Rekomendasi Bengkel Mobil Yang Bagus Dan Baik | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Rekomendasi Bengkel Mobil Yang Bagus Dan Baik

rekomendasi-bengkel-mobil-yang-bagus-dan-baik

rekomendasi-bengkel-mobil-yang-bagus-dan-baik

Telepon saja (021) 4584 5268 kalau anda mencari rekomendasi bengkel mobil yang bagus dan baik. Dokter Mobil menggunakan alat canggih dari Jerman. Sebagian besar masyarakat mempunyai bengkel langganannya masing masing, di mana bengkel tersebut sudah terbukti dalam mengatasi masalah pada mobil.

Seperti masalah yang berkaitan dengan AC mobil, bengkel manakah yang cocok dalam menangani masalah ac mobil? apa aja yang di perlukan dalam memeriksa AC mobil ? kiat kiat apa aja yang harus di perhatikan ?

Apakah anda pernah perhatikan bahwa di suatu daerah terdapat banyak sekali tempat service ac mobil. Manakah bengkel yang baik dan benar?

Umumnya hal seperti ini menjadi SOP (Sistem Operasi Prosedur) yang harus dilakukan untuk membuat custumer yang baru sekali datang menjadi custumer loyal.

Dokter mobil akan mengupas secara tuntas dan detail apakah yang boleh dan tidak boleh di lakukan untuk mobil kesayangan anda.

 

  1. FREON

Freon umum di jual di pasaran, tetapi Freon yang sesuai dengan standar pada mobil jaman sekarang adalah Freon R134a (HFC 134A) di mana Freon ini sudah di aplikasikan ke semua mobil yang ada di dunia. Jenis Freon ada banyak macem nya, seperti R22, R12, R32 dan R134a.

Freon tidak boleh terkontaminasi (tercampur) umumnya freon yang di jual di bengkel bengkel AC tidak dapat terbukti tingkat kemurniannya. Alhasil mobil yang didapati Freon yang tercampur dapat membuat nafas kurang enak dan mata perih.

Praktek pengisian Freon di bengkel bengkel ac mobil tidak memenuhi standar. Di mana banyak penjual Freon yang di oplos dengan harga jauh di bawah harga Freon murni. Hal ini sangat untung sekali bagi bengkel ac mobil karena profit yang didapat bisa sangat besar.

Tetapi hal ini merugikan sekali bagi pemilik mobil, pernah kah anda mendengar bahwa ada orang meninggal karena tertidur di dalam mobil? apa penyebabnya? dapat dipastikan bahwa Freon yang ada di dalam mobil itu terkontaminasi, sehingga mengganggu pernafasan.

Alat yang di pakai dokter mobil untuk memeriksa kemurnian Freon adalah Neutronics Freon Identyfier ( Made In USA ) untuk harga alat yang satu ini sangat mahal berkisar antara 45 jt. Jadi tidak semua bengkel memiliki alat seperti ini.

Hanya bengkel yang mempunyai standard an SOP baik memiliki alat ini. Dokter mobil memiliki alat ini sehingga custumer yang ke bengkel kami dapat bernafas di dalam mobil dengan hati tenang.

  1. Kompressor Ac Mobil

90% masyarakat Indonesia tidak tahu bahwa di dalam compressor ac mobil itu terdapat oli yang harus diganti setiap 20.000 km / 1 tahun sekali.

Akibat nya di dalam compressor oli nya berkurang dan sudah tidak layak pakai. Yang terjadi berikut nya adalah compressor ac tidak bekerja maksimal sehingga rusak.

Harga untuk 1 bh compressor ac mobil berkisar antara 3 jt ( untuk mobil jepang ) dan 5 jt lebih ( untuk mobil eropa ) bayangkan biaya yang harus di keluarkan akibat KELALAIAN dalam mengganti oli kompresor ac mobil.

Umumnya umur dari compressor ac mobil dapat mencapai lebih dari 10 tahun.  Seperti umumnya mesin mobil, jika oli mesin nya tidak dig anti maka niscaya kinerja mesin mengalami penurunan . kemudian sistem kerja mesin mobil menjadi rusak.

Saat ini hanya dokter mobil yang mempunyai alat untuk service mesin mobil secara tuntas seperti service turun mesin.

Tahukah anda bahwa Indonesia termasuk salah satu Negara dengan import kompresor ac mobil terbesar di asia ? karena salah satu factor nya adalah bahwa terjadi pembodohan massal selama ini yang berlaku di masyarakat bahwa sistem ac tidak dingin itu adalah penyebabnya compressor ac mobil rusak.

