Cara Pemakaian AC Mobil dengan Tepat
 
Posted by admin AC

Cara Pemakaian AC Mobil dengan Tepat

cara-pemakaian-ac-mobil-dengan-tepat

Sering terjadi perdebatan bagaimana cara pemakaian AC mobil yang tepat. Simak tips langsung dari ahlinya Dokter Mobil agar AC mobil anda awet. Saat keadaan cuaca panas, akan lebih efektif memutar suhu ke posisi paling dingin atau justru menambah putaran kipas supaya hembusan makin kencang. AC mobil memiliki peran paling penting dalam kenyamanan di mobil, oleh sebab itu perlu dijaga dan dirawat supaya tidak mudah rusak.

Pengaturan dalam pemakaian AC mobil akan berpengaruh pada kondisi awet atau tidaknya peranti pendingin kabin tersebut.

Beberapa ahli mekanik dari bengkel AC Mobil menyarankan untuk melihat situasi terlebih dahulu. Jika hanya berisi satu atau dua orang dalam mobil, sebaiknya pakai suhu paling dingin tapi tenaga kipas tetap paling kecil atau di angka satu saja.

Pada saat suhu yang diatur, maka sesungguhnya tingkat kedinginan AC yang disesuaikan. Suhu lebih kecil yang artinya lebih dingin, atau suhu besar yang berarti hangat atau justru lebih panas. Pengaturan suhu di AC itu sebenarnya sama dengan mengatur kinerja dari kompresor.

Tingkat hembusan kipas jika kabin penuh

Kipas tetap di angka satu dengan suhu paling kecil, maka kabin akan cepat dingin. Akan tetapi kalau mengambil opsi untuk meningkatkan embusan AC, anggap saja menjadi di angka dua, maka putaran kipas akan semakin kencang. Embusan tentunya juga semakin kuat dan sampai menyeluruh ke kabin. Namun tingkat dingin dari AC akan tetap saja di posisi awal. Pada posisi ini, biasanya kurang berhasil membuat kabin dingin.

Jika kabin dalam keadaan penuh, tingkat embusan kipas sebaiknya ditingkatkan. Begitu juga untuk suhu, buat lebih dingin dibandingkan saat hanya satu atau dua orang di kabin. Tingkat tersebut tetap ada konsekuensinya, seperti suara gemuruh dan berisik kipas akan terdengar dan mungkin bisa mengganggu obrolan dalam kabin.

Suhu sebaiknya lebih dari setengah

Suhu bisa dibuat lebih hangat dan tingkat embusan kipas tetap di posisi paling kecil jika berkendara di kondisi udara dingin. Hal ini untuk menjaga suhu tetap sejuk selama perjalanan. Tingkat suhu tidak boleh terlalu besar, paling tidak berada lebih dari 50%. Hal ini bertujuan untuk menjaga komponen automatic tidak terlalu cepat on/off.

Bila terlalu cepat on/off, biasanya magnet clutch akan cepat rusak. Padahal untuk menggantinya cukup mahal, belum termasuk jasa bongkar dan freon. Kisaran total bisa mencapai sekitar minimal 1 juta rupiah.

Lakukan perawatan rutin ke bengkel AC mobil setidaknya satu tahun sekali untuk memastikan tidak ada kendala pada AC mobil Anda. Beritahu mekanik jika memang Anda menemukan hal yang janggal sebelum ataupun sesudah servis.

Dokter Mobil,
Jalan Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 08788088457

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *