Banyak Orang Belum Tahu Pentingnya Filter AC Mobil | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Banyak Orang Belum Tahu Pentingnya Filter AC Mobil

filter-ac-mobil

filter-ac-mobil

Banyak orang belum tahu pentingnya filter AC mobil. AC mobil yang kurang sejuk pasti membuat penumpang di dalamnya tidak nyaman. Bagaimana tidak, udara tetap berhembus dari ventilasi namun hawanya panas. Bila Anda menemukan gejala seperti ini pada mobil, maka patut waspada. Sebab, embusan udara yang kurang sejuk bisa menjadi indikasi filter kabin AC mobil kotor. Kondisi kurang dingin atau angin kecil indikasi filter kotor. Apabila kotor tidak bisa menghisap udara di kabin, udara tidak bisa menyemburkan ke evaporator.

Filter kabin harus diperiksa tiap tiga bulan sekali. Apabila sudah kotor maka dapat dibersihkan sendiri oleh pemiliknya atau dibersihkan oleh mekanik di bengkel. Dilihat seberapa besar tingkat kekotorannya, maka bisa diatasi dengan cara disemprot menggunakan kompresor angin. Namun jika sudah terlalu kotor sebaiknya diganti. Saran durasi penggantian setiap 6 bulan.

Filter AC Mobil Toyota

Bagi pemilik mobil Toyota tidak disarankan untuk menggunakan filter AC yang terbuat dari bahan karbon. Karakter angin pada mobil Toyota tidak sesuai dengan filter karbon yang terdiri dari dua lapis. Mobil-mobil Toyota seperti Innova atau Avanza disarankan tidak menggunakan filter karbon karena karakter anginnya kecil.

Secara umum, filter AC terdapat dua jenis, fiber dan karbon. Sementara fiber dibuat hanya satu lapis, filter karbon terbagi dalam dua lapis, dimana satu di antaranya adalah lapisan karbon yang dapat menghilangkan bau tidak sedap. Melalui dua lapis itu, angin yang masuk akan semakin sulit.

Tentu ini tidak sesuai dengan karakter Toyota, dimana angin yang masuk untuk suplai AC relatif kecil. Hal ini terkecuali untuk model-model tinggi seperti Vellfire, yang dari pabrikan memang diberikan filter karbon. Konsekuensi menggunakan filter karbon di mobil yang tidak sesuai, angin yang masuk ke kabin tidak akan maksimal, kecil dan relatif tidak terasa. Akan tetapi ada saja yang memaksakan menggunakan filter karbon dengan alasan agar udara yang masuk tidak bau.

Banyak yang tidak mengetahui jika filter AC tidak hanya berjenis fiber saja. Ada pula filter AC yang terdiri lapisan karbon. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Filter berbahan fiber adalah jenis yang paling umum. Dengan warna putih satu lapis, fungsi filter ini adalah untuk menyaring debu. Tujuannya supaya komponen evaporator lebih awet dan udara yang keluar ke kabin pun lebih bersih. Sementara filter karbon terdiri dari dua lapisan, yakni fiber dan serat karbon.

“Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya”

Tags:

About Author