Gejala AC Mobil Perlu Masuk Bengkel | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Gejala AC Mobil Perlu Masuk Bengkel

ac-mobil-kotor

ac-mobil-kotor

Beberapa gejala AC mobil perlu masuk bengkel karena banyak pemilik kendaraan yang mengabaikan perawatan AC. Pendingin ruangan alias AC (air conditioner) pada mobil merupakan salah satu fitur penting. Sebab, keberadaan AC akan membantu kenyamanan berkendara dalam segala cuaca. Oleh karena itu, perawatan AC secara berkala sangat penting untuk dilakukan, agar AC mobil dapat selalu dalam kondisi prima. Sayangnya, banyak pemilik kendaraan yang mengabaikan perawatan AC. Alhasil, AC mobil mulai bermasalah, hingga kemudian menjadi rusak.

Sebelum AC mobil rusak semakin parah, sebaiknya Anda perlu mengetahui tips sederhana merawat AC Mobil agar tidak cepat rusak. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan saringan AC pada mobil agar tetap nyaman dipakai.

Kedua, lakukan  perawatan setahun sekali wajib dilakukan dengan melakukan pengecekan ke bengkel seperti ganti filter, ganti ekspansi, dryer, freon juga dikuras. Selain itu, Anda juga melakukan perawatan dengan cara membersihkan rumah kipas dengan cara mencuci atau menyemprotnya dengan angin.  Cara perawatan lain adalah dengan membersihkan kondensor AC melalui semprotan air. “Dengan sering dibersihkan kondensor yang menjadikan embusan udara, AC akan lebih cepat dingin,” ujar Hidayat.

Gangguan Bau Apek

Terkadang para pemilik mobil pernah merasakan bau tak sedap saat AC dihidupkan. Ini terjadi karena kelembapan menjadi tempat tumbuh suburnya jamur, termasuk di evaporator AC mobil. Bila bercampur dan penuh tumpukan debu serta kotoran, tentu akan berbau demikian. Keluhan tentang ini setidaknya juga berlaku pada pengemudi di dalam negeri.

Penanganan masalah ini sederhana sebelum Anda perlu segera membawanya ke bengkel AC mobil, yaitu:

Pertama, siapkan sebuah botol penyemprot berisi 20 persen cairan pengharum dan 80 persen air. Aduk hingga merata.

Kedua, semprotkan campuran tersebut ke bagian rongga udara (air intake) AC. Lakukan hal ini saat AC menyala. Pengaktifan AC pada level yang paling kencang akan memberi hasil yang maksimal.

Ketiga, setelah penyemprotan, biarkan AC tetap menyala kurang lebih selama satu jam. Alhasil, bau tidak sedap perlahan akan hilang. Jika kurang memberikan hasil, ada baiknya Anda coba prosedur ini berulang kali.

Seusai memeriksakan AC mobil di bengkel, berikut langkah supaya tetap awet dan performa maksimal:

  1. Jagalah kebersihan kabin dari debu dan kotoran.
  2. Perhatikan celah di antara jendela dan karet pintu yang tak tertutup rapat karena bisa menyebabkan masuknya kotoran dan debu. Bila mendapati kebocoran karet hingga udara keluar masuk, segera perbaiki.
  3. Hindari merokok di dalam mobil. Asap rokok bisa mengotori AC, aroma nikotinnya yang lengket menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang.

“Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author