Cara yang Tepat dan Benar Mengganti Oli Mobil | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Cara yang Tepat dan Benar Mengganti Oli Mobil

cara-yang-tepat-dan-benar-mengganti-oli-mobil

cara-yang-tepat-dan-benar-mengganti-oli-mobil

Baca dulu yang ini cara yang tepat dan benar untuk mengganti oli mobil. Jangan sampai Anda salah melakukannya. Mobil merupakan salah satu kendaraan yang beroda empat dan digunakan untuk dapat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Performa mobil menjadi salah satu faktor utama yang diperhatikan saat memilih mobil. Untuk menjaga performa agar tetap baik, penggantian oli harus dilakukan secara teratur. Setiap mobil memiliki waktu pergantian oli yang berbeda tergantung dari kebiasaan menyetir dan jarak tempuh mobil tersebut.

Posisikan Mobil!

Sebelum Anda mengganti oli mesin Anda, pastikan jika Anda meletakkan mobil Anda di tempat yang agak tinggi dan posisi bagian depan dan bagian belakang mobil sejajar atau tidak tinggi sebelah. Anda dapat menggunakan dongkrak dan penyangga namun pastikan posisi penyangga tepat karena jika salah dapat merusak mobil Anda. Jika ditempatkan di tempat datar, pastikan telah di rem tangan.

Panaskan dan Buka Tutup Tempat Oli!

Setelah posisi tepat, panaskan mobil Anda sejenak sekitar 2-3 menit agar oli menjadi hangat dan sedikit encer. Saat mobil sedang dipanaskan, Anda dapat mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti oli baru, saringan oli, baki, kertas koran, senter dan kunci sok untuk jaga-jaga. Matikan dan sebaiknya saat melakukan penggantian, mesin harus dalam keadaan panas. Buka penutup kap mesin dan cari penutup oli yang ada di bagian atas mesin. Selanjutnya buka tutup tempat oli agar oli lebih mudah untuk mengalir dikarenakan terdapat aliran udara yang masuk.

Buka Baut Bak Oli!

Di bagian bawah mesin, terdapat bak datar dekat mesin dan dengan membuka baut menggunakan kunci sok, Anda harus membukanya agar oli lama dapat keluar. Pastikan jika Anda telah memasang baki atau wadah yang dilapisi dengan kertas koran untuk oli lama. Saat sudah kendur bautnya, buka keseluruhan menggunakan tangan dan hati-hati agar baut tidak masuk ke wadah tempat oli bekas karena susah untuk dicari.

Pengurasan dan Pembaruan

Tunggu hingga oli mobil Anda keluar semua lewat lubang pembuangan. Kemudian pasang kembali baut penutup dengan menggunakan tangan lalu kencangkan menggunakan kunci pas dan pastikan pemasangan tidak miring sehingga tidak akan terjadi kebocoran. Jika baut dirasa sudah usang atau tidak layak, Anda dapat mengganti bautnya. Setelah Anda yakin jika baut sudah kencang dan tidak miring pemasangannya, masukkan oli baru yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

Pengukuran Oli

Setelah Anda memasang oli baru pada mobil Anda, terdapat beberapa cara untuk melakukan pengukuran apakah jumlah oli cukup atau tidak. Caranya yaitu:

  • Menghidupkan mobil untuk beberapa saat. Matikan kemudian cabut stick oli yang letaknya di sebelah kiri mesin di bagian atas. Jika cairan oli tersebut menyentuh titik bagian atas, berarti jumlah oli sudah cukup. Jika belum, berarti jumlah oli masih kurang.
  • Untuk mengukur oli yang akurat, sebaiknya dilakukan saat mobil dalam keadaan mesin dingin dan berada di permukaan yang datar.

Hal yang Harus Diperhatikan

Setelah Anda mengganti oli Anda, pastikan jika Anda juga mengecek di bagian bawah bak atau tempat oli. Pastikan jika tidak ada oli yang menetes pada bagian baut tempat pengurasan atau pembuangan oli. Jika menetes, berarti terjadi kebocoran dan harus segera ditangani. Pastikan jika Anda menggantinya, Anda harus memanaskan mesin sehingga kotoran yang terlarut dalam oli dapat ikut keluar. Jika terjadi masalah, Anda dapat menghubungi Dokter Mobil yang beralamat di Jl. Boulevard Raya Blok QJ3 No.2 Kelapa Gading, Jakarta Utara atau pin BB: 5701A86A. Jadi gunakan jasa Dokter Mobil untuk masalah pada mobil Anda!

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *