Cara Merawat Mesin Mobil Diesel | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Cara Merawat Mesin Mobil Diesel

cara-merawat-mesin-mobil-diesel

cara-merawat-mesin-mobil-diesel

Cara merawat mesin mobil diesel memang memerlukan pengetahuan khusus. Sebuah mobil yang menggunakan mesin diesel memang dianggap sebagai mesin yang handal sekaligus irit konsumsi bahan bakarnya. Sehingga lebih sering memilih mesin diesel saat membeli mobil dibandingkan dengan jenis mesin lainnya. Meski menawarkan efisiensi biaya bahan bakar dan tenaga yang lebih besar mesin diesel ternyata membutuhkan perawatan yang lebih juga. Perawatan yang kurang tepat dan kurang diperhatikan bisa membuat usia mesin lebih pendek dari yang seharusnya.

Perawatan yang dimaksud sebenarnya tidak hanya sebatas pemberian service secara berkala namun juga perawatan di bidang lain. Perawatan yang bisa menjaga mesin diesel tetap prima ialah dengan memperhatikan bagaimana memakai mobil dengan benar. Seperti paham bagaimana mematikan mesin mobil setelah melakukan perjalanan panjang dan mesin dalam kondisi panas. Beberapa hal yang terlihat sepele dalam memperlakukan mobil ternyata bisa jadi berdampak cukup besar. Terhadap performa mesin mobil itu sendiri sehingga perlu diperhatikan dengan seksama.

Tips Merawat Mobil Bermesin Diesel

Bagi siapa saja yang menghendaki mobil kesayangan senantiasa memberikan performa terbaiknya, maka perlu memahami. Beberapa tips berikut untuk menjadikan mesin diesel lebih kuat dan tentunya tahan lama:

  1. Memanaskan mesin terlebih dahulu

Semua orang tentunya paham betul manfaat apa yang diperoleh dengan terbiasa memanaskan mobil atau kendaraan jenis lain sebelum digunakan. Pemanasan mesin sebelum digunakan bepergian, biasanya di pagi hari sebelum berangkat kerja, perlu diperhatikan. Pemanasan yang dilakukan akan membantu semua komponen mesin yang saling bergesekan terlumasi dengan baik dan merata. Sehingga resiko kerusakan akibat aus dapat dihindari sehingga lebih tahan lama sekaligus aman selama mengemudi.

  1. Memilih solar berkualitas baik

Menjaga mesin diesel pada mobil tetap terjaga performanya seperti baru bisa diusahakan dengan menggunakan solar berkualitas. Pilihlah solar dengan kandungan sulfur yang rendah sehingga tidak banyak sampah yang terkandung di dalamnya. Terutama jika kebetulan mesin diesel yang tertanam di mobil merupakan diesel berteknologi Common Rail Direct Injection. Kadar sulfur yang tinggi atau solar yang sudah terkontaminasi kotoran tertentu. Bisa menjadikan mesin mudah mati, sehingga sering macet, kemudian jalan mobil tersendat-sendat secara tiba-tiba.

  1. Mematikan mesin dengan benar

Banyak sekali pemilik mobil bermesin diesel yang tidak memperhatikan bagaimana cara mematikan mesin dengan benar. Dirasa cukup hanya dengan memperhatikan pemanasan saat hendak dipakai tanpa menghiraukan bagaimana menghentikan mobil tersebut. Mobil dengan mesin diesel umumnya akan lebih tahan lama ketika tidak langsung dimatikan saat berhenti. Ketika sudah masuk garasi sebaiknya menunggu beberapa detik, baru kemudian mematikan mesin. Cara seperti ini mencegah kerusakan pada beberapa komponen suplai energi listrik pada mobil.

  1. Mengisi solar tepat waktu

Mesin diesel mudah sekali mengalami kerusakan jika suplai solar atau bahan bakarnya tidak terpenuhi dengan baik. Pemilik mobil bermesin diesel sebaiknya rutin melihat speedometer untuk mengetahui berapa solar yang tersisa. Usahakan jangan menunggu solar habis baru diisi, namun minimal di tangki tinggal 1/3 dari kapasitas total segera diisi.

Perawatan terbaik kepada mesin diesel akan semakin maksimal jika menggunakan jasa Dokter Mobil yang memberikan pelayanan cepat dan profesional. Dokter Mobil mampu memperbaiki berbagai kerusakan sekaligus memberikan perawatan berkala sesuai kebutuhan mobil bermesin diesel. Menjadi pelanggan setia Dokter Mobil akan membantu menjaga performa mesin mobil tetap handal. Segera hubungi Dokter Mobil untuk menjadikan mesin diesel mobil kesayangan tetap berfungsi maksimal.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , ,

About Author