Cara Mengatasi Kebocoran Pada AC Mobil | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Cara Mengatasi Kebocoran Pada AC Mobil

ac-mobil-bocor

ac-mobil-bocor

Cara mengatasi kebocoran pada ac mobil umumnya bengkel melakukan tambal pada bagian evaporator yang bocor, tetapi bila sudah parah tidak dapat ditambal. Selain kondisi tidak dingin dan mengeluarkan bau tidak sedap, kebocoran pada AC mobil merupakan kerusakan yang bisa dibilang paling sering terjadi pada kendaraan Anda. Hal ini terjadi bisa disebabkan oleh faktor usia suku cadang komponen AC mobil maupun karena faktor salah prosedur instalasi dan juga pemakaiannya.

Berikut ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kebocoran, penyebab kerusakan dan perbaikan kebocoran.

  • Kebocoran pada komponen AC mobil paling sering terjadi pada bagian evaporator AC (cooling coil), seal-seal dan juga pipa ataupun selangnya. Evaporator pada komponen AC mobil bertugas menghantarkan dingin kedalam kabin mobil memiliki kelemahan mudah bocor atau keropos.
  • Terkadang juga kebanyakan orang salah persepsi bahwa pemakaian AC mobil yang jarang dapat membuat AC mobil dapat bertahan lama atau awet, tetapi hal ini sangatlah salah besar. Sebenarnya pemakaian yang sering justru akan membuat AC mobil Anda jauh lebih awet. Bila anda sering menggunakan AC mobil maka sirkulasi pada komponen AC mobil dapat terjadi dan tidak ada pengendapan gas pendingin (freon). Pada dasarnya prinsip kerja AC mobil adalah sirkulasi perputaran freon tersebut yang terus menerus terjadi selama AC mobil dinyalakan. Jarang menggunakan AC mobil akan berdampak mengendapnya gas freon terutama pada evaporator dan pengendapan tersebut akan mengakibatkan gas freon memuai dan membuat cooling coil mudah bocor (keropos).
  • Selain bocor pada cooling coil, kerusakan bocor yang lainnya terjadi pada seal, pipa ataupun selang. Bocor pada bagian seal umumnya terjadi karena seal yang berbahan karet lama kelamaan akan mengeras dan mengakibatkan tidak elastis dalam menjaga tekanan gas pendingin freon., begitu pula kerusakan bocor pada selang yang juga berbahan karet. Sedangkan bocor pada bagian pipa biasanya dikarenakan keropos atau adanya gesekan pipa pada bagian lain misalnya bodi mobil, pipa yang aus, ataupun rusak karena tabrakan. Perbaikan bocor faktor ini dapat diatasi dengan mengganti baru untuk seal, sementara pipa dapat disambung las ataupun mengganti dengan pipa yang baru.

Cara mengatasi kebocoran pada ac mobil umumnya bengkel melakukan tambal pada bagian evaporator yang bocor, tetapi bila sudah parah tidak dapat ditambal, sebaiknya langsung mengganti suku cadang cooling coil dengan yang baru dan sesuai asli bawaan mobil. Bawa segera AC mobil Anda ke bengkel jika memang memerlukan perbaikan, lakukan pemeliharaan secara rutin supaya tidak bermasalah.

“Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *