Kelima Penyebab Paling Umum Kerusakan AC Mobil
 
Posted by admin AC, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Kelima Penyebab Paling Umum Kerusakan AC Mobil

Masalah AC mobil beragam dan disebabkan oleh berbagai faktor. Dengan mengetahui penyebab umum kerusakan AC, anda dapat mencegah kerusakan AC mobil.

Adapun kelima Penyebab Paling Umum Kerusakan AC Mobil adalah : 

  1. Kebocoran Zat Pendingin (Freon)
    Sumber masalah AC paling umum adalah kebocoran pada sistem AC, terutama pada jenis mobil tua.Masalah utama pada kebocoran AC adalah ukuran bocor yang kecil sehingga sulit untuk dideteksi. Namun dengan menggunakan peralatan yang canggih, kebocoran dapat dicari dengan mudah. Beberapa kebocoran itu sendiri dapat terjadi karena :- pemasangan selang sambungan yang longgar
    – karat/pecah mesin kompresor
    – kebocoran selangMengetahui kebocoran AC sejak dini dapat menghemat biaya perbaikan yang akan terjadi jika kebocoran ada tanpa disadari.
  2. Masalah pada Kompresor AC
    Jika kompresor AC mengeluarkan bunyi tidak biasa/berisik, ini umumnya disebabkan oleh kurangnya oli pada kompresor AC, ataupun kualitas oli yang sudah dibawah standart.Beberapa masalah lain pada kompresor AC adalah karat/korosi yang disebabkan adanya asam yang berasal dari kotoran-kotoran yang berhasil masuk ke dalam saluran AC.
  3. Kerusakan atau Masalah pada Termostat
    Suhu yang tidak rata pada kabin seringkali disebabkan oleh kerusakan pada termostat. Hal ini menyebabkan beberapa masalah seperti :
    – Suhu kabin yang berfluktuasi (kadang dingin, kadang panas)
    – Munculnya suara seperti bunyi “Tuuuuut”Masalah pada termostat ini disebabkan oleh beberapa sebab seperti saklar kontrol yang salah, sensor suhu bermasalah, dan kompling kompresor yang bermasalah.
  4. Kerusakan Elektronika / Kelistrikan
    Sebagai produksi pabrikan, terkadang ada cacat produk yang baru terlihat setelah penggunaan 6 bulan atau 1 tahun. Kerusakan tersebut meliputi hal-hal teknis seperti sekring yang putus, dan kegagalan membaca tekanan gas secara digital.Selain itu, kerusakan karena kelistrikan juga sering menimpa AC mobil seperti daya yang berkurang sehingga fan AC melemah dan menyebabkan over-heating.
  5. Bakteri, Kuman, Jamur, dan Kotoran Lainnya
    Merupakan penyebab utama masalah AC mobil seperti :
    – AC mobil tidak dingin
    – AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap
    – AC mobil mengeluarkan suara berisikUntuk mengatasi masalah ini, umumnya dapat dilakukan dengan flushing AC. Namun flushing AC saja tidak cukup tanpa melakukan perbaikan perilaku dalam mobil seperti :
    – menghentikan kebiasaan merokok di dalam mobil
    – menghentikan kebiasaan makan dan minum di dalam mobil
    – menjauhkan parfum mobil dari saluran AC / blower

Itulah beberapa penyebab kerusakan AC mobil yang umum terjadi. Jika anda memiliki masalah pada AC mobil, anda dapat bertanya dengan berkomentar pada artikel ini. Atau anda juga dapat menggunakan jasa service AC Mobil yang disediakan oleh Dokter Mobil.

Dokter Mobil dapat dikunjungi di alamat :

Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429

Untuk pemesanan jadwal service, dapat menghubungi Costumer Service Dokter Mobil di nomor :

Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Tags: , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *