Langkah dan Cara Mengatasi AC Mobil yang Bau dengan Benar
 
Posted by Mekanik Juan AC, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Langkah dan Cara Mengatasi AC Mobil Yang Bau dengan Benar

Ada banyak panduan cara mengatasi AC mobil yang bau. Namun sebenarnya anda tak boleh melakukannya dengan sembarangan. Mengapa?

Sebelum mengetahui cara tersebut, sebaiknya andapun mengetahui apa sebenarnya penyebab munculnya bau pada AC mobil. Dengan mengetahui hal tersebut, akan lebih mudah untuk:

  • Mencari solusi terbaik mengatasi AC mobil bau
  • Mencegah kembalinya masalah bau di AC mobil anda.

 

Penyebab AC Mobil Bau

Ada cukup banyak faktor yang menyebabkan AC mobil anda bau. Dan setiap faktor penyebab ini harus diatasi dengan segera. Alasannya sangatlah sederhana, karena jika dibiarkan, bau tersebut dapat membawa kuman penyakit yang membahayakan kesehatan anda.

Adapun beberapa penyeba masalah bau tersebut di antaranya adalah:

Evaporator AC Mobil Kotor

Merupakan faktor penyebab utama AC mobil bau. Biasanya terjadi karena anda jarang melakukan cuci AC mobil. Evaporator yang kotor akan menyebabkan 3 masalah, yaitu:

  • AC mobil menjadi tidak dingin dan hanya keluar angin
  • AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap
  • AC mobil membawa kuman penyakit.
Adanya Kebocoran

Kebocoran di AC mobil dapat menyebabkan munculnya bau. Kebocoran tersebut seperti kebocoran freon, kebocoran oli kompressor, maupun kebocoran saluran pembuangan asap mobil.

Kebocoran ini memang tidak membawa kuman penyakit, namun udara bau yang dihasilkan akan membawa zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan anda. Gejala yang ditimbulkan di antaranya adalah:

  • Mual dan pusing
  • Sesak nafas
  • dan Kanker

Kebocoran ini harus diselesaikan dengan segera. Karena tidak hanya menyebabkan masalah kesehatan, namun juga dapat merusak mobil anda secara keseluruhan.

Kerusakan pada Part Mobil

Adanya part mobil yang rusak juga dapat menjadi sumber masalah adanya bau pada AC mobil anda. Dan jika dibiarkan, resiko terjadinya kerusakan atau bahkan kecelakaan mobil mungkin saja terjadi.

Lihat Juga: AC Mobil Bau Tak Sedap

Contohnya adalah kabel yang terbakar dan menyebabkan AC mobil bau kabel terbakar. Atau adanya bangkai hewan di dalam mesin mobil. Sehingga bau tersebut menyebar ke komponen AC mobil.

Lantas apa solusi dan cara mengatasi AC mobil yang bau tersebut?

Cara Mengatasi AC Mobil Yang Bau

Adapun cara untuk mengatasi bau di AC mobil haruslah sesuai dengan penyebab masalah. Hal ini perlu agar anda tidak perlu bolak-balik mengatasi masalah. Langkah perbaikan tersebut meliputi:

  • Tentukan Penyebab Masalah

    Untuk menentukan penyebab masalah, pastikan anda mengetahui jenis bau yang muncul dari AC mobil anda. Jika bau freon, maka kemungkinan besar ada kebocoran freon. Jika ada bau seperti debu, maka kemungkinan evaporator mobil anda kotor, atau dashboard anda sudah cukup berdebu.

  • Lakukan Perbaikan pada Komponen yang Bermasalah

    Jika ada part yang rusak, atau ada titik kebocoran, maka masalah tersebut harus diatasi terlebih dahulu. Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan penambalan kebocoran, pengencangan seal, atau bahkan penggantian part.

  • Cuci AC Mobil Anda

    Langkah dan cara mengatasi AC mobil yang bau selanjutnya adalah dengan cuci AC mobil. Dengan pencucian ini, dashboard, evaporator, dan komponen lain AC mobil akan dibersihkan. Sehingga debu-debu yang mencemari udara dari kondensor AC mobil dapat dihilangkan.

  • Lakukan Flushing AC Mobil

    Cuci AC saja tidak cukup. karena kotornya AC mobil mungkin tak hanya di bagian luarnya. Bisa jadi kompresor dan saluran freon AC mobil anda juga kotor. Oleh sebab itu, flushing diperlukan untuk mengganti oli kompresor, freon AC, dan membersihkan dalaman mesin kompresor AC mobil.

    Dengan melakukan flushing, kinerja kompresor AC mobil akan lebih maksimal. Dan biasanya AC mobil juga akan jadi lebih dingin.

  • Fogging

    Langkah terakhir dan juga yang sangat penting dalam mengatasi AC mobil yang bau adalah dengan melakukan fogging. Walaupun anda sudah melakukan semua cara untuk membersihkan bau pada AC mobil, namun itu belumlah cukup.

    Cara mengatasi AC mobil yang bau dengan benar adalah jika anda juga mengatasi kuman penyakit yang kemungkinan besar masih menempel di dinding-dinging komponen AC mobil. Dan fogging Dokter Mobil adalah solusinya.

Sekilas tentang fogging Dokter Mobil, pengasapan ini tidak hanya menghilangkan bau namun juga membunuh bakteri, virus, kuman, jamur, dan berbagai penyebab penyakit lainnya. Hal ini dapat dilakukan karena formula khusus pada cairan fogging Dokter Mobil yang aman bagi kesehatan, namun dapat membunuh bakteri penyebab penyakit dengan sangat ampuh.

Itulah beberapa langkah dan cara mengatasi AC mobil yang bau tak sedap. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk kita semua.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *