fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil, Mesin Mobil

Alasan Utama Kenapa Mesin Mobil Ndut Ndutan dan Solusinya

MESIN MOBIL NDUTNDUTAN DAN SOLUSINYA

Anda mungkin bertanya-tanya kenapa mesin mobil ndut ndutan secara tiba-tiba. Padahal anda baru saja membeli mobil. Ini penyebabnya. Silahkan membaca dan semoga membantu.

Dengan mengatahui penyebab kenapa masalah ndut ndutan ini menimpa mesin mobil anda, ada beberapa manfaat yang anda dapatkan. Beberapa manfaat tersebut antara lain adalah:

  1. Menjadikan anda tahu solusi terbaik apa yang bisa anda ambil
  2. Anda menjadi tahu estimasi biaya untuk perbaikan masalah ini
  3. Anda juga tahu cara terbaik untuk mencegah kembalinya masalah ndut ndutan ini.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut ini beberapa penyebab dan solusi mengatasi masalah ndut ndutan pada mobil kesayangan anda. Semoga bermanfaat.

Faktor Utama Kenapa Mesin Mobil Ndut Ndutan

Setidaknya ada 5 faktor utama yang menjadi penyebab mesin mobil ndut-ndutan. Adapun faktor tersebut antara lain adalah:

  1. Masalah di Supply Bensin

    Saluran bahan bakar adalah faktor utama yang bisa menyebabkan mobil ndut ndutan. Biasanya saluran bahan bakar tersumbat oleh kerak, kotoran, ataupun karena adanya kebocoran. Akibatnya, pasokan bahan bakar ke saluran pembakaran menjadi tersumbat. Ketika pasokan bahan bakar tersendat-sendat, otomatis performa mesin pun akan naik turun dan menyebabkan brebet atau ndut ndutan.

    Biasanya bagian yang paling sering menjadi masalah adalah filter bensin yang mampet. Biasanya dapat diselesaikan dengan mengganti filter bensin. Namun pada beberapa kasus, diperlukan pembersihan saluran bahan bakar secara menyeluruh.

    Untuk mengatasi masalah di supply bahan bakar ini, dapat dilakukan dengan melakukan pembersihan saluran bahan bakar. Pembersihan dapat dilakukan dengan tune up saluran bahan bakar (Jet Clean).

  2. Masalah di Supply Udara

    Ada 2 masalah utama pada supplay udara. Masalah pertama adalah kotornya filter udara. Sementara itu, masalah kedua adalah adanya kebocoran pada selang vakum.

    Untuk kasus kotornya filter udara, dapat diselesaikan dengan menyemprotkan angin bertekanan tinggi secara berlawanan arah. Namun jika kondisi filter udara sudah sangat kotor, sebaiknya diganti dengan yang baru.

    Untuk masalah kebocoran selang vakum, tanda-tandanya adalah mobil ndut ndutan ditambah adanya masalah RPM yang tidak stabil (naik turun).  Nah untuk mengatasi masalah yang satu ini, tidak ada cara lain dengan mencari selang vakum yang bermasalah. Dan menggantinya dengan yang baru.

  3. Sistem Pengapian Mobil Bermasalah

    Masalah selanjutnya ada pada sistem pengapian mobil yang tidak berfungsi dengan normal. Biasanya terjadi karena busi tidak lagi berfungsi dengan baik dalam memercikkan api pada ruang bakar.

    Tanda dari adanya masalah pengapian adalah mesin ndut-ndutan disertai dengan masalah mesin pincang. Untuk mengatasi penyebab kenapa mesin mobil ndut ndutan ini bisa dilakukan dengan mengganti busi ataupun kabel busi. Ya, bisa saja busi normal, namun kabel businya bermasalah.

    Untuk mengetahui apakah kabel busi masih layak pakai atau tidak adalah dengan mengechecknya menggunakan OHMmeter. Kabel busi layak pakai akan memiliki hambatan >25 kilo ohm.

Pada dasarnya masih ada beberapa hal lain yang jadi jawaban kenapa mesin mobil anda mengalami ndut ndutan. Namun penyebab tersebut cukup sulit untuk dicheck tanpa pendampingan tenaga ahli (teknisi) dengan peralatan yang lengkap.

Lantas apa solusi untuk mencegah kembalinya masalah mobil ndut-ndutan ini?

Tindakan yang Diperlukan untuk Mencegah Mobil Mengalami Brebet atau Ndut-Ndutan

Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Adapun langkah tersebut antara lain adalah dengan:

  1. Melakukan perawatan tune up secara berkala
  2. Melakukan penggantian oli mobil secara teratur
  3. Menggunakan oli mesin berkualitas terbaik dan cocok dengan jenis mobil anda
  4. Menghindari penggunaan bahan bakar beroktan ataupun bercetan rendah
  5. Tidak menambah aditif apapun yang tidak dikenal ke dalam bahan bakar mobil anda
  6. Segera membawa mobil anda ke bengkel untuk diperiksa jika ditemukan adanya masalah

Itulah beberapa solusi mengatasi mesin mobil ndut ndutan dan jawaban utama kenapa mesin mobil ndut ndutan atau brebet. Semoga informasi yang ada di artikel ini menjadi jawaban yang mampu menyelesaikan masalah anda. Terimakasih sudah membaca.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *