cara mengatasi kerusakan AC mobil dengan mudah dan cepat | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

cara mengatasi kerusakan AC mobil dengan mudah dan cepat

ac-mobil-rusak-parah

ac-mobil-rusak-parah

Inilah cara mengatasi kerusakan AC mobil dengan mudah dan cepat. Mungkin di antara pemilik mobil, pernah mengalami ketika angin AC mobil tidak mampu keluar atau angin AC yang keluar kecil dari dashboard AC mobil. Berdasarkan beberapa pengalaman selama ini ada dua macam kondisi angin AC mobil tidak keluar, yakni:

  1. Dari awal AC hidup memang sudah tidak keluar angin
  2. Awal AC hidup ada keluar angin tetapi lama kelamaan angin tidak keluar.

Tentu saja dari kedua hal di atas masing-masing memiliki penyebab berbeda. Pada kondisi pertama pada umumnya ada masalah di sistem elektrikal, biarkan bengke AC mobil mencari penyebab dan mengatasinya. Berikut uraian singkatnya.

  1. Periksa sekring yang berada di rumah fuse,akan lebih enak kalau fungsi sekring masih tertulis misal di tutup kotak sekring karena tidak perlu meraba sekring mana yang putus,tinggal di cari sekring AC-Blower atau ada mobil menggunakan nama sekring Heater.
  2. Langkah berikutnya periksa voltase atau tegangan di blower
  3. Setelah di cek kalau ternyata ada voltase atau tegangan di blower dari sini sudah bisa ditebak komponen yang memang rawan untuk rusak yaitu resistor blower.

Sementara di sisi lain jika masalahnya angin AC mobil keluar tetapi lama kelamaan berhenti keluar lewat grill AC di dashboard, kemungkinan penyebab utama disebabkan karena evaporator yang kotor, kotornya evaporator selain menghalangi aliran udara yang bisa dicek menggunakan airflow meter juga akan mempengaruhi cut off dari kompressor AC, sebab sensor temperatur di evaporator tidak akan tercapai suhu cut off.

Jika hal ini dibiarkan terjadi kompresor AC akan terus bekerja hingga lama kelamaan terbentuk gumpalan-gumpalan es di evaporator yang berakibat menghalangi hembusan udara dari blower. Sehingga angin tidak keluar dari grill AC di dashboard, tetapi jika didengarkan ada suara angin di dalam dashboard yang mengendap.

Jika terjadi permasalahan seperti ini bisa di lakukan tindakan sementara, yaitu menyetel suhu pengaturan pada posisi minimal artinya sama dengan mematikan kompresor AC terus arahkan kecepatan angin pada posisi maksimum supaya gumpalan es di evaporator mencair. Begitu es sudah mencair angin perlahan akan keluar lewat grill AC.

Pencegahan masalah di atas adalah saat menghidupkan AC usahakan setel temperatur kira-kira 3/4 dari setelan suhu aksimum atau ambil posisi maksimum di mana kompresor AC mampu untuk on dan off secara otomatis. Sedangkan evaporator AC sudah kotor langkahnya adalah di lakukan pembersihan, untuk AC mobil yang belum di lengkapi dengan saringan  evaporator lebih baik lagi kalau dipasang saringan evaporator atau filter kabin. Hubungi bengkel AC mobil.

“Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *