Cara Mudah Membuat Aki Mobil Tahan lama | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Cara Mudah Membuat Aki Mobil Tahan lama

cara-mudah-membuat-aki-mobil-tahan-lama

cara-mudah-membuat-aki-mobil-tahan-lama

Membuat Aki Mobil tahan lama – Aki menjadi bagian yang paling vital pada sebuah kendaraan baik mobil maupun motor karena komponen ini menyalurkan daya listrik ke berbagai penunjang di kendaraan seperti starter, lampu, klakson, dll. Namun sayangnya masih banyak yang berpendapat alat ini kurang begitu penting dan bahkan ada yang tidak pernah mengeceknya sama sekali. Padahal Aki harus sering dilakukan perawatan khusus supaya tetap awet serta berumur panjang.

Ciri-ciri aki sudah mulai bermasalah ialah cahaya dari lampu depan yang dihasilkan tidak terang sama sekali, lalu terkadang saat melakukan starter tidak mau mengangkat dan sering gagal start. Jika sudah terlambat seperti itu satu-satunya cara yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan adalah harus ganti dengan baru dan harganya pun mahal.

Supaya aki tetap awet ada beberapa tips yang bisa anda lakukan bagi pemilik kendaraan supaya tetap terjaga kualitasnya dan yang paling penting membuat pemilik merasa nyaman pada saat menggendarai. Ada banyak faktor kenapa aki bisa cepat tekor yaitu mulai dari jarang dilakukan perawatan sampai penggunaan yang salah.

Tips pertama dalam merawat aki adalah periksa terlebih dulu beberapa komponen yang ada di kendaraan anda misalnya saja bagian lampu, starter kontak, AC dan power window pada mobil. Jika setelah saudara periksa tidak mendapatkan masalah itu berarti aki dalam kondisi normal, namun apabila ada yang tidak beres maka dapat dipastikan kelistrikan di aki tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Berikutnya cek pada bagian kepala aki karena biasanya di tempat tersebut terdapat korosi atau kotoran sehingga menghambat listrik untuk menghantar ke berbagai komponen. Biasanya kepala aki tersebut menyebabkan karat karena terkena air atau bisa juga disebabkan sering melewati jalan yang berdebu.

Untuk membersihkannya anda cukup menyediakan air panas dan juga sikat gigi, cuci kepala aki menggunakan air panas tersebut lalu gosok dengan sikat gigi secara perlahan dan pastikan semua kotoran bisa hilang. Jika sudah benar-benar bersih keringkan terlebih dulu supaya sisa air yang menempel tidak menyebabkan korsleting. Bagi pemilik mobil harus mengetahui jenis aki apa yang ada di kendaraan anda. Di Indonesia sendiri biasanya terdapat dua jenis aki yaitu kering dan basah tentunya secara perawatan berbeda.

Yang terakhir adalah cara pemakaian khususnya di kendaraan mobil yang memerlukan daya lebih tinggi apalagi jika beberapa komponen nyala secara bersama sama, agar lebih hemat dan tidak cepat tekor sebaiknya seperti AC nyalakan ketika pada saat kondisi ruang dalam mobil panas saja dan matikan apabila dalam kondisi dingin.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *