Fungsi dan Cara Kerja Thermistor Ac Mobil | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Fungsi dan Cara Kerja Thermistor Ac Mobil

fungsi-dan-cara-kerja-thermistor-ac-mobil

fungsi-dan-cara-kerja-thermistor-ac-mobil

Pada bagian dari mobil, terdapat komponen yang bernama air conditioner sebagai benda yang berperan sebagai pendingin kendaraan. Dari AC inilah suasana di dalam mobil akan senantiasa dingin dan menyenangkan sekalipun cuaca di luar sedang begitu panas. Bahkan nantinya di kala sedang hujan maupun panas, suhu pada bagian AC dapat diatur sesuai selera. Komponen yang bertugas mengatur skala suhu sekaligus temperatur pada AC ini bernama Thermistor.

Nama lengkap dari terminal resistor merupakan resistor tambahan yang akan memberikan resistant sesuai dengan kadar suhu dan temperature yang dibutuhkan. Jadinya, resistant akan bersifat tak tetap berdasarkan adanya suatu perubahan yang bersangkutan. Dapat dikatakan pula dalam fungsi sebagai sensor suhu dan temperatur yang ada pada evaporator dari AC mobil. Dengan posisi yang menempel pada evaporator itu, semakin mempermudah terminal resistor ini dalam bekerja.

Di sebagian besar kendaraan mobil yang ada, evaporator berada di dalam dashboard depan, begitu pula pada terminal resistor ini karena posisinya tertempel pada komponen tersebut. Tanpa ada sebuah thermistor pada AC mobil akan beresiko menjadikan evaporator dan juga AC beku karena bagian dari kompresor tak terhenti dan terus saja menyala. Karena itulah diperlukan adanya thermistor pada AC mobil yang nantinya akan memberikan fungsi penting, antaranya ialah:

  • Menjadikan suhu temperatur di Ac mobil bekerja dengan baik.
  • Akses on off pada AC mobil yang berfungsi dan dapat dihandle dengan mudah.
  • Mendukung kinerja dari evaporator agar AC mobil lebih fungsionalis.
  • Turut memberikan kinerja optimal pada AC kendaraan

Dalam kinerjanya, thermistor sangat diperlukan dan komponen ini pun mempunyai cara kerja tersendiri. Tepatnya kerja dari terminal resistor ini berdasarkan derajat suhu yang ada di evaporator, lalu akan diubah menjadi nilai tahanan di dalam thermistor. Secara otomatis, suhu di bagian evaporator mempunyai pengaruh besar pada tekanan yang ada di bagian ujung dari thermistor. Dari kinerja ini secara otomatis akan menimbulkan suatu perubahan yang terjadi pada kedua ujung dari thermistor itu.

Saat dimana nilai tegangan ada di thermistor, maka AC amplifier atau ECU akan mendeteksi kehadirannya. Setelah itu akan terjadi pemutusan arus listrik di kompresor yang tertuju ke clutch AC. Dengan begitu, berakhir dimana kompresor akan on maupun off berdasarkan pengaruh dari kadar temperatur di evaporator dengan bantuan thermistor yang berkinerja dengan baik.

Dalam pengukurannya, thermistor ini dapat diukur menggunakan acuan dari avometer atau avo digital dengan nilai ohm meter. Tiap-tiap terminal resistor pada suatu mobil dan lainnya mempunyai kinerja yang tak sama. Pada umumnya dipengaruhi oleh temperatur yang digunakan pada masing-masing mobil. Meskipun begitu, komponen thermistor ini mempunyai beberapa karakteristik yang antara lain ialah:

  • Semakin kecil atau menurunnya temperature maka akan berefek pada nilai tahan yang meninggi.
  • Thermistor yang dialiri oleh sebuah alur listrik dengan daya arus tertentu akan berpengaruh pada nilai tegangan yang ada.

Dapat dikatakan bahwa thermistor ini mempunyai peran penting dalam kinerja AC mobil untuk senantiasa prima. Bilamana Anda ingin melakukan perawatan dari bagian terminal resistor ini saja maupun ke area lain, tak perlu cemas karena ada Dokter mobil. Beralamat lengkap di Jalan Boulevard Raya Blok QJ3 No.2, Kelapa Gading, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Anda bisa datang langsung ke lokasi bengkel guna menemui treatment terbaik bagi kendaraan kesayangan tersebut.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , ,

About Author