Cegah Kecurangan Pada Bengkel Service AC Mobil | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Cegah Kecurangan Pada Bengkel Service AC Mobil

cegah-kecurangan-pada-bengkel-service-ac-mobil

cegah-kecurangan-pada-bengkel-service-ac-mobil

Simak tips penting dari Dokter Mobil. Jangan sampai Anda tidak mengerti sama sekali tentang AC, terutama AC pada kendaraan kesayangan. Bisa-bisa anggaran jebol ganti ini dan itu padahal AC mobil Anda hanya putus kabel atau fuse (sekering) nya saja. Tidak sedikit gara-gara hal sepele, kerusakan AC makin meluas dan banyak yang harus dibeli akibat ketidaktahuan, serta kecurangan beberapa tempat service AC mobil.

AC mobil tidak saja menyejukan disaat panas matahari terik, tetapi juga ternyata sangat berguna di musim penghujan. AC akan membuat ruangan mobil akan terasa sejuk disaat matahari terik atau cuaca panas, sedangkan pada musim hujan AC selain menyejukan juga mencegah terjadinya pengembunan pada kaca bagian dalam mobil yang menganggu pandangan pengendara.  Salah satu cara cegah kecurangan saat service mobil adalah dengan mengetahui sistem kerja AC seperti berikut.

Fungsi utama dari AC yaitu untuk mengurangi atau mereduksi temperatur dalam ruangan dan melepaskan ke luar ruangan. Proses tersebut dilakukan oleh bahan pendingin yang berada dalam sistem, seperti R1, R134a, dsb. Pendingin tersebut ditekan dan dialiri oleh kerja kompresor yang digerakkan oleh mesin.

Pendingin dari kompresor akan menuju kondensor dan beberapa bagian tambahan seperti filter dryer dan piping sitem menuju expantion valve. Tekanan dan temperatur pendingin yang tinggi ini kemudian melalui kondensor yang bersirip-sirip dan berada di depan radiator dibantu dengan radiator atau extra fan untuk mengurangi temperatur pendingin.

Sebelum service AC mobil

Jika terjadi kebocoran udara dari luar mobil, kerja AC akan lebih keras dan proses pendinginan menjadi lebih lama. Tak hanya itu, namun juga akan berbahaya bagi penumpang yang berada di dalam ruangan. Hal ini disebabkan sistem sirkulasi udara dalam ruangan mobil tidak berjalan, bila ada gas buang yang masuk tentunya gas buang akan terhirup oleh penumpang yang ada dalam mobil. Bila kadar kandungan gas buangnya CO atau HC, sudah bisa dipastikan penumpang akan mengalami keracunan. Sebaiknya segera service AC mobil Anda jika memang sudah tidak bekerja dengan baik.

Bila ingin mencoba kebenaran tempat service, silahkan copot salah satu fuse (sekering) dan masukan mobil. Pada tempat yang jujur tentunya tidak akan memberi alasan seperti freon habis atau yang lainnya, tetapi hanya fuse yang dilepas.

Sayangi mobil Anda termasuk pada komponen yang sangat penting seperti AC mobil. Berikan perlindungan yang terbaik dengan memilih tempat perawatan yang benar. Makanya pilih DokterMobil yang terpercaya.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author