Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil

cara-membersihkan-evaporator-ac-mobil

cara-membersihkan-evaporator-ac-mobil

Membersihkan AC mobil sendiri sebenarnya gampang-gampang susah untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan tidak semua komponen dari rangkaian AC Mobil dapat dibongkar dan dibersihkan oleh kita yang awam terhadap bagian-bagian AC mobil. Namun jika tidak dibersihkan dengan benar, sirkulasi udara pada AC akan menjadi cepat kotor. Akibatnya, AC mobil berbau, performa mendinginkan kabin juga dapat menurun.

Cara Bersihkan Evaporator AC Mobil

Untuk membersihkan evaporator dengan memakai cairan pembersih, ada beberapa langkah yang dapat di lakukan. Berikut langkah-langkahnya.

  •  Buka Filter AC Mobil Saudara

Untuk langkah awal, matikan mobil saudara terlebih dahulu. Kemudian cari lokasi lubang hisap udara AC dan letak filter udaranya. Jika AC mobil adalah bawaan pabrik, maka saudara dapat mencarinya di buku manual mobil saudara. Biasanya, filter AC mobil ini terletak di glove box bagian belakang. Perhatikan langkah membuka filter yang ada di manual book agar tak mengganggu keberadaan komponen AC lainnya. Setelah dilepas, perhatikan jika filter sudah kotor dan harus diganti.

Lalu, kocok-kocok kaleng spray cairan pembersih evaporator. Lalu sisipkan selang sprayer agar dapat mendekati blower AC. Tujuannya adalah agar foam yang mau disemprotkan nantinya terarah dengan benar ke bagian blower.

  •  Nyalakan dan Setting AC Mobil

Jika saudara sudah dapat memposisikan spray hingga siap untuk disemprot ke blower, maka nyalakan mesin mobil saudara. Kemudian nyalakan AC dan setting dengan suhu paling rendah serta udara atau tiupan blower paling kencang. Jika mobil saudara double blower, nyalakan juga dengan cara yang sama. Jangan lupa untuk membuka seluruh kisi-kisi atau ventilasi AC serta jendela mobil saudara.

  •  Semprotkan Cairan untuk Pembersih Evaporator

Setelah semua siap pastikan selang semprotan sprayer sudah tepat menghadap ke blower, lalu semprotkan cairan pembersih sampai habis. Cairan pembersih evaporator ini akan berbentuk foam pada saat digunakan. Jika saat semprot cairan ini keluar air dari ventilator AC mobil saudara, maka diamkan saja. Setelah foam cairan pembersih disemprotkan hingga habis, maka biarkan saja AC dan mobil menyala sekitar 10 – 15 menit. Sementara itu, saudara dapat membersihkan air yang keluar dari ventilator tersebut.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author