Padahal fakta nya tidak demikian. Setelah oli compressor ac mobil di flushing/ ganti maka sistem ac mobil dapat kembali bekerja seperti baru (coba anda rasakan pada saat ganti oli mesin, pastinya mobil akan kembali enteng tarikan dan performanya).

Hal di atas ini yang menyebabkan banyaknya service AC mobil di suatu daerah. (Karena masyarakat tidak TAHU dan Bengkel ac tidak transparansi / professional). Sampai saat ini hanya Dokter Mobil yang dapat memberikan transparansi analisa hasil untuk mobil kesayangan anda.

Contoh : jika analisa tidak dingin adalah Kebocoran pada sistem ac ( bisa di lihat dengan mesin canggih dokter mobil, bahwa jarum High dan Low nya tidak stabil. Simple sekali bukan ? hasil analisa bisa didapatkan hanya dalam waktu 15 menit)

  1. Evaporator

Masalah yang paling sering ditemui oleh team Dokter mobil adalah Evap bocor. Apa yang menyebabkan evaporator bocor? sudah pasti karena mampet akibat jarang di bersihkan sehingga udara tidak dingin dan BOCOR.

Sistem kerja Evaporator sama hall nya seperti ac rumah dimana jika AC rumah anda tidak dibersihkan maka ac rumah anda menjadi tidak dingin dan kotor.

Tetapi jika anda memanggil tukang ac untuk cuci ac rumah, maka akan kembali dingin ( karena sirkulasi sudah bekerja kembali ). Untuk AC rumah dan ac mobil ada perbedaan yang cukup banyak dalam mencuci evaporator.

Umumnya bengkel mobil tradisional (melepas evaporator dan mencuci nya) hal ini dilakukan dengan cara membongkar dashboard mobil, audio dll ( waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam). Hasil analisanya hanya ada 2 yaitu : pertama adalah evap bocor dan kedua cukup di cuci. Apakah hasil yang di berikan itu valid? ehmmm…. Pasti nya saya sendiri tidak tahu jika tidak di periksa sendiri dengan alat dokter mobil.

Jika hasilnya benar maka penggantian evap adalah hall yang harus dilakukan, tetap jika hasil nya tidak rusak? maka pemilik mobil sendiri yang menjadi korbannya.

Dokter mobil membersihkan Evaporator mobil dengan alat canggih. Di mana hall ini dilakukan tanpa harus bongkar bongkar dan dalam waktu 20 menit.

  1. Pembersihnan ruangan didalam mobil.

Tidak semua bengkel ac mobil memiliki alat yang dapat membersihkan kuman/ virus yang ada di dalam interior mobil. Mereka hanya berfokus untuk mendinginkan ac mobil anda.

Untuk treatment ini menjadi salah satu yang digemari oleh custumer dokter mobil. Di mana proses Fogging dapat membuat udara di mobil lebih enak dan bersih. Sehingga udara yang masuk bersih dan udara yang dihirup pun menjadi lebih bersih.

  1. Air Radiator

Kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh pemilik mobil adalah proses pengisian air radiator dengan air minum.

Mengapa salah ? karena air radiator membutuhkan coolant yang baik berkisar -30 sampai dengan – 50 ( titik didih )

Bayangkan jika yang di isi air biasa ? maka coolant akan cepat habis karena air nya menguap. ( seperti anda masak air ), lama kelamaan pemilik mobil tidak tahu bahwa Coolant nya sudah di bawah batas rata rata. Sehingga habis dan mobilpun MOGOK.

Alat yang digunakan untuk mengukur titik didih dari coolant adalah Reflectormeter ( ada di dokter mobil ), dengan adanya coolant yang baik maka meskipun mesin dalam keadaan panas coolant nya tidak akan berkurang banyak.

Standar coolant yang baik bisa di dapatkan didokter mobil, setelah proses penggantian coolant maka suhu ac mobil anda lebih dingin, tarikan lebih enteng dan pasti nya radiator mobil anda akan bebas dari tersumbat.

Demikian tips dan trik yang dapat di pakai dalam memilih tempat service / servis ac mobil yang baik dikota anda. Tetapi untuk pemilik mobil yang dikotanya terdapat dokter mobil dapat langsung mampir.

Jaman sekarang sudah masanya untuk treatment mobil anda tanpa bongkar. Dan itu hanya ada di dokter mobil.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author