlebih dahulu mencari penyebab munculnya masalah ini. Dengan menemukan penyebabnya, anda akan lebih mudah untuk:

  • Mencari solusi terbaiknya
  • Mendapatkan estimasi biaya perbaikan
  • Mengetahui cara mencegah masalah serupa muncul kembali

Lalu apa yang jadi penyebab munculnya masalah ini?

Lihat Juga: AC Mobil Tidak Dingin Cuma Angin

Penyebab AC Mobil Xenia Kurang Dingin

Sebenarnya penyebab Xenia anda AC nya kurang dingin sama saja dengan mobil-mobil lainnya. Adapun yang jadi penyebabnya biasanya meliputi:

  • Kotornya evaporator AC mobil

    Akibatnya, udara dingin tidak bisa melewati evaporator. Adapun ciri dari masalah ini adalah adanya bau yang keluar bersamaan dengan udara dari AC mobil.

  • Bocornya Freon AC Mobil

    Kurangnya freon pada mobil Xenia anda akan menyebabkan AC mobil menjadi kurang dingin. Jika freon habis, biasanya AC mobil menjadi tidak dingin. Namun jika freon hanya berkurang, maka gejalanya adalah kurang dingin.

    Kebocoran freon ini biasa disebabkan oleh adanya kerusakan pada pipa saluran AC mobil.

  • Kerusakan pada Part AC Mobil Xenia

    Ada beberapa part AC mobil yang jika tidak lagi normal akan menyebabkan AC mobil Xenia kurang dingin. Part pertama adalah magnetic clutch. Ketika magnetic clutch rusak, AC mobil menjadi tidak dingin karena tidak mampu menggerakkan kompressor AC mobil dengan baik dan benar. Namun jika magnetic clutch hanya setengah rusak, maka kompressor AC mobil dapat berputar, namun putarannya tidak cukup kuat untuk menggerakkan kondensor.

    Part kedua yang mungkin bermasalah adalah fan belt AC mobil yang terlalu longgar sehingga kompressor AC mobil tidak dapat berputar dengan maksimal. Akibatnya, AC mobil menjadi kurang dingin karena kompresor tidak berkerja dengan baik.

  • Kurangnya Oli Kompressor AC Mobil

    Jika oli kompressor AC mobil kurang, performa kompressor akan turun. Akibatnya, kompressor tidak mampu menghasilkan udara dingin sesuai yang diharapkan.

  • Rusaknya Thermostat AC Mobil Xenia

    Ketika sensor suhu ini rusak, AC mobil akan mengira AC mobil sudah cukup dingin, padahal belum. Akhirnya, muncullah masalah AC mobil yang kurang dingin.

Memang cukup banyak penyebab AC mobil Xenia anda menjadi kurang dingin. Dan daftar di atas adalah sebagian kecil penyebabnya. Namun apa solusinya?

Solusi Mengatasi AC Mobil Xenia yang Kurang Dingin

Untuk mengatasi AC mobil Xenia yang kurang dingin ini, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan. Beberapa langkah tersebut antara lain:

  • Cari kebocoran AC mobil, dan menambal kebocoran tersebut
  • Mengisi ulang freon AC mobil
  • Mengisi ulang oli kompresor
  • Lakukan flushing
  • Lakukan cuci AC mobil (terutama evaporator AC mobil)
  • Ganti spare part AC mobil yang bermasalah

Jika anda kesulitan melakukan semua solusi di atas, anda bisa mencoba datang ke Dokter Mobil untuk mendapatkan perawatan AC mobil.

Lihat Juga: AC Mobil Bunyi Krik

Demikianlah penyebab AC mobil Xenia kurang dingin. Dan demikianlah solusi untuk mengatasinya. Semoga informasi ini membantu anda memperbaiki masalah yang sedang terjadi. Senang bisa menjadi jawaban atas masalah anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *