Jangan Lupa Mengecek dan Mengganti Oli Mesin | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Jangan Lupa Untuk Mengecek dan Mengganti Oli Mesin

Jangan Lupa Untuk Mengecek dan Mengganti Oli Mesin

Hasil gambar untuk dipstick oli mesin
Contoh dipstick oli mesin pada mobil

Aktivitas kita sehari hari di kota besar kadang membuat kita menjadi sibuk bahkan lupa terhadap kesehatan diri sendiri. Begitu juga dengan kesehatan mesin mobil. Kapan waktu yang tepat periksa oli mesin dan kenapa hal ini wajib dilakukan? Secanggih apapun mesin mobil, tetap bergantung pada para pemilik untuk rutin mengganti oli agar kualitas atau kuantitas pelumas agar terjaga dengan baik, dapat bekerja normal dan awet.

Banyak orang yang telah mengerti dan menyarankan untuk melakukan kebiasaan pagi salah satunya mengecek ketinggian oli mesin.

Hasil gambar untuk dipstick
Kebiasaan yang simple namun jika anda rajin melakukan nya, maka dampak positif pun akan anda rasakan. Mesin mobil akan lebih awet, dan bahan bakar juga akan lebih irit. Bagi anda yang rutin service mobil di bengkel, jangan mengabaikan jarak tempuh maksimal yang di sarankan dari pihak bengkel setelah perawatan atau setelah mengganti Oli mesin.
Terkadang umur mobil yang muda, tidak berarti tidak mengalami pengurangan Oli. Kondisi jalanan di Indonesia yang cukup panas, lembab dan ditambah dengan dahsyatnya kemacetan mampu membuat seal oli menjadi lebih cepat getas dan akibatkan penguapan & pengurangan Oli.
Pemilihan type SAE oli juga berpengaruh pada jenis jenis mobil tertentu, jangan salah memilih type oli mesin jika tidak ingin mesin anda jadi bermasalah nantinya , terutama untuk mobil eropa. Pilihlah merk oli yang berkualitas tinggi dan benar benar terjamin keaslian nya, jangan oli yang abal abal.
Sesungguhnya, pemeriksaan ini tak perlu dilakukan setiap hari, yang penting cukup rutin dilakukan. Bisa seminggu sekali atau malah dua minggu sekali juga tidak masalah.
Waktu yang baik untuk melakukan pengecekan adalah pagi hari. Karena pada saat pagi hari semua oli berada di dalam bak oli, setelah mesin diam semalaman. Kondisi ini memungkinkan ketinggian oli paling akurat bisa diketahui melalui dipstick.
Selalu jaga ketinggian oli pada batas maksimal dan jangan sampai di bawah minimal.

Tags: , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *