Cara Melakukan Tune Up Mobil Avanza | Dokter Mobil
 
Posted by admin bengkel mobil, Mesin

Cara Melakukan Tune Up Mobil Avanza

tune-up-avanza

tune-up-avanza

Inilah cara melakukan tune up mobil avanza. Sebagai pemilik mobil, pastinya Anda harus tahu seluk mobil sendiri. Selain penggunaannya, hal penting yang tidak boleh terlupakan adalah pemeliharaannya. Jika mobil dibiarkan tanpa pemeliharaan rutin, bisa dipastikan kondisi mobil tidak akan prima dan bertahan lama. Pemeliharaan rutin yang umum dilakukan adalah tune up, biasanya enam bulan sampai setahun sekali.

Bengkel tune up memberikan layanan lengkap yang pastinya sudah mengetahui segala macam tentang mesin. Meskipun begitu tidak ada salahnya Anda memahami pengerjaan tune up mobil supaya lebih bisa berkonsultasi dengan mekanik. Nah, bagi Anda pemilik mobil Toyota Avanza berikut ini ada langkah tune up mobil yang perlu Anda ketahui.

Membersihkan filter udara. Langkah pertama adalah membuka penutup filter udara dengan cara membuka klip-klip pengikat yang ada. Jika terlalu kotor dan tak bisa lagi dibersihkan biasanya perlu diganti yang baru. Filter yang kotor hanya akan menghambat saluran dan debit udara yang masuk. Bisa mengakibatkan konsumsi bahan bakar semakin tidak ekonomis, karena injakan pada pedal gas akan lebih dalam.

Membersihkan lubang throttle body.Biasanya akan terlihat jelaga hitam di seputar skep kupu-kupunya. Dibersihkan dengan cara disemprot memakai carburator cleaner. Guna menghilangkan jelaga yang sudah mengeras, perlu digunakan kain yang sudah disemprot pembersih karburator. Hasil maksimal bisa didapat denganmenggunakan engine conditioner, tetapi ongkosnya agak lebih mahal.

Mengganti atau memeriksa kondisi busi yang ada.Posisi busi terletak ditengah dan tertutup rumah saringan udara, maka harus dengan mengeluarkan tenaga ekstra. Semua baut yang mengikat rumah saringan udara tersebut perlu dibuka dengan kunci 10 mm. Terdapat tiga slang dan tiga soket sensor yang harus dilepas dan diperlukan kewaspadaan, begitu juga dengan membuka koil. Hal terpenting posisi kunci harus mati supaya tidak ada aliran listrik. Jika sudah terlalu banyak jelaga pada ground electrode dan juga center electrode, lebih baik diganti baru saja.Setelah semua proses ringan tersebut, saatnya untuk kembali merangkai dan mengetes dengan menyalakan mesin.

 Itulah langkah sederhana yang paling utama dari tune up mobil Toyota Avanza. Meski terbilang mudah, akan tetapi perlu ketelitian dan keahlian khusus. Anda bisa menanyakan lebih jauh mengenai kendaraan Anda pada mekanik langganan. Jangan lupa untuk perhatikan kualitas suku cadang yang memang perlu diganti, pastikan untuk selalu menggunakan yang asli dan terpercaya.

“Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author