Berbagai Fungsi Bagian Mesin Tune Up Mobil | Dokter Mobil
 
Posted by admin bengkel mobil, Mesin

Berbagai Fungsi Bagian Mesin Tune Up Mobil

mesin-mobil

mesin-mobil

Berbagai fungsi bagian mesin tune up mobil. Bagi Anda pemilik mobil, ada satu kewajiban yang perlu dilakukan sebagai bentuk pemeliharaan mesin mobil Anda. Selain servis besar, ada pula servis tune up yang perlu dilakukan dengan teliti dan berkala. Tune up berfungsi memeriksa, menyetel dan mengembalikan kondisi mesin dari kendaraan ke keadaan semula. Maka dari itu, tune up mobil tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus melalui beberapa tahapan. Beberapa mobil memang memiliki jenis mesin yang berbeda, akan tetapi biasanya sebagian besar memiliki bagian yang secara umum sama. Berikut komponen utama yang perlu tune up dan fungsinya.

  • Filter Udara

Filter udara menyaring debu dan kotoran lainnya yang terkandung di dalam udara, sehingga debu dan kotoran tersebut tidak dapat masuk ke dalam karburator dan silinder mesin. Apabila filter tersumbat kotoran, aliran udara akan terbatas yang mengakibatkan terganggunya kerja karburator. Filter Udara dibagi menjadi dua yaitu: filter udara kering dan filter udara basah.

  • Tali Kipas

Tali kipas berfungsi meneruskan tenaga mesin dari puli poros engkol untuk menggerakkan bagian bagian pembantu mesin yang lain, seperti pompa air, kipas dan alternator. Biasanya tali kipas baru masih elastis, tetapi elastisitasnya lama kelamaan akan hilang setelah dipergunakan.

  • Oli

Oli dengan sifatnya yang kental dan halus, tidak hanya sekedar mengurangi aus dan gesekan pada piston (torak), bantalan dan bagian bagian yang berputar. Oli juga membantu menahan suhu tinggi, gas bertekanan tinggi maupun membantu memindahkan panas dari bagian yang bersuhu tinggi ke karter (panci oli) selanjutnya dipindahkan ke udara luar. Oli lama kelamaan kehilangan efektifitasnya dan karena itu harus diganti secara periodik. Sama halnya dengan saringan oli.

  • Celah Katup

Celah katup (clearance) terletak diantara katup katup dalam keadaan tertutup dan tuas (roker). Dengan celah ini, katup akan kembali ke dudukannya tanpa ganguan selama mesin bekerja walaupun terdapat pemuaian dari komponen tertentu.

  • Pengapian

Mesin bensin bekerja dengan pembakaran bensin dan campuran udara yang ditekan setelah langkah hisap serta terbakar oleh bunga api busi. Bunga api yang menyebabkan letusan disebut pengapian dan diatur oleh pembukaan platina dalam distributor.Waktu pengapian harus diatur sedemikan rupa sehingga tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat sebab akan menurunkan efisiensi mesin.

 Sebelum melakukan tune up mobil, itulah bagian yang perlu Anda ketahui supaya semakin familiar dengan prosesnya. Sementara eksekusi secara mendetail cukup Anda serahkan pada bengkel kepercayaan.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author