Bingung Apa Penyebab AC Mobil Panas dan Solusinya? Ini Jawabannya
 
Posted by Mekanik Juan AC

Bingung Apa Penyebab AC Mobil Panas dan Solusinya? Ini Jawabannya

Sebenarnya apa penyebab AC mobil panas dan bagaimana mengatasinya? Silahkan membaca artikel ini dan semoga mendapatkan jawaban yang anda butuhkan.

Apa penyebab AC Mobil Panas yang Paling Sering Ditemukan? Ini Jawabannya

Masalah ini bukan hanya dialami oleh anda. Pemilik mobil lainpun banyak yang mengalami hal ini. Namun jangan sampai anda menjadi satu-satunya yang tidak tahu penyebab dan solusi untuk masalah ini. Ada beberapa penyebab AC mobil panas, antara lain adalah:

  • AC Mobil yang kotor (terutama evaporator AC mobil)
  • Overheating pada mesin mobil yang merembet ke freon AC mobil
  • Overheating pada mesin mobil yang merembet ke udara di kondensor AC mobil
  • Overheating pada kompresor AC mobil yang merembet ke freon AC mobil
  • Overheating pada kompresor AC mobil yang merembet ke udara di kondensor AC mobil
  • Panas dari knalpot yang merembet ke freon ataupun udara di kondensor AC mobil

Lihat Juga: AC Mobil Biar Dingin

Solusi Mengatasi AC Mobil Panas

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa solusi yang bisa anda pilih. Mungkin hanya dengan 1 solusi, masalah ini akan selesai. Namun pada beberapa kasus, melakukan beberapa solusi berikut ini, wajib anda lakukan.

Adapun beberapa solusi untuk mengatasi apapun penyebab AC mobil panas antara lain:

  • Atasi Overheating

    Kompresor ataupun mesin mobil yang panas dapat menjadi sumber masalah. Untuk mengatasi overheating ini, anda dapat melakukan ganti oli, tune up (pada mesin), flushing (pada kompresor AC mobil, ataupun penggantian pada beberapa komponen mesin.

    Beberapa komponen yang ketika rusak kerap menjadi sumber overheating antara lain kipas mesin, kipas kompresor AC mobil, dan macetnya beberapa komponen mobil.

  • Cuci AC Mobil

    Kotornya AC mobil akan menyebabkan udara yang dihasilkan AC mobil akan terasa sumpek dan gerah. Dan hal tersebut akan menimbulkan persepsi AC mobil mengeluarkan hawa panas.

    Namun anda dapat menyegarkan udara di AC mobil dengan cara membersihkan AC mobil. Adapun bagian yang perlu dicuci utamanya evaporator AC mobil, dashboard AC mobil, dan kipas AC mobil.

  • Ganti Freon AC Mobil

    Freon yang kehilangan daya pendinginannya (misal terlalu sering terkena sinar matahari) akan menjadi penyebab AC mobil mengeluarkan hawa panas. Apa penyebab AC mobil panas maka jawabannya adalah freon AC mobil yang sudah sering terkena sinar matahari.

    Isi ulang freon menjadi solusi terbaik. Namun jika masalah tak kunjung selesai, maka kemungkinan besar masalah ada di kerusakan part AC mobil. Oleh sebab itu, diperlukan pengecheckan lebih lanjut di bengkel AC mobil yang memang berkompeten.

Itulah beberapa jawaban dari pertanyaan apa penyebab AC mobil panas dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Apapun mobilnya, Dokter Mobil bengkelnya.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *