Cara Mudah Perbaiki Kerusakan AC Mobil | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Cara Mudah Perbaiki Kerusakan AC Mobil

cara-mudah-merawat-ac-mobil-rusak

cara-mudah-merawat-ac-mobil-rusak

Cara mudah perbaiki kerusakan AC mMobil. Ketika AC mobil rusak, Anda pasti merasakan urgensi untuk segera memperbaikinya. Mengendarai mobil tanpa AC kini menjadi kenyamanan dan keamanan sendiri. Apalagi bagi pengendara di daerah perkotaan dengan banyak polusi dan suhu udara yang lebih panas. Beberapa gangguan bisa menyerang AC mobil Anda, di antaranya:

  1. AC mobil yang kurang dingin

Ketika menyalakan AC tetapi tidak dingin Anda dapat mengetahui penyebabnya, misalnya masalah pada kondensor, thermostat dan juga evaporator yang terjadi kebocoran. Dengan mengecek thermostat dapat menjadi cara mengatasi AC mobil. Hal ini dilakukan untuk memastikan Apakah masih berfungsi baik ataukah tidak, Apabila tidak berfungsi maka Anda bisa segera mengganti bagian ini.

  1. AC hidup tapi tidak dingin

Apabila hal tersebut terjadi pada Anda, misalnya saja AC mobil dalam keadaan hidup tetapi tidak bekerja seperti semestinya. Salah satu penyebabnya dapat disebabkan oleh, seperti adanya kerusakan kompresor, sekring, magnetic clutch, penyumbatan pada filter dryer, dan jugaevaporator.Cara memperbaiki AC Mobil tidak dingin dengan kasus seperti ini, yaitu dengan memeriksa bagian sekring atau fuse, kemudian periksa tekanan bagian pendingin apakah ada kebocoran. Jika memang terjadi kebocoran, maka Anda bisa mengetahui lokasi kebocoran dan bisa memperbaikinya. Kemudian Anda bisa melakukan vacuum kemudian tambah oli, lalu isi lagi menggunakan refrigerant baru

  1. Switch AC dengan kondisi ON,tetapibower tidak hidup

Jika  Anda menjumpai kasus switch AC ON tapi blower tidak hidup, maka Anda bisa melakukan cara memperbaiki AC mobil dengan cara memeriksa pada bagian komponen dari motor blower yang ada pada evaporator. Jika  terjadi kerusakan maka Anda bisa segera mengganti bagian motor blower evaporator tersebut. Selain itu, Anda dapatmengecek pada bagian aliran listrik di blower evaporator tadi. Apabila memang terjadi kabel yang putus Anda harus segera memperbaikinya.

  1. Tidak berfungsinya bagian kipas kondensor

Apabila kondensor AC tidak berfungsi seperti biasanya, maka akan menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin. Hal ini dikarenakan kalor yang akan dilepaskan oleh kondensor sendiri tidak bekerja secara maksimal. Adapun cara mengatasi AC mobil tidak dingin yaitu dengan memeriksa bagian sekring, kabel, konektor elektrik blower, dan socket kabel. Apabila ada yang rusak maka harus segera memperbaikinya. Anda juga bisa memeriksa bagian relay pada motor kipas, jika ada kerusakan maka Anda harus mengganti relay tersebut.

Sebelum membongkar AC mobil sendiri, ada baiknya membawa mobil ke bengkel saja supaya bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jangan lupa bawa mobil untuk perawatan rutin setidaknya 6 bulan sekali.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author