Cara Praktis Bengkel Tune Up Lindungi Mobil Anda | Dokter Mobil
 
Posted by admin bengkel mobil

Cara Praktis Bengkel Tune Up Lindungi Mobil Anda

bengkel-tune-up

bengkel-tune-up

Inilah cara praktis bengkel tune up lindungi mobil Anda. Dalam melakukan tune up ataupun mengembalikan performa mobil diperlukan secara rutin demi menjaga seluruh komponen tetap awet dan tidak cepat rusak. Beberapa bengkel sudah menyiapkan paket lengkap disesuaikan dengan kondisi mobil Anda.

Berikut akan dijelaskan apa saja cara praktis dan juga mudah dalam melakukan tune up mobil, berikut penjelasannya :

  1. Membersihkan saringan udara

Membersihkan filter udara merupakan langkah awal dan cara yang cukup mudah dalam melakukan tune up mobil. Adapun cara nya yaitu lepaskan terlebih dahulu peranti itu dari wadahnya, kemudian gunakan peranti lain yang mempunyai tekanan angin yang tinggi.

  1. Membersihkan Busi

Busi termasuk vital bagi proses pembakaran bahan bakar dan juga udara diruang bakar mesin sebagai pematik api. Busi yang hanya memercikan sedikit api dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna

  1. Membersihkan karburator

Karburator dan injektor memang memiliki kesamaan fungsi, yaitu pemasok bahan bakar ke ruang bakar mesin. Cara untuk membersihkan karburator yaitu dengan:

  • Bukalah semua mur dan juga baut kaburator, kemudia buang sisa bahan bakar yang ada.
  • Gunakanlah kuas lembut berukuran kecil guna menghilangkan kotoran, lalu bilas bagian tersebut dengan menggunakan bensin

Setelah bersih, pasanglah kembali atur kerenggangan klep, pelampung dan pastikan juga lubang karburator tidak tersumbat.

  1. Lakukanlah entakan tekanan pada ruang pembakaran

Cara yang digunakan untuk melakukan entakan ini yaitu Anda cukup menghidupkan mesin mobil. Lalu, injak pedal gas sampai tingkat paling dalam. Lakukanlah hal tersebut sampai dengan 4 hingga 5 kali. Apabila Anda ingin mendapatkan ukuran yang pasti mengenai injakan pedal gas itu, maka gunakanlah indikator yang terdapat pada mobil. Injak pedal gas sampai jarum penunjukan atau RPM menunjukan posisi redline atau tertinggi. Cara tersebut yaitu untuk merontokan kerak atau kotoran pada saluran bahan bakar dan ruang bakar mesin sampai proses pembakaran dapat kembali sempurna. Sesudah itu, biarkan mesin tetap menyala dan juga dalam kondisi stationer atau tetap langsam. Apabila sudah berlangsung selama 5-10 menit, Anda dapat mematikannya dan proses tune up pun telah selesai.

Demikian cara-cara praktis dalam melakukan tune up mobil, semoga membantu Anda dalam memahami proses tune up dan bisa saling berdiskusi dengan pihak bengkel mobil langganan. Lakukan pemeliharaan dengan cara ini dengan rutin demi mendapatkan performa mesin yang baik dan tahan lama.

“Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya”

Tags:

About Author