Cara Merawat Mesin Mobil yang Baik dan Benar | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Cara Merawat Mesin Mobil yang Baik dan Benar

cara-merawat-mesin-mobil-yang-baik-dan-benar

cara-merawat-mesin-mobil-yang-baik-dan-benar

Mobil merupakan kendaraan yang sangat vital bagi banyak orang. Anda yang memilikinya pasti tahu bahwa ada banyak kondisi di mana kebutuhan akan mobil sangatlah diperlukan banyak orang. Dari mengantarkan keluarga ke kantor atau tempat bekerja, hingga membawa mereka untuk bepergian ke luar kota, mobil adalah sarana transportasi yang sangat penting.

Karena itulah, Anda perlu merawatnya dengan sebaik-baiknya, terutama di bagian mesinnya untuk meningkatkan tenaga mesin mobil. Penggunaan yang salah, kebiasaan yang jelek, dan banyak lagi kesalahan lain bisa membuat mesin mobil menjadi mudah rusak, dan membuat perjalanan menjadi lebih berbahaya bagi Anda dan orang lain. Belum lagi banyaknya biaya yang harus dikeluarkan seandainya mobil mengalami kerusakan parah.

Cegah agar jangan sampai semua itu terjadi. Rawatlah mobil, terutama bagian mesin mobil dengan tepat, menggunakan cara berikut ini untuk merawat mesin mobil :

  1. Mengganti oli

Untuk setiap 3.000 sampai dengan jarak 5.000 mil, Anda harus mengganti oli secara berkala. Ini untuk mencegah terjadinya gesekan-gesekan yang berlebihan di dalam mesin, sehingga komponen di dalamnya menjadi sangat cepat aus. Oli akan melapisi bagian-bagian ini, dan membuatnya lebih terlindung. Usahakan juga untuk menjaga saringan oli agar tetap bersih dan tak ada ampas ketika Anda menuang olinya.

  1. Pemanasan rutin

Kalau mobil sering didiamkan alias tak digunakan dalam waktu yang lama, sebaiknya lakukan pemanasan tiap hari. Ini mencegah pengentalan cairan di mobil, yang akan menyumbat saluran-salurannya.

  1. Gunakan mobil ketika mesin sudah panas

Berbicara tentang pemanasan, baru gunakan mobil ketika mesin sudah dalam keadaan panas yang mencukupi. Dalam kondisi ini, oli sudah melumasi semua komponen, dan mesin pun akan bekerja lebih lancar. Jika dipaksakan berjalan sebelum panas, mobil bisa cepat rusak.

  1. Periksa radiator/coolant

Radiator sangat berguna agar mesin mobil tak panas berlebihan atau overheat. Meski penting bagi kelancaran jalan, panas mobil yang berlebih justru akan berbahaya bagi Anda. Jadi jagalah jangan sampai air radiator kosong melompong.

  1. Membersihkan filter karburasi

Mobil susah dihidupkan? Bisa jadi karena bagian filter karburasinya kotor. Anda harus membersihkannya secara berkala. Cukup dengan sikat gigi bekas agar kerak-kerak yang menempel bisa lepas. Tapi dalam prosesnya, jangan pakai kompresor atau pengering untuk membersihkannya, karena akan berakibat rusaknya filter.

  1. Bersihkan blok mesin

Masih terkait dengan pembersihan filter di atas, blok mesin di bawah mobil adalah bagian yang harus dibersihkan. Anda bisa menggunakan larutan pembersih dan engine degreaser, yang kemudian dikeringkan dengan lap katun.

  1. Pacu mobil

Jika digunakan dalam jangka waktu yang tertentu, akan timbul kerak di permukaan mesin mobil. Anda bisa mengatasinya dengan cara yang sedikit tak biasa, yaitu memacu mobil atau menginjak gas dengan cukup dalam, sehingga kerak-kerak bisa keluar lewat saluran pembuangan alias knalpot. Usahakan hanya lakukan ini di lapangan sepi dan bukan di jalan raya yang banyak kendaraan.

  1. Periksa timing belt

Yaitu sabuk untuk meneruskan putaran di roda-roda gigi, yang menyambung ke bagian internal mesin. Jika Anda mendengar suara dengungan berisik saat baru menjalankan mobil, berarti ada masalah di timing belt. Kalau dibiarkan, sabuk ini akan putus, membuat komponen mesin rusak, dan suplai listrik menjadi berkurang.

Jangan lupa lakukan tune up secara resmi di bengkel resmi mobil pada jadwal yang sudah ditentukan. Ada masalah? Anda yang di Jakarta bisa mengunjungi Dokter Mobil di Boulevard Raya Blok QJ3 No.2 Kelapa Gading, Jakarta Utara.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author