Dapatkan Kondisi Prima AC Mobil Dengan Mudah | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Dapatkan Kondisi Prima AC Mobil Dengan Mudah

ac-mobil-bersih

ac-mobil-bersih

Dapatkan kondisi prima AC mobil dengan mudah, sudah selayaknya perangkat ini dirawat dengan baik agar bekerja maksimal dan komponennya lebih awet. Kebutuhan akan mobil di Indonesia terus berkembang pesat. Sejalan dengan itu, para perusahaan mobil juga harus menyematkan berbagai fitur yang membuat pengendara dan penumpang nyaman. Salah satunya pada bagian sistem pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC).

Salah satu fitur andalan pada sebuah mobil ialah penyejuk udara alias air conditioner (AC). Fitur ini biasanya selalu digunakan para pemilik mobil demi kenyamanan berkendara, terlebih di saat udara yang panas. Sesuai kerjanya sering dipergunakan, sudah selayaknya perangkat ini dirawat dengan baik agar bekerja maksimal dan komponennya lebih awet. Perawatan intensif dan pengecekan rutin terhadap AC sebaiknya Anda lakukan di bengkel. Sayangnya, berbagai masalah kerap timbul pada bagian AC dan itu bisa membuat kondisi dalam ruangan mobil menjadi tidak dingin. Kondisi AC yang tak lagi memberikan kesegaran pada kabin mobil karena terdapat beberapa faktor.

Faktor pertama, biasanya ini terjadi karena bagian filter terhambat. Secara otomatis angin yang dihasilkan ke dalam kabin juga tidak kencang. Para pengendara kerap kali tidak menyadari bahwa banyak sekali debu-debu halus yang dapat menempel pada kisi-kisi atau bagian fin evaporator.

Selain itu, faktor kedua, kurang dinginnya AC mobil juga bisa disebabkan karena perawatan yang tidak rajin dilakukan pengendara, mulai dari penggantian oli dan segala macamnya.

Sementara ketiga, kemungkinan tidak dinginnya AC karena beberapa bagian dalam strukutr AC bermasalah. Kondisi yang paling sering terjadi adanya kebocoran terutama pada bagian freon.

Indikasi Freon Berkurang

Pada sistem AC biasanya sudah dilengkapi dengan pengaman yang berupa pressure switch atau saklar yang akan bekerja berdasarkan tekanan yang biasanya tertanam di saluran pipa tekanan tinggi atau pipa high pressure ataupun tertanam di receiver drier. Bila freon AC habis atau tidak ada freon pada sistem AC, maka saklar tidak terhubung dan relay magnetic clucth tidak akan bekerja, sehingga kompresor AC pun tidak berputar.

Tanda-tanda freon AC yang mulai habis adalah kompresor AC yang tidak bekerja, lalu AC mobil hanya ada embusan angin tidak terasa dingin akibat kompresor yang tidak bekerja tadi. Terakhir ketika AC mobil dari saklar AC dihidupkan selain kompresor tidak berputar, ekstra fan juga ikut tidak berputar.

Kondisi prima AC mobil hanya bisa didapatkan dengan penggunaan yang bijak dan perawatan yang teratur. Oleh sebab itu, segera konsultasikan dengan bengkel AC mobil langganan Anda.

“Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya”

Tags: , ,

About Author