Cara Mudah Mengatasi AC Mobil yang Tidak Dingin | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Cara Mudah Mengatasi AC Mobil yang Tidak Dingin

ac-mobil-tidak-dingin

ac-mobil-tidak-dingin

Cara Mudah Mengatasi AC Mobil yang Tidak Dingin karena saat ini AC mobil bukan hanya sekedar aksesoris atau perangkat tambahan saja. AC telah menjadi faktor cukup penting untuk sebuah mobil. Kala panas, pengendara cukup menyalakannya saja untuk mendapatkan udara lebih segar. Kala dingin, AC juga memiliki peran supaya kaca mobil tidak tertutup embun sehingga ada pertukaran udara yang stabil. Pendingin kabin ini juga bisa mengalami masalah jika tidak dirawat dengan benar dan rutin. Salah satu yang cukup sering adalah kondisi udara yang dihasilkan oleh AC tidak terasa dingin.

Sebelum menuju bengkel AC mobil, berikut 3 faktor utama yang mungkin membuat AC mobil kurang dingin:

  1. Usia AC sudah tua, mungkin lebih dari 7 tahun atau bisa lebih lama tergantung bagaimana cara Anda merawat AC dengan benar. Umumnya terjadi kebocoran pada karet-karet seal
  2. Cara instalasi yang kurang sempurna, baik instalasi AC itu sendiri maupun komponen kelistrikannya. Umumnya pada kegiatan bongkar pasang pemasangan sendiri bukan langsung dari pabrik.
  3. Faktor lain misalnya akibat kecelakaan sehingga selang-selang bocor atau menyebabkan kondensor rusak, dan masih banyak lagi.

Sistem kerja AC mobil secara umum adalah saat tombol ‘on / off’ pada AC mobil dijalankan maka ‘magnet clutch’ akan menekan kompresor dan akan memutarnya bekerja mengkompres atau menekan gas freon yang ada didalamnya sehingga bisa menuju ke tempat pendinginan (kondensor) yang kemudian masuk ke filter dryer. Adanya perbedaan tekanan dari ekspansi maka udara didalam ruangan akan terserap oleh gas freon melalui evaporator sehingga ruangan akan berkurang panasnya dan pada waktu tertentu akan menjadi sejuk.

Dari ketiga faktor utama di atas kecil kemungkinannya pada mobil baru yang berusia satu atau dua tahun. Maka dari itu jangan langsung percaya jika mekanik yang tidak jujur bilang pada Anda bahwa freon habis. Akibatnya malah Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk pembelian yang sia-sia.

Bila Anda mengalami AC mobil tidak dingin padahal sudah dinyalakan, kemungkinan besar yaitu faktor nomor 2. Hal ini bisa diatasi sendiri apakah ada arus listrik yang mengalir pada saat tombol AC sudah dinyalakan. Umumnya hanya sekring saja yang putus, jadi bisa Anda ganti sendiri.

Akan tetapi jika sudah melakukan pengecekan menyeluruh dan ternyata tidak ada gangguan kelistrikan, baru bisa melakukan pengecekan ulang pada bengkel kepercayaan Anda.

“Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author