Cara mengetahui masalah ac mobil dan solusinya
 
Posted by admin AC

Cara Mengetahui Masalah AC Mobil dan Solusinya

penyebab-ac-mobil-rusak

Cara mengetahui masalah ac mobil dan solusinya karena sistem AC (air conditioner) merupakan salah satu perangkat yang wajib tersedia di mobil saat ini. Dengan adanya sistem AC, suhu udara dapat, dibersihkan, dihilangkan kelembabannya dan disirkulasikan ke seluruh area kabin mobil. Melalui cara ini pengemudi dan penumpang dapat merasa nyaman saat mengendarai mobil meskipun temperatur di luar mobil sedang panas. Di samping itu, pada saat hujan turun penggunaan AC akan mencegah terjadinya kabut menempel pada kaca yang dapat mengganggu jarak pandang pengemudi.

Akan tetapi, seiring dengan pemakaian AC mobil beberapa masalah di sistem AC muncul. Simak cara mengetahui masalah AC mobil dan solusinya sebagai berikut.

Mesin mati saat AC dihidupkan

Saat switch AC dihidupkan, kompresor AC bekerja dan menambah beban pada mesin. Demi mencegah agar putaran mesin tidak turun dan menjadi mati pada saat pedal gas tidak diinjak, maka dilengkapi dengan mekanisme idle up AC untuk menaikkan putaran mesin menjadi 850 -900 rpm. Jika ditemukan kondisi putaran mesin langsung turun saat switch AC dihidupkan, dapat dipastikan terdapat gangguan pada sistem idle up AC.

AC kurang dingin

Meski selektor temperatur AC sudah diputar pada tingkat maksimal, akan tetapi pengemudi maupun penumpang masih terasa gerah bahkan berkeringat. Hal ini dapat disebabkan beberapa hal, seperti jumlah cairan di sistem AC (freon) berkurang, pendinginan kondesor AC kurang maksimal, atau juga beban pendinginan yang melebihi dari kapasitas AC, misalnya penumpang penuh, dan adanya kebocoran udara dari karet pintu dan kaca.

Lantai menjadi basah karena tetesan setelah AC dihidupkan

Saat AC bekerja, kelembaban udara kabin akan diserap oleh evaporator dengan cara diembunkan. Kumpulan embun ini akan ditampung pada bagian bawah evaporator dan dikeluarkan melalui saluran pembuangan atau selang karet ke luar mobil. Hal ini dapat dilihat saat AC sedang hidup dan mobil sedang terparkir, ada tetesan air di lantai. Pada saat terjadi kebocoran pada saluran pembuangan seperti terlepas ataupun  tersumbat, cairan tidak dapat dikeluarkan dari dalam mobil, tetapi menetes di bagian karpet bawah dashboard.

Embusan udara kurang kencang

Saat AC bekerja, udara disirkulasikan oleh motor blower. Pada beberapa jenis kendaraan dilengkapi dengan filter AC untuk menyaring partikel debu, sehingga udara kabin menjadi lebih bersih. Jika selector blower sudah diposisikan tinggi, akan tetapi hembusan udara kurang kencang, dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti filter AC kotor, motor blower lemah, atau ada masalah pada resistor blower.

Bawa AC mobil ke bengkel jika memang ditemukan masalah yang mengganggu sebelum kerusakan lebih parah. Semoga informasi ini dapat membantu.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author