Inilah tips cara Memeriksa Kompresor AC Mobil | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Inilah tips cara Memeriksa Kompresor AC Mobil

kompresor-ac-mobil

kompresor-ac-mobil

Inilah tips cara memeriksa kompresor AC mobil karena di dalam sistem AC mobil merupakan gabungan beberapa peralatan atau komponen yang bekerja sehingga Anda bisa mengatur suhu kabin dan menghasilkan udara dingin pada kabin mobil. Berikut adalah tips pengecekan AC mobil sederhana sebelum Anda membawa ke bengkel AC mobil kepercayaan Anda.

Kondisi Kerja Kompresor AC Mobil

Periksa kondisi fisik, apakah terdapat oli yang menempel pada dinding kompressor, kalau ada berarti terjadi kebocoran pada kompressor, tetapi juga perlu untuk mencari tahu dari mana datangnya oli apakah dari kompresor ataukah dari mesin.

Bagian bagian dari kompressor AC yang biasa menjadi penyebab bocor freon yang bercampur dengan oli diantaranya pada packing antara front cover dan back cover, sambungan pipa AC pada kompresor baik pipa low maupun pipa high, relieve valve atau seal shaft compressor. Sedangkan pemeriksaan kerja kompressor AC dalam memompa refrigerant bisa dilihat dengan menggunakan manometer gauge AC mobil.

Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Pemeriksaan untuk kopling magnet ini bisa dilihat secara fisik diantaranya armature assembly atau center piece tertarik oleh magnet ketika AC hidup, perhatikan gerakan saat terhubung apakah langsung terhubung atau selip terlebih dahulu. Perhatikan pula bunyi saat terhubung apakah terdengar keras atau lemah. Saat terhubung terdengar bunyi keras besi sama besi berati telah terjadi keausan permukaan armature assembly dengan permukaan puli, atau terdapat jarak atau celah yang terlalu jauh.

Pemeriksaan Kondensor AC

Secara fisik pemeriksaan kondensor AC bisa di lakukan dengan melihat sirip-sirip pada kondensor apakah ada terdapat basah oli AC yang menandakan terdapat kebocoran pada kondensor serta periksa apakah ada terlihat sirip tertekuk atau kotoran yang mengurangi pendinginan kondensor.

Pemeriksaan Receiver Drier

Receiver drier ini berfungsi untuk menyaring kotoran agar tidak lolos ke katup ekspansi, untuk AC mobil dengan tipe receiver drier yang terpisah dari kondensor dilengkapi dengan sight glass dan pressure switch. Pemeriksaan receiver drier tipe terpisah dengan kondensor yang kebanyakan bertipe T atau tipe L, periksa juga dari kemungkinan bekas oli AC di sekitar sambungan IN dan OUT karena pada bagian ini sering juga terjadi kebocoran freon atau oli AC karena sil yang mengeras atau pun sambungan pipa AC yang terhubung kurang keras.

Jika memang menghadapi masalah pada AC mobil bawalah ke bengkel terpercaya yang paham mengenai kebutuhan serta keluhan Anda.

Tags: , , , , ,

About Author