Jangka Waktu Service AC Mobil Agar Mobil Tetap Terawat | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Jangka Waktu Service AC Mobil Agar Mobil Tetap Terawat

jangka-waktu-service-mobil

jangka-waktu-service-mobil

Perhatikan jangka waktu service AC mobil agar mobil tetap terawat. Untuk menjaga kondisi kendaraan tetap prima, Anda harus merawatnya secara berkala. Perawatan atau servis tentu saja tidak akan cukup jika hanya dilakukan satu tahun sekali atau dua tahun sekali, setiap kendaraan pasti punya jangka waktu tersendiri tergantung dari tipenya, keluaran tahun dan spesifikasi.

Khususnya merawat AC mobil. Yang harus Anda Perhatikan ialah spesifikasi kendaraan dari pabrik pembuatnya. Hal ini dapat Anda ketahui dari Buku Manual yang dikeluarkan oleh pabrik pembuat kendaraan saat Anda membeli mobil yang berisikan Perhatian cara mempersiapkan, menggunakan dan merawat kendaraan. Secara umum, kendaraan akan diservis berdasarkan beberapa persyaratan berikut:

Servis Kecil
Servis ini dilakukan setelah kendaraan menmpuh jarak antara 5000 – 10000 km. meliputi pergantian oli maupun aki.

Servis Besar
Harus Anda lakukan setelah kendaraan menempuh jarak perjalanan sejauh 10000 – 20000 km atau minimal sekali pertahun. Meliputi pergantian kampas rem, Freon AC hingga ban. Biasanya, yang paling bermasalah ialah Freon ac sehingga AC menjadi tidak dingin sama sekali.

Berdasarkan Penggunaan
Jika kendaraan dioperasikan pada kondisi yang berat,misalnya mobil sering digunakan pada daerah yang berdebu, berlumpur, jalan yang kasar, daerah pegunungan atau pantai laut, maka jangka waktu perawatannya akan lebih baik jika dilakukan secara berkala misalnya, seperti mobil Jeep atau sejenisnya. Misalnya, kendaraan yang sering Anda bawa pada daerah yang berdebu, maka saringan udara perlu Anda bersihkan lebih sering dari biasanya.

Berlaku juga untuk kendaraan yang sering berjalan pada yang jalan jelek, komponen casis kendaraan haruslah Anda rawat dan diperiksa lebih sering dari biasanya. Demikian juga setelah kendaraan melintasi genangan air. Perlakukan mobil atau kendaraan Anda kayaknya manusia yang bermesin. Jangan menunda memeriksakan kendaraan hingga kendaraan sudah parah bahkan tidak bias berjalan sama sekali.

AC merupakan salah satu komponen interior mobil yang harus Anda perhatikan kebersihannya. Misalnya, tidak merokok didalam mobil, tidak membuka jendela lebar-lebar saat AC dalam keadaan menyala. Tidak memperhatikan kebersihan mobil akan sangat berpengaruh pada tingkat pendingin AC. Seperti asap rokok yang akan masuk dan mengotori filter yang terdapat di dalam AC. Segeralah bawa mobil ke bengkel saat Anda merasa AC tidak terlalu dingin.

Itulah beberapa hal tentang mobil dan perawatannya agar Anda dapat lebih mengetahui kebutuhan kendaaran Anda.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *