Inilah Bengkel AC Mobil Andalan Anda di Bali | Dokter Mobil
 
Posted by admin Uncategorized

Inilah Bengkel AC Mobil Andalan Anda di Bali

bengkel-mobil-terbaik-di-bali

bengkel-mobil-terbaik-di-bali

Telepon aja (0361) 428 557 bengkel AC mobil andalan Anda di Bali karena AC mobil merupakan komponen penting dalam berkendara, bukan hanya dari sisi kenyamanan mendapat kesejukan. Akan tetapi juga sisi keamanan mencegah kabut dalam mobil saat udara di luar dingin. Komponen ini sering sekali terlupa dari pengawasan, padahal tidak butuh tenaga besar jika Anda mau merawatnya dengan baik.

Bengkel AC mobil andalan Anda tentunya harus paham seluk beluk dari komponen AC mobil itu sendiri. Setelah mengetahuinya, akan lebih mudah dan membuat diagnosis yang tepat. Berikut nama-nama serta fungsi dari AC mobil

  1. Kompresor

Fungsi kompresor adalahmenghisap gas refrigerant dari evaporator yang bertekanan dan bertemperatur rendah untuk diubah gas tersebut menjadi cairan  yang bertekanan dan bertemperatur yang tinggi.

  1. Kondensor

Fungsi kondensor adalah membuang suhu panas hasil dari pemampatan gas refrigerant yang menjadi tinggi suhu dan tekanannya dari kompresor sehingga merubah refrigerant dari gas menjadi cair

  1. Filter Dryer

Filter dryer adalah tabung untuk menampung  sementara freon cair sebelum disalurkan ke evaporator, dan disebut filter dryer sebab di bagian dalamnya terdapat dua komponen yaitu filter kasa dan silika gel (penyerap air) dan juga mempunyai fungsi ganda yaitu untuk menyaring kotoran dan partikel halus dalam system serta berfungsi untuk menyerap kandungan uap air yang ada dalam freon

  1. HPS – LPS / High-Low Pressure Switch

Fungsi HPS adalah mengamankan komponen AC mobil pada saat tekanan ac melampaui batas maksimal (diatas 450 psi) dengan cara menghentikan aliran setrum yang ke kompresor sehingga kompresor berhenti bekerja. Sementara gungsi LPS adalah mengamankan dan mencegah rusaknya kompresor saat freon kosong,pada saat terjadi kebocoran maka tekanan freon akan menurun dan pada tekanan dibawah 25 psi maka LPS akan memutuskan aliran setrum ke kompresor.

  1. Ekspansi Valve

Fungsi ekspansi valve adalah mengabutkan freon ke dalam evaporator sehingga mudah menguap dan dinginya terserap dalam kisi0kisi evaporator yang nantinya akan ditiup angin blower ke alam kabin. Selain itu juga berfungsi untuk mengatur banyaknya jumlah freon yang dialirkan ke dalam sesuai dengan yang dibutuhkan. Hal ini tergantung dari beban pendinginan dalam kabin dan ini diatur oleh capilary tube dibagian ekspansi.

Jika mengerti bagian tersebut, setidaknya Anda bisa sembari melakukan diskusi dan menyampaikan keluhan dengan mekanik pada bengkel AC mobil andalan.

“Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author