Cara Menjaga AC Mobil Tua Tetap Dingin dan Awet | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Cara Menjaga AC Mobil Tua Tetap Dingin dan Awet

cara-menjaga-ac-mobil-tua-tetap-dingin

cara-menjaga-ac-mobil-tua-tetap-dingin

Cara menjaga AC mobil tua tetap dingin dan awet karena AC mobil tua atau mobil klasik memiliki bagian yang berbeda dengan mobil yang lebih terkini. Mobil yang berusia muda tentunya memiliki perangkat yang masih baru dan berfungsi dengan lancar. Seiring berjalannya waktu, sesuai dengan penggunaan dan perawatan berbagai komponen mesin di dalamnya perlu perhatian yang lebih teliti. Hal itu tidak terkecuali bagi komponen AC mobil, pendingin kabin yang penting diperlukan bagi kenyamanan dalam perjalanan.

Anda perlu upgrade atau ganti satu unit AC mobil klasik dengan yang baru sebab sistem AC baru menggunakan gas freon yang lebih ramah lingkungan (R134a) tidak merusak ozon. Demi kelangsungan hidup generasi yang akan datang jika AC mobil klasik Anda masih menggunakan freon R12 maka perlu segera diganti.

Berikut ini akan diberikan beberapa tips untuk cara menjaga AC mobil tua tetap dingin dan awet, antara lain:

  • Membersihkan evaporator menggunakan sikat khusus agar proses penyerapan hawa panas di dalam mobil menjadi lebih sempurna, sehingga nanti AC tetap sejuk. Di evaporator terjadi perubahan bentuk refrigran menjadi gas sehingga mudah menyerap hawa panas yang ada di dalam mobil untuk dikembalikan lagi menuju kompresor dalam bentuk cair untuk dinaikkan tekanannya secara berulang dan terus menerus.
  • Menjaga kebersihan kondensor, jangan lupa untuk menyemprotkan air ke sirip-sirip kondensor supaya proses pendinginan pada kondensor berfungsi baik. Apabila kondisi kotor dibiarkan maka proses pendinginannya kurang sempurna akibatnya malah akan merusak seal karet pada sambungan di saluran pipanya.
  • Jangan hidupkan AC dalam keadaan kaca terbuka terlalu lama karena akan memberatkan kerja kompresor. Proses pendinginan pun akan lama dan justru akan membuat AC tidak maksimal dalam bekerja mendinginkan.
  • Pada AC mobil tua dan sering kurang dingin, sebaiknya cek komponen dan pipa saluran AC dengan cara mengoleskan cairan yang berbusa, misalnya sabun untuk mengecek kebocoran yang terjadi, setelah tahu segera konsultasikan dengan bengkel Anda minta segera diperbaiki.
  • Carilah bengkel AC mobil yang profesional dan terpercaya untuk pemeliharaan AC mobil Anda agar tidak merasa dibohongi.Misalnya terdapat promosi tambah freon 2 kg untuk jenis mobil sedan. Hal ini tidak mungkin padahal yang double blower saja paling hanya berkapasitas 1,5 kg.

Memiliki mobil klasik mungkin bisa menjadi pengalaman dan kebanggaan tersendiri bagi Anda. Maka dari itu, lakukan perawatan menyeluruh termasuk AC mobil dengan baik dan benar agar tetap tahan lama.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

About Author