Inilah Penyebab AC Mobil Menjadi Panas | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Inilah Penyebab AC Mobil Menjadi Panas

ac-mobil-panas

Inilah penyebab ac mobil menjadi panas sehingga kondisi AC mobil tidak berfungsi dengan baik saat berkendara yang tentunya akan sangat mengganggu, apalagi pada saat Anda berada di suhu udara panas. AC mobil memang bisa memiliki masalah yang cukup beragam, seperti bagian mesin yang rusak ataupun yang sederhana tapi cukup menganggu embusan angin tidak dingin atau bahkan menghangat.

Berbagai masalah pada AC mobil bisa berasal dari pengendara sendiri yang tidak memperhatikan perawatannya dengan baik, berikut adalah beberapa diantara penyebab AC mobil tidak dingin.

Freon sudah mulai habis

Setelah dipakai dalam jangka waktu yang sangat lama, terutama apabila Anda selalu berkendara dengan menghidupkan AC mobil, kemungkinan besar freon-nya akan cepat habis. Terlebih lagi jika Anda berkendara dengan tidak teratur, misalnya sering menurunkan kaca jendela pada saat menghidupkan AC yang ternyata juga dapat menyebabkan AC tidak awet.Freon yang habis juga bisa disebabkan karena adanya kebocoran. Beberapa kebocoran terkadang ditemukan pada sambungan pipa AC atau pada sealt saft compressor komponen pendingin.

Coil rusak atau putus

Penyebab selanjutnya yang juga perlu antisipasi adalah apabila magnetic clutch putus. Putus atau dalam kondisi mati kedua-duanya adalah penyebab AC tidak dingin. Anda bisa mengecek kondisi spul atau koil tersebut pada saat menghidupkan mesin. Bila kompresor AC mobil tidak berputar pada saat mesin hidup, maka hal tersebut adalah salah satu ciri-cirinya.

Fan Belt AC putus

Fan belt AC pada mobil atau biasa dikenal dengan istilah drive belt juga bisa putus dan menyebabkan AC tidak dingin. Sabuk atau belt ini memiliki fungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju kompresor.

Radiator kotor

Salah satu masalah sepele yang seringkali menyebabkan kondisi mesin adalah debu, terutama radiator dan kondensor menjadi kotor sehingga kinerjanya semakin berkurang. Kotoran tersebut menyebabkan mesin AC berkarat dan pembuangan panas menjadi tidak maksimal. Akibatnya, freon yang dibutuhkan harus lebih tinggi sehingga kinerja kondesor tidak sempurna.

Cooling Fan bermasalah

Penyebab lain kabin mobil malah menjadi panas karena AC adalah cooling fan motor mati, atau masih hidup, hanya saja putarannya sangat lemah. Kondisi ini menyebabkan kondensor tidak mampu membuang panas dan tidak berjalan dengan baik sehingga udara sejuk yang dihasilkan tidak maksimal.

Itulah contoh penyebab yang bisa menyebabkan AC mobil Anda tidak dingin. Segera konsultasikan dengan mekanik dari bengkel kepercayaan Anda bila menemukan masalah pada AC.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author