Cara Memperbaiki Radiator Mobil Bocor | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Cara Memperbaiki Radiator Mobil Bocor

cara-memperbaiki-radiator-mobil-bocor

cara-memperbaiki-radiator-mobil-bocor

Salah satu alat transportasi yang sering dipergunakan dan dapat menampung banyak penumpang adalah mobil. Agar mobil tetap dingin dan nyaman digunakan karena mesin mobil yang tidak cepat panas, maka diperlukan radiator yang tetap dapat berjalan dengan baik dan berfungsi maksimal. Radiator merupakan salah satu komponen dari sistem pendingin di mobil dan berada di bagian depan kendaraan. Radiator berfungsi untuk mendinginkan air pendingin yang telah berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil.

Radiator harus selalu dicek dan sehingga dapat meminimalkan masalah pada mobil. Beberapa faktor yang membuat radiator mengalami kebocoran adalah karena sudah berkarat atau korosi dan tidak diganti serta karena usia pemakaian yang sudah lama. Untuk penanganannya biasanya ditambah kembali dan disertai dengan servis atau biasa disebut juga sebagai korok radiator atau radiator dibersihkan.

Pada dasarnya, terdapat 2 cara untuk menambal radiator yang bocor yaitu secara temporer atau sementara dan secara permanen atau tetap. Penambalan temporer dapat Anda lakukan apabila Anda mengalami kebocoran radiator di suatu tempat dan harus melakukan penambalan sementara tidak ada tempat yang melayani untuk penambalan radiator. Langkah pertama untuk penambalan radiator adalah dengan mencari lokasi kebocoran terlebih dahulu. Jika saat kap mobil dibuka dan Anda mengeceknya lalu terdapat uap, maka di tempat tersebutlah terjadi kebocoran. Namun, jangan langsung memegangnya karena akan membayangkan Anda. tunggu hingga mesin mobil dingin terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya untuk penambalan temporer untuk radiator yang bocor yaitu:

  • Gunakan bubuk merica dan masukkan ke lubang yang bocor. Jika lubang cukup besar, Anda dapat memasukkan putih telur kedalamnya. Akan tetapi, gunakan secukupnya dan hanya sebatas untuk menutup kebocoran tersebut. Sebab, jika terlalu banyak dapat menjadi kotoran di radiator yang akan mengganggu sirkulasi air.
  • Merica tersebut akan mengembang dan mengeras sehingga dapat menutup kebocoran dan putih telur dapat menyumbat lubang kebocoran tersebut.
  • Nyalakan mesin dan panaskan sebentar.
  • Cek apakah masih keluar uapnya dan jika masih, ulangi cara diatas.

Penambalan sementara tersebut dapat membantu Anda hingga Anda menemukan bengkel radiator yang dapat melakukan penambalan secara permanen. Langkah awal untuk penambalan secara permanen sama dengan penambalan temporer yaitu dengan membuka kap mobil dan mengecek bagian yang mengalami kebocoran. Namun, untuk pengecekan, sebaiknya mesin mobil harus dipanaskan terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya untuk penambalan permanen yaitu:

  • Tandai bagian yang mengalami kebocoran.
  • Biarkan mobil Anda mendingin terlebih dahulu.
  • Lepaskan radiator dengan melepaskan baut pengunci di dudukan radiator dan lepas selang saluran air radiator.
  • Siapkan material penambal misalnya dempul, resin fiberglass, body plastik atau eposi untuk menambal. Agar lebih awet, sebaiknya gunakan kuningan atau logam tembaga yang dipanaskan.
  • Periksa apakah sudah tertambal dengan baik atau belum. Cara mengeceknya dengan memasukkan tekanan udara dari kompresor dan masukkan radiator ke air, jika ada gelembung, berarti masih ada yang bocor.
  • Jika sudah, pasang kembali radiator mobil Anda.

Penambalan secara permanen sebaiknya dilakukan oleh orang yang telah ahli di bidangnya misalnya yang bekerja di bengkel. Hal tersebut dikarenakan, jika penambalan tidak sempurna, akan membuat fungsi radiator Anda menjadi kurang maksimal. Hasilnya, mesin mobil Anda menjadi lebih mudah panas dan akan membuat mobil menjadi rusak dan performa yang menurun drastis. Jika Anda berada di sekitar Kelapa Gading, Anda dapat pergi ke Dokter Mobil di Jl. Boulevard Raya Blok QJ3 No.2, Jakarta Utara untuk mendapatkan penanganan yang profesional!

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author