Cara Mudah Membersihkan Evaporator AC Mobil
 
Posted by admin AC

Cara Mudah Membersihkan Evaporator AC Mobil

cara-mudah-membersihkan-evaporator-ac-mobil

Tips dari Dokter Mobil cara mudah membersihkan evaporator AC mobil agar AC mobil tetap dingin. Tidak semua komponen dari rangkaian AC mobil dapat dibongkar dan dibersihkan oleh Anda yang awam terhadap aneka bagian AC mobil. Akan tetapi jika tidak dibersihkan dengan benar, sirkulasi udara pada AC akan menjadi cepat kotor. Hal ini akan mengakibatkan AC mobil berbau, dan yang paling umum performa mendinginkan kabin juga dapat menurun.

Salah satu bagian utama dari AC mobil adalah evaporator. Komponen ini berbentuk kotak dan berfungsi menurunkan suhu udara yang melaluinya supaya suhu tetap dingin. Evaporator memiliki bentuk ruang yang berliku, sehingga memudahkan terjadinya pengendapan kotoran hingga proses pendingian udara juga tidak akan maksimal. Indikasinya adalah AC yang berbau atau apek hingga hembusan blower terasa semakin melemah. Sebelum membawa AC mobil ke perawatan rutin di bengkel, lakukan langkah mudah sebagai berikut.

Buka Filter AC Mobil Anda

Siapkan pembersih evaporator terlebih dahulu. Matikan mobil Anda baru kemudian cari lokasi lubang hisap udara AC dan letak filter udaranya. Jika AC mobil adalah bawaan pabrik, maka anda dapat mencarinya di buku manual mobil Anda. Umumnya filter AC mobil ini terletak di sekitar atau di belakang glove box. Perhatikan langkah membuka filter yang ada di buku panduan agar tidak mengganggu keberadaan komponen AC lainnya. Setelah dilepas, perhatikan apakah filter masih bersih atau sudah kotor dan harus diganti. Selanjutnya, kocok kaleng cairan pembersih evaporator yang sudah disiapkan lalu sisipkan selang penyemprot agar dapat mendekati blower AC. Tujuannya adalah agar busa yang akan disemprotkan nantinya terarah dengan benar ke bagian blower.

Nyalakan AC Mobil

Jika Anda sudah dapat memposisikan semprotan hingga siap untuk menyemprot ke blower, maka nyalakan mesin mobil anda. Kemudian nyalakan AC dan atur dengan suhu paling dingin serta udara atau tiupan blower paling kencang. Jika memangAC mobil Anda double blower, nyalakan juga dengan setting yang sama. Buka semua kisi-kisi atau ventilasi AC serta jendela mobil Anda.

Semprotkan Cairan Pembersih Evaporator

Semprotkan cairan pembersih pada blower hingga habis. Cairan pembersih evaporator ini akan berbentuk busa saat digunakan jadi biarkan saja jika saat menyemprotkan cairan ini keluar air dari ventilator AC mobil Anda. Selanjutnya biarkan saja AC dan mobil menyala sekitar 10 sampai 15 menit. Sembari menunggu, Anda dapat membersihkan air yang keluar dari ventilator tersebut.

Itulah cara mudah membersihkan evaporator AC mobil. Jika memang AC belum terasa lebih dingin, sebaiknya serahkan pada bengkel AC mobil langganan Anda untuk diperiksa lebih lanjut. Jangan sekali-kali mengotak-atik sendiri karena justru bisa menyebabkan kerusakan.

Dokter Mobil,
Jalan Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 08788088457

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *