Cara Melindungi dan Merawat Transmisi Mobil Matic | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Cara Melindungi dan Merawat Transmisi Mobil Matic

transmisi-mobil-matic

transmisi-mobil-matic

Cara melindungi dan merawat transmisi mobil Matic karena sangat rentan akan kerusakan terutama di bagian mesin dan transmisi. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk selalu merawat mobil matic. Sebagian besar produksi mobil di era sekarang sudah banyak yang mengusung transmisi matic. Mobil ini menjadi idola di kalangan banyak orang karena penggunaannya yang mudah dan memberikan kenyamanan. Namun di balik kelebihannya ada cara yang memang harus dilakukan atas pemeliharaannya. Mobil matic sangat rentan akan kerusakan terutama dibagian mesin dan transmisi. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk selalu merawat mobil matic Anda agar tidak mengalami masalah yang serius dikemudian hari.

  1. Panasi mesin mobil sebelum anda bepergian

Kedengarannya memang sepele, akan tetapi jika Anda mengabaikannya lama kelamaan akan menjadikan mesin mobil matic semakin terganggu. Lakukan pemanasan setiap pagi terutama sebelum Anda mengendarainya. Pastikan tuas transmisi mobil matic anda berada di posisi N (netral) saat mesin mobil dipanasi.

  1. Penggunaan persneling dengan benar

Perawatan yang selanjutnya adalah Anda perlu teliti ketika menggunakan perseneling. Hindari menggunakan perseneling ā€˜Pā€™ di saat keadaan mobil matic belum benar-benar berhenti dan hindari memasukkan perseneling ā€˜Dā€™ saat Anda memarkirkan mobil, jika hal tersebut dilakukan dengan terus menerus maka akan menjadikan kerusakan dibagian perseneling mobil Anda. Selalu pastikan tuas transmisi berada diposisi P ketika memarkirkan mobil matic.

  1. Lakukanlah uji jalan

Sebaiknya lakukan uji jalan mobil matic anda setiap beberapa bulan sekali. Caranya yaitu jalankan mobil Anda seperti biasa dan kemudian coba pindahkan perseneling. Langkah tersebut harus Anda rasakan dan cermati dengan seksama, jika dalam perpindahan persneling terdapat suara bising serta mobil sedikit agak tergoncang, maka ada kemungkinan mobil maticbermasalah di bagian transmisi.

  1. Ganti oli dengan teratur

Gunakan oli yang khusus untuk mobil matic yang disebut juga automatic transmision fluid. Adapun rekomendasi dalam pergantian oli adalah setiap jarak tempuh 80.000 km hingga sampai 100.000 km.Mengganti oli dengan teratur sangat penting dalam perawatan mobil matic, apalagi jika sering dibawa dalam jarak jauh.

Demikianlah sedikit ulasan tentang tips merawat mobil matic, semoga bermanfaat bagi Anda khususnya bagi yang memiliki mobil matic baru. Jangan lupa untuk membaca buku panduan tentang mobil matic yang berisi tentang cara perawatan mobil matic yang baik dan benar. Segera hubungi mekanik kepercayaan Anda jika memang menemui masalah pada mobil matic, terutama pada bagian transmisi. Kerusakan bisa sangat berbahaya dan fatal jika tidak segera ditangani.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

About Author