Air Radiator yang Baik | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Air Radiator yang Baik

air-radiator-yang-baik

air-radiator-yang-baik

Di dalam sistem pendinginan pada mesin mobil, radiator sendiri memang memiliki peranan yang begitu penting. Bila kita tidak lebih jeli memperhatikan ketersediaan dari coolant yang berada di dalamnya, masalah yang berkaitan dengan panas mesin berlebih bisa saja bermunculan. Bahkan masalah ini dapat melebar contohnya saja seperti mesin yang mogok dikarenakan overheat sehingga AC mobil menjadi kurang sejuk.

Sebenarnya Radiator ini memiliki fungsi untuk mendinginkan ari maupun coolant yang dialirkan dengan melewati sistem mesin mobil. Aliran air ini sebenarnya dibantu oleh pompa air yang dialirkan di blok mesin. Coolant ini kemudian akan di dinginkan pada mesin dengan mengaliri jalur yang berada di sekitar silinder yang kembali pada thermostat.

Sirkulasi cairan pada pendingin ini mengalir dengan cara terus menerus selama mesin hidup. Salah satu tujuannya tentu saja agar menjaga suhu pada mesin tidak terlalu tinggi dan tidak rendah. Tanpa memiliki sistem pendingin yang baik, temperatur pada mesin bisa menjadi lunak atau bahkan menyatu dengan berbagai macam komponen yang lain. Oleh sebab itu, begitu penting bagi Anda untuk memperhatikan berbagai macam kondisi dari sistem pendinginan mesin contohnya memilih air radiator yang tepat untuk dipergunakan.

Banyak pemilik mobil yang memilih untuk menggunakan air mineral untuk cairan pendingin radiator. Akan tetapi, hal ini kurang efektif, penyebabnya ialah air mineral biasa memiliki titik air yang rendah sehingga kemungkinan untuk terbentuknya gelembung menjadi lebih besar, bahkan hal ini juga dapat menyebabkan korosi serta karat yang ada di mesin. Padahal, kriteria dari cairan pendingin yang baik ialah cairan yang tidak cepat untuk sampai pada titik didih serta tidak menyebabkan komponen dari mesin menjadi cepat mengalami kerusakan.

Untuk meminimalisir terjadinya kerusakan, lebih baik Anda menggunakan air radiator yang khusus digunakan untuk radiator. Agar dapat memilih air radiator yang baik untuk mobil Anda, hal utama yang harus Anda pastikan ialah adakah kandungan seperti glycol yang berada di cairan ini? zat seperti glycol ini mempunyai fungsi untuk menaikkan titik didih dan juga menurunkan titik beku pada cairan coolant.

Bila kandungan pada glycol ini telah berada di cairan radiator yang Anda beli, selanjutnya Anda dapat melihat apakah coolant tersebut mempunyai kandungan seperti propylene yang lebih dari cukup. Cairan radiator sebenarnya dapat bekerja secara optimal serta memiliki angka konsentrat dari 20% hingga 50%, akan tetapi jika Anda ingin melakukan pengecekan tersebut diperlukan alat yang sering disebut dengan refraktometer. Jika semakin tinggi angka minus, maka akan semakin baik pula penilaian kandungan konsentrat yang digunakan pada refractometer. Untuk perbandingan, air murni kandungan konsentratnya ialah 0.

Kandungan berbagai macam zat inilah yang membuat air radiator berbeda dengan air mineral biasa. Akan tetapi tidak semua air radiator yang berada di pasaran aman untuk digunakan. Air radiator yang begitu murah biasanya ia memiliki cara kerja yang kurang maksimal bila dibandingkan dengan air yang memiliki harga mahal. Anda harus dapat memilih air yang bekerja secara maksimal agar tidak menimbulkan endapan bahkan penyumbatan pada radiator Anda.

Apabila Anda ingin berkonsultasi serta menemukan air radiator apa yang terbaik untuk mobil Anda, Anda dapat menghubungi Dokter Mobil. Anda pun juga bisa memperoleh diskon yang begitu menarik dengan cara menunjukkan kartu anggota pada mereka. Dokter Mobil berada di Jl Boulevard Raya QJ3 2 Kelapa Gading, Jakarta Utara. Telepon 021 4587 6874.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , ,

About Author