Tips cara mengatasi gangguan komponen penting pada AC mobil Anda | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Tips cara mengatasi gangguan komponen penting pada AC mobil Anda

struktur-komponen-ac-mobil

struktur-komponen-ac-mobil

Tips cara mengatasi gangguan komponen penting pada AC mobil Anda agar AC tetap dingin. Air Conditioner atau AC punya fungsi penting untuk menjaga kabin mobil tetap sejuk dan nyaman. Tidak heran, bila komponen yang satu ini harus dipastikan dalam kondisi baik, apalagi ketika ingi melakukan perjalanan jauh. Tentu saja, perawatan rutin jadi kunci agar AC tetap menghembuskan udara sejuk dan segar. Sayangnya, banyak pemilik mobil yang luput memperhatikan kondisi AC.

Mengalami embusan udara yang tidak sedap dari AC tentunya sangat mengganggu. Tahukah Anda kemungkinan besar bau tersebut berasal dari evaporator. Terjadinya sirkulasi udara meninggalkan bekas pada evaporator. Penyebab udara bau ini pun beragam, akan tetapi paling sering karena bekas asap rokok dan uap pengharum mobil.

Hindari Pengharum Mobil

Proses pembuatan parfum mobil tidak lepas dari bahan kimia. Pada saat menjelang habis, tersisa bibit kimianya yang bersirkulasi di kabin dan kembali ke evaporator. Biasanya bibit kimia ini hanya tersisa bau yang tidak sedap. Serupa pengharum mobil, udara bekas rokok juga akan menempel di evaporator dan bagian kabin lainnya seperti jok dan plafon. Ini terjadi apabila AC lupa dimatikan saat sedang merokok, meskipun telah membuka kaca jendela.

Maka dari itu, sebaiknya hindari penggunaan parfum mobil, terutama dengan jenis semprot yang biasanya dipasang pada ventilasi mobil. Merokok di dalam mobil saat AC menyala juga tidak dianjurkan. Sepersekian asap rokok yang bersirkulasi di kabin itu tidak disadari menjadi biang penyakit. AC mobil menjadi bau, tidak sehat, dan berdampak pada kerusakan evaporator.

Perawatan di Bengkel AC Mobil

Terkadang pemilik mobil memiliki paradigma salah, untuk urusan AC hampir tidak ada yang menyadari. Jika belum ada masalah, belum dibawa ke bengkel. Pada AC, salah satu komponen yang perlu benar-benar diperhatikan adalah kompresornya. Oleh karena itu, sangat disarankan pemilik mobil rutin mengganti pelumas kompresor.

Pada prinsipnya jantung utama AC ialah kompresor. Kompresor menggunakan oli, harus diganti berkala 1 tahun sekali atau 20 ribu kilometer, tergantung mana yang lebih cepat tercapai. Selain kompresor, komponen lain yang tidak kalah penting dalam menjaga hembusan AC tetap segar adalah filter. Menurutnya, tingkat polusi di Jakarta yang tinggi otomatis membuat filter AC mobil cepat kotor dan otomatis akan menghambat hembusan AC. Jakarta yang memiliki tingkat polusi tinggi sangat mempengaruhi pendinginan mobil. Apabila filter AC kotor, anginnya kecil atau bahkan sama sekali tidak keluar.

Segera periksakan secara rutin AC mobil Anda, serta membawanya jika sudah tampak akan adanya gangguan.

“Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author