Cara Kerja AC Mobil Dan Komponen Sistem Pada AC | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Cara Kerja AC Mobil Dan Komponen Sistem Pada AC

cara-kerja-ac-mobil-dan-komponen-sistem-pada-ac

cara-kerja-ac-mobil-dan-komponen-sistem-pada-ac

Pada dasarnya prinsip kerja AC Mobil sama dengan sistem-sistem AC Mobil yang lain. Prinsip kerja tersebut sama seperti heat exchanger yang lain. Pada setiap prinsip kerja heat exchanger pasti ada perubahan / perbedaan tekanan, hal tersebut bisa menyebabkan perbedaan temperatur, kondisi seperti itu sama dengan yang terjadi pada prinsip AC. Agar pengaruh perubahan tekanan dapat menghasilkan perubahan temperatur yang sesuai sehingga digunakanlah media pendingin pada sistem AC, kebanyakan sistem AC menggunakan media pendingin Refrigerant atau istilah lainnya adalah Freon.

Komponen-komponen sistem AC

Sebelum berbicara tentang cara kerja sistem AC Mobil, terlebih dahulu kita harus mengenal komponen-komponen AC Mobil. Adapun komponen-komponen pembentuk sistem AC Mobil adalah sebagai berikut.

 

  •  Filter / Dryer
  •  Kompressor
  •  Kondensor
  •  Evaporator
  •  Katup Expansi

Cara kerja sistem AC Mobil

Seperti telah dijelaskan fungsi dari komponen-komponen sistem AC di atas, cara kerja dari sistem AC adalah penggabungan dari fungsi masing-masing komponen tersebut.

Adapun cara kerja dari sistem AC Mobil adalah sebagai berikut:

Kompresor yang digerakan oleh tenaga mesin mobil tersebut, memompa dan melakukan sirkulasi media pendingin / Refrigerant / Freon yang masih berbentuk Gas masuk ke dalam sistem dengan tekanan tertentu.

Selanjutnya media pendingin tersebut dialirkan ke kondensor, di kondensor media pendingin dilakukan pendinginan dengan jalan melepas panas ke udara luar lewat sirip-sirip kondensor. Dikarenakan temperaturnya menurun maka media pendingin yang sebelumnya berbentuk gas dari kompresor akan berubah menjadi media pendingin berbentuk cair.

Selanjutnya media pendingin tersebut dialirkan ke Filter / Dryer untuk dilakukan penyaringan ataupun pengeringan terhadap uap air yang ikut beredar di dalam sistem. Media pendingin yang sudah difilter di alirkan ke katup expansi yang bertugas untuk menurunkan tekanan media pendingin, karena tekanan turun maka otomatis temperatur juga menurun, akibat dari penurunan tekanan media pendingin berubah menjadi kabut dengan temperatur yang rendah.

Media pendingin yang sudah menurun tekanan dan temperaturnya dialirkan ke evaporator, akibatnya evaporator menjadi dingin, udara yang mengalir melalui sirip-sirip evaporator sehingga panasnya diserap sehingga temperatur udara tersebut menjadi turun. Udara yang sudah menurun temperaturnya dialirkan kedalam ruang kendaraan sehingga terasa sejuk. Sementara itu di dala evaporator terjadi perubahan pola bentuk pada media pendingin, yang semula berbentuk kabut dari katup expansi berubah menjadi gas pada evaporator.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *