Cara Mudah Service AC Mobil Sendiri | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Cara Mudah Service AC Mobil Sendiri

cara-mudah-service-ac-mobil-sendiri

cara-mudah-service-ac-mobil-sendiri

Ini dia cara mudah service AC mobil sendiri. Tapi kalau anda tidak mau repot, bawa saja ke Dokter Mobil telepon (021) 4584 5268. Air Conditioner atau AC mobil sudah bukan merupakan aksesoris lagi tapi suatu faktor yang penting untuk mobil. Dilihat dari sejarahnya AC mobil umurnya sama dengan pertama kali dibuatnya mobil, silahkan disimak posting kami pada modifikasi AC mobil klasik.

Secara umum berkurangnya “dingin” pada Air Conditioner atau AC mobil kita ada 3 faktor yang utama yaitu :

Faktor instalasi yang kurang sempurna, baik instalasi AC nya maupun kelistrikannya ( biasanya pada pemasangan sendiri bukan asli dari pabrik). Sebab usia Air Conditioner atau AC sudah tua (lebih dari 7 atau tujuh tahun atau bisa lebih lama tergantung bagaimana cara kita merawat Air Conditioner atau AC dengan benar) biasanya terjadi kebocoran pada karet sealnya. Faktor lain misalnya akibat kecelakaan sehingga kondensor rusak atau selang bocor, dll.

Dari ketiga faktor utama mengenai faktor yang menyebabkan AC mobil anda tidak berasa dingin sangat tidak mungin sekali atau kecil kemungkinan bila anda punya mobil baru yang umurnya baru 1 atau 2 tahun yang kemudian Air Conditioner atau AC nya tidak dingin dan anda tanyakan kepada teknisi AC jawabannya kurang freon atau tambah freon lagi, dan anda disuruh membayar beberapa ratus ribu dengan orang bengkel berpura-pura bongkar ini dan itu. Bila anda mengalami hal demikian kemungkinan besar yaitu faktor nomor 2 dengan mengecek apakah ada arus listrik yang mengalir pada saat tombol Air Conditioner atau AC anda ‘on’ kan (ini yang biasa terjadi) dan biasanya hanya sikring saja yang putus, jadi anda bisa ganti sendiri dan tidak usah memanggil bengkel.

Berikut ini kami berikan beberapa tips untuk pencegahan AC mobil anda agar lebih awet :

  • Menjaga kebersihan kondensor, seringlah menyemprotkan air ke sirip –  sirip kondensor sehingga proses pendinginan pada kondensor berfungsi dengan baik sebab bila kotor maka proses pendinginannya kurang sempurna akibatnya akan merusak seal-seal karet di sambungan pada saluran pipa ac.
  • Membersihkan evaporator dengan sikat khusus agar proses penyerapan hawa panas didalam mobil menjadi lebih sempurna, sehingga Air Conditioner atau AC tetap sejuk.
  • Jangan hidupkan AC dalam keadaan air conditioner atau AC terbuka terlalu lama sebab akan memberatkan kerja kompresor (proses pendinginanya menjadi lama) akibatnya seperti nomor 1.

Carilah Bengkel AC mobil yang profesional dan terpercaya untuk urusan AC mobil anda agar anda tidak merasa dibohongi, seperti contohnya ditulis tambah freon isi 2 kg untuk jenis mobil sedan. Ini sangat tidak mungkin sedangkan yang double blower saja paling hanya 1,5 kg saja, dll.

Untuk AC mobil tua dan sering tidak terlalu dingin, maka cek komponen dan pipa saluran AC dengan cara mengoleskan cairan yang berbusa, misalnya menggunakan sabun untuk mengecek kebocoran yang terjadi, setelah tahu segera melakukan konsultasi dengan bengkel saudara untuk segera diperbaiki.

Semoga tips tersebut dapat bermanfaat untuk mobil anda.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *